• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Simpel untuk Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Simpel untuk Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

5 Cara Simpel untuk Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 September 2021
5 Cara Simpel untuk Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah5 Cara Simpel untuk Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Kulit wajah yang tampak awet muda merupakan dambaan setiap orang. Akan tetapi, risiko penuaan dini rentan untuk terjadi pada siapa saja, tanpa terkecuali mereka yang masih muda. Namun, tidak perlu khawatir karena beberapa cara simpel dapat dilakukan guna mencegah penuaan dini. Seperti menggunakan tabir surya setiap hari, berhenti merokok, mengelola berat badan, hingga menerapkan pola makan seimbang.”

Halodoc, Jakarta – Seiring bertambahnya usia, setiap sel pada tubuh sudah terprogram untuk menua dan menurun fungsinya. Menjadikan penuaan sebagai proses alami yang tidak dapat dihindari. Maka dari itu, banyak orang melakukan segala cara agar terlihat awet muda. 

Tentunya tidak ada seorangpun yang menginginkan terjadinya penuaan, terutama secara dini pada kulit wajah. Bila kondisi tersebut terjadi pada seseorang dengan usia muda, bisa saja dia terlihat jauh lebih tua dari umur aslinya. Alhasil, kepercayaan diri pun dapat menurun akibat kecantikan kulit yang memudar. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir, untuk kamu yang masih muda, ada beberapa cara simpel yang dapat dilakukan untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Lantas apa saja caranya? Simak informasinya di sini!

Baca juga: 5 Faktor Penuaan Dini yang Perlu Kita Hindari

Ini Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mencegah Penuaan Dini

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar penuaan dini pada kulit wajah dapat dicegah, antara lain:

  1. Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

Salah satu cara simpel yang dapat dilakukan guna mencegah penuaan dini pada kulit, adalah menggunakan sunscreen atau tabir surya setiap harinya. Melansir dari American Academy of Dermatology, penggunaan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 dengan “spektrum luas” pada labelnya sangat direkomendasikan. 

Sebab, produk tersebut dapat melindungi kulit terhadap sinar UVA dan juga UVB matahari. Perlu diketahui bahwa sinar UVA dapat menyebabkan efek penuaan pada kulit bila terlalu lama terpapar sinarnya tanpa perlindungan. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengoleskan tabir surya pada leher, lengan, dan tangan kamu setiap hari terutama bila harus bepergian. Memakai tabir surya juga dianjurkan untuk dijadikan sebagai rutinitas harian, layaknya menggosok gigi.

  1. Berhenti Merokok

Merokok adalah kebiasaan negatif dan dapat menimbulkan berbagai dampak kesehatan pada tubuh, tanpa terkecuali kulit. Pada kulit, kebiasaan merokok dapat mempercepat proses pemecahan kolagen dan menyempitkan pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke kulit. 

Akibatnya, para perokok rentan untuk mengalami keriput lebih awal di kulit wajahnya. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kuku dan ujung jari menguning, serta gusi dan bibir menghitam yang disebabkan oleh nikotin dan tar yang terkandung pada rokok.

Baca juga: 7 Makanan yang Membuat Kulit Sehat Sepanjang Tahun

  1. Kelola Berat Badan

Mengontrol berat badan juga dapat dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Sebab, memiliki berat badan yang terlalu kurus atau terlalu berlebihan dapat mempercepat proses penuaan pada tubuh. Tubuh yang kurus tidak memiliki lemak alami yang sesuai pada struktur wajah, sehingga dapat menimbulkan kerutan dan membuat kulit tampak kendur. Kondisi ini juga tidak dapat ditangani oleh metode perawatan seperti suntik botox atau facelift

Sedangkan itu, mereka yang memiliki berat badan berlebih karena faktor pertambahan usia maupun kurang berolahraga, dapat mengalami berbagai masalah kesehatan dan siklus penuaan yang berlanjut. Oleh sebab itu, olahraga secara rutin sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi keriput, serta tampilan lembek kulit wajah yang dihasilkan oleh penumpukan lemak.

Selain itu, orang yang mengidap gangguan makan, juga rentan mengalami kulit kering, dan keriput. Bila kondisi ini dibiarkan, mereka yang memiliki gangguan makan dapat memiliki fitur tubuh yang mirip seperti kerangka. Sebab, tubuh mengalami kekurangan gizi dalam jangka waktu yang lama. Namun, kondisi ini dapat diatasi melalui penerapan pola makan sehat dan kaya akan antioksidan, serta berolahraga secara rutin.

  1. Batasi Konsumsi Alkohol

Alkohol dapat membuat kulit dehidrasi dan melebarkan pembuluh darah bila dikonsumsi secara berlebihan. Sebab, alkohol dapat memaksa ginjal bekerja lebih keras dari waktu ke waktu. Hal ini dapat membuat berbagai organ penting pada tubuh kering, karena kelebihan cairan pada tubuh akan terbuang dalam jumlah yang besar melalui urine. 

Bila kulit mengalami dehidrasi, kulit akan cenderung lebih mudah berkerut, sehingga penuaan dini dapat terjadi. Selain itu, alkohol juga dapat menghilangkan vitamin A yang merupakan antioksidan penting untuk aktivitas dan regenerasi sel sehat pada tubuh. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk membatasi atau bahkan berhenti mengonsumsi minuman beralkohol, agar penuaan dini dapat dicegah.

  1. Penerapan Pola Makan dengan Gizi Seimbang

Makan buah dan sayuran segar setiap harinya dapat mencegah kerusakan kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini. Sebab, terpenuhinya asupan nutrisi penting dapat meningkatkan pembentukan sel kulit yang sehat pada tubuh. Beberapa jenis makanan juga dapat membantu mencerahkan kulit, seperti misalnya tomat, wortel, kiwi, kacang almond, hingga ikan. Selain itu, kamu juga harus membatasi makanan yang mengandung gula, lemak trans atau karbohidrat tinggi.

Baca juga: Faktor Lingkungan Penyebab Penuaan Dini

Selain beberapa cara tersebut, penuaan dini juga dapat dicegah melalui perawatan wajah untuk menjaga kebersihan kulit. Kamu harus rutin mencuci muka dua kali sehari dan setelah berkeringat banyak. Pasalnya, keringat dapat mengiritasi kulit, terutama bila kamu sering memakai topi atau helm. 

Namun, pastikan untuk membersihkan kulit secara lembut, karena menggosok kulit terlalu kencang dapat menimbulkan iritasi pada kulit yang dapat mempercepat penuaan dini. Cuci lah kulit wajah secara lembut, untuk menghilangkan polusi, riasan, dan zat lain yang dapat menimbulkan iritasi atau menyumbat pori-pori kulit.

Bila kamu merasakan kulit mulai menua dan terlihat kering, sementara kamu masih berusia muda, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat menggunakan kemudahan fitur buat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu. Tanpa perlu mengantri atau menunggu berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

American Academy of Dermatology. Diakses pada 2021. 11 WAYS TO REDUCE PREMATURE SKIN AGING
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Premature Aging
Merdeka. Diakses pada 2021. 6 Cara Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah Secara Efektif, Lakukan dari Sekarang