• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Manfaat Balsamic Vinegar bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Manfaat Balsamic Vinegar bagi Kesehatan

Kenali 5 Manfaat Balsamic Vinegar bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 November 2022

“Balsamic vinegar adalah cuka yang kerap digunakan sebagai bumbu penyedap pada salad. Namun ternyata, dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah dapat membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol.”

Kenali 5 Manfaat Balsamic Vinegar bagi KesehatanKenali 5 Manfaat Balsamic Vinegar bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Balsamic vinegar, atau cuka balsamik, adalah jenis cuka berwarna cokelat yang kerap digunakan sebagai penyedap pada salad. Cuka berasal dari  anggur yang tidak difermentasi di dalam tong dalam waktu yang lama.

Bumbu tambahan ini memiliki rasa yang khas, kuat, serta menyisakan rasa asam setelah ditelan. Maka dari itu, sangat cocok untuk dikombinasikan dengan salad, sehingga lebih nikmat saat disantap.

Ternyata, balsamic vinegar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk seseorang yang sedang dalam program diet. Nah, cobalah untuk mengonsumsi cuka ini dengan salad secara rutin agar diet yang dilakukan berhasil dan berbagai manfaatnya dirasakan.

Berbagai Manfaat Balsamic Vinegar yang Bisa Didapatkan

1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat dari balsamic vinegar yang paling menonjol adalah mampu membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol. Antioksidan yang terkandung dalam bumbu penyedap ini dapat mengurangi ‘sel beracun’ dan menurunkan kadar LDL pada tubuh.

Dengan mengonsumsi cuka ini sebagai saus, terutama pada salad, manfaat yang bisa didapatkan lainnya adalah mampu melindungi diri dari penyumbatan pada arteri. Selain membuat diet menjadi sukses, risiko untuk terserang gangguan pada jantung juga bisa diturunkan secara signifikan.

2. Menyehatkan Pencernaan

Balsamic vinegar memiliki senyawa utama aktif, yaitu asam asetat. Nah, senyawa tersebut mengandung strain bakteri probiotik, bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, terutama usus. 

Selain itu, manfaat lainnya yang bisa dirasakan adalah sistem imunitas yang lebih kuat. Senyawa probiotik dalam asam asetat juga dapat membuat seseorang lebih cepat merasa kenyang.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Balsamic vinegar mengandung polifenol yang sangat baik dalam membantu meningkatkan sistem kardiovaskular. Cuka ini memiliki bahan dasar buah anggur, salah satu fungsinya mencegah agregasi (kemampuan penggumpalan) trombosit darah, berguna untuk mencegah penyakit jantung.

4. Membantu Menyembuhkan Hipertensi

Balsamic vinegar juga sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Saat sistem peredaran darah bekerja dengan baik, tekanan darah menjadi normal, sehingga hipertensi bisa teratasi dengan baik.

Dengan mengonsumsi 1 sampai 2 sendok teh balsamic vinegar, baik sebagai saus atau bumbu penyedap, kamu bisa membuat makanan lebih lezat. Bahkan, manfaat lainnya yang lebih ampuh adalah dapat menjaga kesehatan jantung.

5. Memperbaiki Kulit

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kandungan asam asetat pada cuka ini dapat memberikan banyak manfaat, termasuk juga membuat kulit sehat dan cerah. Hal ini karena fungsi antimikroba dan antioksidannya. Dengan mengonsumsi bumbu perasa ini secara rutin dapat membuat kulit menjadi lebih cantik.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat mengonsumsi balsamic vinegar secara rutin, terutama saat menjalani program diet. Terlebih jika dikonsumsi bersamaan dengan salad, sayur-sayuran yang menyehatkan tubuh. Maka dari itu, pastikan untuk memasukkan salad plus cuka ini ke dalam konsumsi harian.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait berbagai manfaat dari konsumsi balsamic vinegar, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Balsamic Vinegar Health Benefits for Weight Loss, Skin, and More.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What are the health benefits of balsamic vinegar?