Kenali 6 Manfaat Labu Air bagi Kesehatan Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Januari 2022

“Melalui kandungan mineral, vitamin, serat, air serta antioksidannya yang tinggi, labu air dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Selain itu, labu air juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit mulai dari diabetes hingga kanker. Kamu dapat mengonsumsinya dengan cara diolah menjadi hidangan lezat atau jus yang menyegarkan.”

Kenali 6 Manfaat Labu Air bagi Kesehatan TubuhKenali 6 Manfaat Labu Air bagi Kesehatan Tubuh

Melalui kandungan mineral, vitamin, serat, air serta antioksidannya yang tinggi, labu air dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Selain itu, labu air juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit mulai dari diabetes hingga kanker. Kamu dapat mengonsumsinya dengan cara diolah menjadi hidangan lezat atau jus yang menyegarkan.”

Halodoc, Jakarta – Labu air atau yang juga disebut sebagai labu botol, labu terompet atau labu panjang adalah salah satu sayuran yang mudah ditemui di Indonesia. Umumnya, sayuran ini dijadikan resep dari beragam masakan, seperti sayur lodeh, sayur bening, dan sebagainya.  

Meski rasanya cenderung tawar, tetapi siapa sangka bahwa labu air kaya akan kandungan beragam nutrisi. Oleh sebab itu, mengonsumsi labu air tentu dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Kira-kira apa saja ya manfaat yang dapat diperoleh dari labu air? Yuk simak faktanya di sini!

Kandungan Nutrisi pada Labu Air

Labu air mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Misalnya, protein, karbohidrat, mineral, seperti kalsium, fosfor, natrium, kalium, zat besi, vitamin A, B1, B2, B3 serta C, lipid hingga asam amino. Tak hanya itu, labu air rendah akan kalori, tetapi mengandung kadar air yang cukup tinggi, sehingga cocok bila dijadikan menu diet. Di samping itu, labu air juga memiliki senyawa antimikroba yang cukup kuat, serta berbagai kandungan antioksidan. Misalnya quercetin, anthraquinone.

Dilansir dari Health Benefits Times, seporsi labu air berukuran 116 gram mengandung 16 kalori dan mengandung 13 persen vitamin C serta 7,36 persen zinc. Pada ukuran porsi yang sama, labu air juga dapat menyediakan 174 miligram kalium, 13 miligram magnesium, 15 miligram fosfor dan 2 miligram sodium.

Manfaat Labu Air untuk Kesehatan 

Selain dijadikan bahan resep masakan, labu air juga dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, antara lain:

  1. Mencegah Obesitas

Salah satu manfaat labu air bagi kesehatan tubuh adalah mencegah obesitas. Hal tersebut lantaran labu air rendah kalori, tetapi mengandung serat makanan dan air yang tinggi. Makanan rendah kalori tentunya adalah asupan yang tepat bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Tak hanya itu, labu air juga cocok untuk dijadikan menu yang sehat bagi mereka yang sedang menjalani diet. 

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Labu air dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti menyembuhkan sembelit dan juga mengobati diare. Pasalnya, kandungan air dan serat pada labu air dapat membantu membersihkan saluran pencernaan. Hal tersebut akan membuat buang air besar menjadi lebih mudah dan lancar. Sementara itu,  bila ingin mengatasi diare buatlah jus dari labu air dengan sedikit garam. Ramuan ini dipercaya dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh yang hilang selama mengalami diare.  

  1. Mencegah Berbagai Penyakit 

Sayuran yang mengandung antioksidan tinggi diketahui dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah salah satu penyebab berbagai penyakit mematikan. Berkat kandungan antioksidannya, mengonsumsi labu air dapat membantu tubuh mencegah penyakit. Misalnya diabetes, malaria, stroke, penyakit jantung, hingga kanker.

  1. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi labu air secara rutin bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi sangatlah dianjurkan. Merujuk pada Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, labu air ternyata dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Berdasarkan penelitian, ekstrak labu air menunjukkan manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan kadar LDL (Low-density lipoprotein). 

Perlu diketahui bahwa LDL merupakan kolesterol jahat yang dapat memicu pembentukan plak pada pembuluh darah. Selain itu, labu air juga kaya akan flavonoid yang berfungsi menjaga tekanan darah tetap stabil.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Labu air kaya akan berbagai kandungan mineral penting yang dibutuhkan oleh tulang dan gigi. Contohnya, magnesium, kalsium, dan fosfor. Maka dari itu, mengonsumi labu air secara rutin dapat menjadi langkah yang tepat, terutama untuk mereka yang mengidap gangguan kesehatan tulang semisal osteoporosis.

  1. Baik untuk Diabetes

Labu air merupakan salah satu sayuran yang sehat untuk pengidap diabetes. Sayuran ini kaya akan air dan serat, sehingga bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Jus labu air juga memiliki antioksidan yang tinggi dan bersifat diuretik yang baik untuk pengidap diabetes. Jus sayuran ini hampir tidak mengandung kalori, tetapi memiliki nutrisi dan kandungan air yang besar yang membuatnya baik dikonsumsi pengidap diabetes.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi labu air. Rasa labu air memang cenderung tawar, tetapi kamu tetap dapat mengolah labu air menjadi hidangan yang lezat dengan resep yang tepat. Tak hanya itu, labu air juga dapat dikonsumsi dengan cara dibuat jus yang menyegarkan. Kandungan nutrisinya yang bervariasi tentu dapat menjaga kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

Namun, ingat, manfaat labu air hanya untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Bila kamu sakit atau mengalami gejala kesehatan tertentu, kamu tetap dianjurkan untuk menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Untuk berobat ke dokter, kamu bisa memilih pemeriksaan pilihan kamu dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Halodoc Home Lab
Referensi:
Journal of Ayurveda and Integrative Medicine (NCBI). Diakses pada 2022. Phytochemical and pharmacological review of Lagenaria siceraria.
NDTV Food. Diakses pada 2022. 7 Incredible Benefits of Drinking Bottle Gourd (Lauki) Juice.
Health Benefits Times. Diakses pada 2022. Bottle gourd – Lagenaria siceraria.
Nilai Gizi. Diakses pada 2022. Labu Air.
NDTV. Diakses pada 2022. Not Just Weight Loss Lauki Ka Juice Can Help You Fight Diabetes As Well; Here’s How.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan