Kenali Gejala COVID-19 Setelah Vaksinasi

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Juli 2021
Kenali Gejala COVID-19 Setelah VaksinasiKenali Gejala COVID-19 Setelah Vaksinasi

“Vaksinasi COVID-19 dinilai efektif untuk mencegah penularan dan penyebaran COVID-19. Namun, untuk merasakan manfaatnya secara optimal kamu masih perlu untuk menjalani protokol kesehatan. Paparan COVID-19 setelah vaksinasi dirasakan lebih ringan. Gejala COVID-19 setelah vaksinasi umumnya berupa, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, dan kehilangan bau.”

Halodoc, Jakarta – Proses vaksinasi COVID-19 hingga saat ini masih terus dijalankan. Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 memang masih berisiko untuk terpapar COVID-19, tetapi kondisi dan gejalanya tentu akan berbeda dengan orang-orang yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19. Ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan ketika kamu sudah melakukan vaksinasi COVID-19, seperti terhindar dari gejala yang berat hingga menurunnya risiko perawatan di rumah sakit.

Baca juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Vaksin COVID-19?

Jangan lupa tetap menjalankan protokol kesehatan setelah mendapatkan vaksinasi. Hal ini bertujuan agar kamu tetap terhindar dari COVID-19. Tidak ada salahnya mengenali beberapa gejala COVID-19 setelah vaksinasi agar kondisi ini dapat kamu atasi dengan baik. Penanganan tepat membuat penyebaran dan penularan COVID-19 dapat dicegah. Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini agar gangguan kesehatan yang kamu alami dapat diatasi dengan baik.

Gejala COVID-19 Setelah Vaksinasi

Hingga saat ini proses vaksinasi COVID-19 masih terus berlangsung. Namun, setelah mendapatkan vaksinasi, masyarakat diharapkan tetap menjalankan protokol kesehatan. Mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan tetap berada di rumah. 

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran dan penularan kasus COVID-19 yang terus menunjukkan peningkatan. Perlu diketahui, bahwa penerimaan vaksinasi COVID-19 dilakukan untuk menurunkan risiko gejala berat dan perawatan di rumah sakit akibat virus corona.

Meskipun telah mendapatkan vaksinasi COVID-19, tetapi nyatanya seseorang masih berisiko terpapar virus corona. Hal ini disebabkan tubuh memerlukan waktu untuk membangun sistem imun setelah vaksinasi. Namun, menurut sebuah penelitian, gejala yang akan dialami oleh orang-orang yang belum dan sudah mendapatkan vaksin akan berbeda. 

Baca juga: Aturan Vaksinasi COVID-19 Sesuai Ketentuan Kemenkes

Dilaporkan, gejala COVID-19 setelah vaksinasi lebih ringan dibandingkan seseorang yang belum mendapatkan vaksinasi. Gejala akan dirasakan dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan orang-orang yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19. Selain itu, gejala yang dialami juga tidak terlalu parah dengan pemulihan yang cenderung lebih cepat. Bahkan, tidak jarang masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 secara lengkap tidak mengalami gejala, meskipun terpapar COVID-19.

Berikut ini beberapa gejala yang paling banyak dirasakan oleh orang-orang yang terpapar COVID-19 dan telah mendapatkan vaksin COVID-19:

  1. Sakit kepala;
  2. Pilek;
  3. Bersin;
  4. Sakit tenggorokan;
  5. Kehilangan fungsi indera penciuman.

Itulah beberapa gejala yang paling banyak dirasakan oleh orang-orang yang telah menerima vaksinasi COVID-19 dengan dua dosis suntikan. Seseorang yang telah mendapatkan dua dosis suntikan vaksinasi juga jarang mengalami gejala, seperti batuk, sesak napas, dan demam. Dengan begitu, kondisi ini akan menurunkan risiko perawatan di rumah sakit bagi pengidap COVID-19.

Gejala juga akan dirasakan berbeda oleh masyarakat yang telah menerima vaksinasi COVID-19 dalam satu dosis suntikan. Ada beberapa gejala yang cukup banyak dialami oleh masyarakat yang baru mendapatkan satu dosis suntikan, seperti sakit kepala, hidung berair, sakit tenggorokan, sering bersin, dan batuk.

Lalu, bagaimana dengan masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi? Masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19 umumnya akan mengalami beberapa gejala, seperti sakit kepala, demam, batuk terus-menerus, napas menjadi lebih pendek, sesak napas, nyeri dada, anosmia, kelelahan, penurunan nafsu makan, hingga nyeri perut.

Baca juga: Inilah Syarat Penerima Vaksin Corona di Indonesia

Vaksinasi COVID-19 merupakan salah satu hal yang dinilai paling efektif untuk mencegah penularan dan penyebaran COVID-19. Untuk itu jangan ragu mendapatkan vaksinasi COVID-19 agar kondisi kesehatan semakin optimal. Mendapatkan vaksin COVID-19 dinilai mampu menurunkan risiko gangguan kesehatan yang lebih buruk saat kamu terpapar infeksi corona. 

Kamu bisa bertanya langsung pada dokter menggunakan Halodoc. Kamu bisa mencari tahu lebih banyak manfaat vaksinasi COVID-19 untuk kesehatan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Deseret News. Diakses pada 2021. These Are The COVID-19 Symptoms You’ll Feel If You Get Coronavirus After You Vaccinated.

COVID Symptom Study. Diakses pada 2021. What Are The New Top 5 COVID Symptom?

Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. What You Should Know About The Possibility of COVID-19 Illness After Vaccination?

Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Benefits of Getting a COVID-19 Vaccine.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan