Kenali Beragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 November 2021
Kenali Beragam Manfaat Minyak Zaitun untuk KulitKenali Beragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit

Minyak zaitun atau olive oil sudah dikenal sebagai minyak yang menyehatkan. Selain untuk kesehatan tubuh, minyak nabati ini juga bisa memberikan beragam manfaat untuk kulit. Manfaat minyak zaitun untuk kulit tidak terlepas dari kandungan antioksidan dan lemak sehat yang dimilikinya

Halodoc, Jakarta – Minyak zaitun, minyak yang diperoleh dengan cara mengekstrak buah zaitun, sering digunakan banyak orang sebagai saus salad atau minyak goreng. Selain bisa meningkatkan cita rasa makanan, minyak zaitun juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun atau yang dikenal juga dengan olive oil juga bermanfaat untuk kulit, lho. Kaya akan kandungan, seperti lipid, asam lemak, dan antioksidan, minyak zaitun bisa menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki penampilannya. 

Baca juga: Fakta Medis Seputar Manfaat Minum Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit

Ada banyak manfaat minyak zaitun untuk kulit, berikut beberapa di antaranya:

  • Melembapkan Kulit

Manfaat minyak zaitun yang utama untuk kulit adalah melembapkan kulit. Minyak yang berasal dari Mediterania ini mampu mengunci kelembapan kulit, sehingga bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun, baik pada kulit wajah maupun kulit tubuh kamu, untuk melembapkan kulit yang kering.

  • Mencegah Penuaan Dini

Berkat kandungan polifenolnya yang tinggi, minyak zaitun memiliki sifat antioksidan dan antipenuaan yang membantu bertindak melawan pembentukan radikal bebas, yang secara langsung bertanggung jawab atas penuaan sel. Minyak ini mampu melawan efek berbahaya dari matahari, membantu memudarkan bintik-bintik atau memperlambat munculnya garis-garis halus dan kerutan pada wajah. 

Baca juga: 5 Cara Simpel untuk Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

  • Mencegah Jerawat

Bila jerawat sering muncul di wajah kamu, coba deh gunakan sabun yang memiliki kandungan olive oil didalamnya. Kandungan minyak tersebut bisa membantu mengurangi jerawat dengan cara membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat.

  • Melindungi dari Kerusakan Lingkungan

Dengan sifat antioksidannya yang kuat, minyak zaitun juga bisa membantu mencegah atau membalikkan kerusakan akibat radiasi ultraviolet dari matahari yang merupakan penyebab kanker. Kandungan squalene-lah yang memberikan minyak zaitun eksta penguat antioksidan.

Baca juga: Miliki Banyak Manfaat, Ini Cara Terbaik Mengolah Minyak Zaitun

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit. Bila kamu mengalami masalah kulit yang mengganggu, bahkan parah, jangan tunda lagi. Segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kamu bisa berobat ke dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Byrdie. Diakses pada 2021. Ask a Dermatologist: Can You Use Olive Oil for Your Skin?
Treuer. Diakses pada 2021. 5 Top Olive Oil Benefits for The Skin.
Healthline. Diakses pada 2021. Olive Oil Benefits for Your Face

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan