Kenali 5 Pilihan Makanan untuk Pengidap Radang Usus

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 November 2022

“Ada beberapa rekomendasi makanan untuk pengidap radang usus, misalnya makanan berserat. Dengan konsumsi serat yang cukup, ini bisa mengurangi gejala radang usus seperti sakit perut dan kram.”

Kenali 5 Pilihan Makanan untuk Pengidap Radang UsusKenali 5 Pilihan Makanan untuk Pengidap Radang Usus

Halodoc, Jakarta –  Jika kamu mengidap radang usus, sangat penting untuk menerapkan pola makan berserat sampai gejala mereda atau bahkan menghilang. Makanan berserat  dapat mengurangi gejala radang usus seperti sakit perut dan kram. Beberapa makanan  yang disarankan adalah kaldu, jus tomat, dan larutan rehidrasi. 

Namun, makanan berserat saja tidak cukup, terlalu banyak serat juga bisa menyebabkan peningkatan buang air. Yuk, kenali pilihan makanan untuk pengidap radang usus di sini!

Rekomendasi Makanan untuk Pengidap Radang Usus

Radang usus adalah sekelompok kondisi yang menyebabkan sistem pencernaan  meradang. Jenis radang usus yang paling umum adalah kolitis ulseratif dan penyakit Crohn. 

Perubahan pada kebiasaan makan dapat membantu mengontrol gejala radang usus. Lantas, jenis makanan apa yang disarankan untuk mereka konsumsi? Ini beberapa pilihannya:

1. Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat contohnya adalah oat, kacang-kacangan, barley, dan biji-bijian. Namun, untuk kasus penyempitan usus, dokter menyarankan untuk melanjutkan diet rendah serat. Pasalnya, pada kondisi penyempitan usus, serat justru dapat memicu peningkatan gas. 

2. Makanan Tinggi Protein

Contoh makanan tinggi protein adalah daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, dan tahu. Sumber protein dapat mengurangi peradangan usus melalui proses induksi secara kimiawi. Diet protein mengatur respon imun dengan mengubah struktur dan komposisi mikroba usus. 

3. Buah dan Sayuran

Memasukkan kombinasi buah dan sayuran dalam makanan harian dapat meringankan gejala radang usus. Pasalya, buah dan sayur biasanya menjadi sumber serat yang baik untuk meringankan gejala. 

4. Makanan yang Kaya Kalsium

Makanan kaya kalsium seperti yogurt, kefir, dan susu baik untuk pengidap radang usus. Mengapa demikian? Pasalnya kalsium dapat membantu mengurangi diare. Kalsium akan bekerja dengan cara memadatkan tinja. 

5. Makanan dengan Probiotik

Yogurt, kimchi, sup miso, dan tempe baik untuk pengidap radang usus karena mengandung probiotik. Probiotik mengandung bakteri hidup yang dapat membantu menyeimbangkan mikrobiota usus dan meningkatkan respons imun pada usus. 

Cara Meringankan Kerja Usus

Selain pilihan makanan, penanganan radang usus lain yang dilakukan adalah melalui konsumsi obat dan operasi. Sejatinya pola makan sehat baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan semua orang, apalagi orang yang mengidap radang usus. Selain pilihan makanan yang tepat, porsi makan juga perlu diperhatikan.

Untuk itu, kamu disarankan untuk makan dalam jumlah kecil tapi sering. Makan dalam porsi kecil akan membantu mengurangi beban pada saluran pencernaan. Usahakan juga untuk perbanyak cairan dan elektrolit karena diare dapat menguras air dan nutrisi di dalam tubuh. 

Komplikasi Radang Usus

Mengidap radang usus dapat membuat usus mengalami hambatan dalam menyerap nutrisi pada makanan. Ketika tubuh tidak mendapatkan pasokan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan, ini bisa menjadi masalah serius. Beberapa komplikasi yang bisa terjadi adalah kekurangan gizi, penurunan berat badan dan kekurangan nutrisi jangka panjang.

Untuk mencegah komplikasi ini, kamu perlu memperhatikan apa yang kamu makan dan bagaimana reaksi pencernaan. 

Itulah informasi mengena rekomendasi imakanan untuk pengidap radang usus.  Jika kamu mengalami masalah pencernaan, segera dengan buat janji medis di rumah sakit terdekat dengan domisili melalui aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
U.S. National Library of Medicine. Diakses pada 2022. Association of Dietary Fiber, Fruit, and Vegetable Consumption with Risk of Inflammatory Bowel Disease: A Systematic Review and Meta-Analysis.
Womens Health.gov. Diakses pada 2022. Inflammatory bowel disease.
Healthline. Diakses pada 2022. What to Know About Ulcerative Colitis and Fiber.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan