Kenali Lapisan-Lapisan Kulit untuk Perawatan yang Tepat

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 November 2021
Kenali Lapisan-Lapisan Kulit untuk Perawatan yang TepatKenali Lapisan-Lapisan Kulit untuk Perawatan yang Tepat

“Kulit menjadi organ terluar manusia yang berfungsi melindungi organ dalam tubuh dari paparan zat maupun gangguan yang berbahaya. Kulit terdiri dari beberapa lapisan, yaitu epidermis, dermis, hingga hipodermis.”

Halodoc, Jakarta – Jangan sepelekan masalah kesehatan kulit. Kulit adalah bagian terluar dari tubuh manusia yang berfungsi melindungi organ dalam tubuh dari paparan zat berbahaya. Untuk itu, sangat penting memperhatikan kesehatan kulit agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan penyakit kulit.

Sebelum merawat kulit, ada baiknya kamu mengenal lapisan-lapisan kulit terlebih dahulu agar bisa melakukan perawatan yang tepat. Yuk, simak ulasannya di sini agar kamu bisa menjaga kesehatan kulit dengan lebih baik lagi. 

Lapisan Kulit yang Perlu Diketahui

Kulit merupakan organ yang cukup penting pada tubuh. Kulit memiliki fungsi untuk menjaga dan melindungi otot, tulang, hingga organ dalam tubuh. 

Dengan kulit yang sehat, kamu juga bisa terhindar dari berbagai infeksi bakteri, kuman, hingga paparan zat kimia. Selain itu, kulit memiliki fungsi untuk mengatur suhu tubuh, menyimpan air dan lemak, dan membantu tubuh memproduksi vitamin D saat terpapar sinar matahari.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit, seperti mengonsumsi air putih yang cukup hingga memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi. Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawatan agar kesehatan kulit terjaga dengan baik. 

Namun, sebelum melakukan perawatan, ada baiknya ketahui terlebih dahulu lapisan-lapisan pada kulit sehingga kamu melakukan perawatan dengan tepat. Berikut ini struktur lapisan kulit yang perlu diketahui, yaitu:

  1. Epidermis

Epidermis merupakan lapisan luar kulit yang paling tipis. Epidermis terdiri dari 3 sel, yaitu:

  • Stratum Korneum. Lapisan ini merupakan yang paling atas terdiri dari keratin dan sel skuamosa. Ketebalannya sangat bervariasi pada setiap orang. 
  • Stratum Lusidum. Lapisan ini berada tepat di bawah stratum korneum. Lapisan ini berfungsi meredam gesekan antar epidermis.
  • Stratum Granulosum. Lapisan ketiga yang membentuk sel pelindung kulit.
  • Stratum Spinosum. Bagian epidermis yang memproduksi keratin.
  • Stratum Basale. Lapisan epidermis terdalam yang mengandung sel melanosit untuk menghasilkan warna kulit. 
  1. Dermis

Dermis adalah lapisan kedua setelah epidermis. Dermis juga terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan papiler dan retikuler. Dermis mengandung kelenjar keringat, folikel rambut, otot, neuron sensorik, dan pembuluh darah.

  1. Hipodermis

Hipodermis adalah lapisan yang paling dalam dan berfungsi untuk melekatkan kulit dengan otot atau tulang. Lapisan ini terdiri dari kolagen dan lemak yang mampu menyimpan suhu tubuh dan bantalan tubuh agar tidak mengalami cedera.

Cara Merawat Kulit Secara Alami

Perawatan pada kulit membuat kulit menjadi lebih sehat dan terhindar dari penuaan dini. Berikut ini perawatan kulit secara alami yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit, yaitu:

  • Menjaga Kulit dari Paparan Langsung Matahari

Perawatan yang cukup penting dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit tetap optimal adalah menghindari kulit dari paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang cukup panjang. Kondisi ini dapat memicu munculnya tanda penuaan dini hingga gangguan kesehatan.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen atau pakaian yang bisa menghalangi paparan sinar matahari secara langsung. Kamu juga bisa memilih waktu yang tepat untuk beraktivitas di luar ruangan agar kesehatan kulit tetap terjaga.

  • Perlakukan Kulit dengan Baik

Sebaiknya jangan terlalu lama mandi atau berendam menggunakan air hangat. Kondisi ini dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Pilihlah sabun yang lembut dan tidak mengiritasi kulit. Jangan lupa untuk menggunakan pelembap agar kulit tidak kering.

  • Pola Makan Sehat

Jangan lupa untuk perbanyak mengonsumsi buah, sayur, makanan mengandung protein, dan gandum utuh. Selain itu, penuhi asupan cairan setiap harinya agar tubuh tetap terhidrasi.

  • Kelola Stres

Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat memicu gangguan kesehatan pada kulit, seperti munculnya jerawat atau kerutan. Kelola stres dengan melakukan berbagai hal menyenangkan, mendengarkan musik, atau tidur yang cukup agar kesehatan kulit tetap optimal.

Itulah cara tepat merawat kulit dan bagian lapisan kulit yang perlu kamu jaga. Segera tanyakan langsung pada dokter kulit melalui aplikasi Halodoc ketika kamu mengalami berbagai gangguan pada kulit. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play untuk mengatasi keluhan kesehatan yang kamu alami!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Stat Pearls. Diakses pada 2021. Anatomy, Skin (Integument), Epidermis.
Stanford Children Health. Diakses pada 2021. Anatomy of The Skin.
Health and Safety Executive. Diakses pada 2021. Structure and Functions of The Skin.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Skin Care: 5 Tips for Healthy Skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan