• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Akar Yucca yang Berkhasiat untuk Kecantikan Kulit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Akar Yucca yang Berkhasiat untuk Kecantikan Kulit

Kenali Akar Yucca yang Berkhasiat untuk Kecantikan Kulit

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 26 Oktober 2022

“Akar yucca mengandung vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk kebersihan dan kesehatan kulit. Misalnya mencegah penuaan dini dan mempercepat regenerasi kulit.”

Kenali Akar Yucca yang Berkhasiat untuk Kecantikan KulitKenali Akar Yucca yang Berkhasiat untuk Kecantikan Kulit

Halodoc, Jakarta – Akar yucca atau yang juga dikenal sebagai “akar sabun” memiliki sifat pembersih dan antiseptik, serta bersifat antioksidan. Tanaman herbal ini telah lama digunakan sebagai perawatan kulit untuk meredakan kondisi iritasi. Akar yucca dapat ditemukan di Amerika Selatan pada iklim kering. 

Khasiat akar yucca salah satunya membersihkan kulit. Selain itu, merawat kulit dengan akar yucca juga bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel kulit, sebagai terapi kulit, dan mencegah penuaan dini pada kulit. Sebab, akar yucca juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat menyegarkan dan meremajakan kulit. 

Khasiat Akar Yucca untuk Kesehatan Kulit

Akar yucca mengandung vitamin C dan antioksidan dalam jumlah banyak. Kedua kandungan tersebut bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. 

Vitamin C berfungsi untuk merangsang produksi aktivitas sel darah putih, yang dapat melawan infeksi dan virus. Selain itu, vitamin C juga merupakan komponen penting dalam produksi kolagen yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan di seluruh tubuh, termasuk regenerasi kulit. 

Sementara itu, antioksidan yang terkandung dalam akar yucca dapat melindungi tubuh dari mutasi sel dan kerusakan dari radikal bebas. Ada beberapa sifat fotoprotektif pada akar yucca yang membuatnya penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Bahkan, dianggap lebih baik dibandingkan beberapa tabir surya yang dijual di pasaran.

Ekstrak akar yucca yang menjadi bahan pembuatan losion, sabun, atau sampo dapat digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit, termasuk:

  • Ketombe.
  • Kebotakan.
  • Luka.
  • penyakit kulit dan infeksi.

Asam folat yang ditemukan di dalam akar yucca juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mata secara keseluruhan. Jumlah vitamin C yang tinggi juga membantu dalam produksi kolagen, protein utama di kulit.

Manfaat Lain Akar Yucca yang Sayang untuk Dilewatkan

Selain berkhasiat untuk kesehatan kulit, akar yucca juga memiliki manfaat kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini manfaat akar yucca yang sayang untuk dilewatkan:

1. Meringankan rasa sakit radang sendi

Penduduk asli Amerika telah lama menggunakan yucca untuk mengatasi radang sendi. Yucca memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan rasa sakit. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang berisiko tinggi mengalami radang sendi, dapat mencegahnya dengan mengonsumsi suplemen ekstrak akar yucca. Sebab, antioksidan dalam akar yucca dapat mengurangi gejala radang sendi. 

2. Membantu pengobatan diabetes

Akar yucca juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pada pengidap diabetes. Sebab ada bukti bahwa yucca dapat membantu mengatur gula darah. 

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan pada Academic Journal menemukan, bahwa akar yucca dapat mengatasi gangguan metabolisme pada tikus dengan diabetes. Meskipun ekstrak akar yucca tidak boleh digunakan sebagai pengganti insulin atau obat lain yang diresepkan untuk diabetes, tapi ia dapat sebagai obat pelengkap dalam pengobatan diabetes. 

3. Menghambat stres oksidatif

Stres oksidatif (sejenis ketidakseimbangan dalam sel tubuh) dapat menyebabkan kerusakan serius pada tubuh. Seiring waktu, hal tersebut dapat memicu penyakit parkinson, alzheimer, gagal jantung, dan kondisi peradangan. Penelitian juga menemukan bahwa yucca memiliki efek perlindungan terhadap degenerasi beberapa organ di tubuh.

Itulah yang perlu diketahui tentang khasiat akar yucca. Sebaiknya tetap diskusikan terlebih dulu pada dokter sebelum menggunakan pengobatan herbal. Jika kamu ingin tahu manfaat kesehatan dari tanaman herbal lainnya, atau memiliki keluhan kesehatan,  tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. The Health Benefits of Yucca
Academic Journal. Diakses pada 2022. The effects of Yucca schidigera on blood glucose and lipid levels in diabetic rats
Pura Veda Organic. Diakses pada 2022. YUCCA ROOT
WebMD. Diakses pada 2022. Yucca – Uses, Side Effects, and More