• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Air Purifier bagi Kesehatan Paru
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Air Purifier bagi Kesehatan Paru

Kenali Manfaat Air Purifier bagi Kesehatan Paru

5 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Oktober 2022

“Air purifier dapat membersihkan udara dari berbagai polutan di rumah. Tak hanya baik untuk kesehatan paru, menghirup udara yang bersih mampu memperbaiki masalah kesehatan, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik.”

Kenali Manfaat Air Purifier bagi Kesehatan ParuKenali Manfaat Air Purifier bagi Kesehatan Paru

Halodoc, Jakarta – Sudah tahu kan kalau kualitas udara yang buruk bisa mengancam kesehatan paru-paru? Nah, polusi udara tidak hanya terdapat di luar ruangan, tapi juga banyak ditemukan di dalam rumah, seperti debu dan zat-zat kimia. Itulah mengapa air purifier menjadi salah satu perangkat yang dibutuhkan pada masa sekarang ini.

Polusi udara bukan hanya memengaruhi kesehatan paru, tapi juga kesehatan jantung. Hal itu bisa berbahaya, terutama bagi orang tua, pengidap penyakit jantung atau paru-paru, dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

Nah, penggunaan air purifier menjadi salah satu cara yang dianjurkan untuk mengurangi polusi, dan meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Pertanyaannya, apa saja sih manfaat air purifier untuk kesehatan paru?

Baca juga: Inilah 6 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Manfaat Air Purifier untuk Kesehatan Paru

Sadarkah kamu bahwa di dalam ruangan pun terdapat banyak polutan udara, seperti mikroorganisme, partikel debu, dan gas? Menghirup udara yang terkontaminasi tersebut bisa memengaruhi kesehatan tubuh.

Statistik terbaru menunjukkan bahwa dampak polutan dalam rumah tangga cukup mengkhawatirkan. Lembar fakta dari World Health Organization (WHO) tentang polutan dalam rumah tangga dan kesehatan mengungkapkan, bahwa 3,8 juta kematian dini setiap tahun, termasuk stroke, penyakit jantung iskemik, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan kanker paru-paru, dikaitkan dengan paparan polusi udara rumah tangga.

Nah, air purifier merupakan mesin elektronik yang mampu membersihkan udara dari partikel atau zat-zat berbahaya yang ada di dalam ruangan. Dengan menyaring partikel halus, mesin pembersih udara tersebut bisa membantu mengurangi polusi udara dan mencegah masalah kesehatan paru-paru

Air purifier dengan filter high-efficiency particulate absorbing (HEPA) mampu menangkap partikel yang sangat halus dan membersihkan 99,97% partikel di udara. Udara bersih ini mengurangi potensi efek negatif polusi.

Baca juga: 4 Pengaruh Polusi Udara pada Kesehatan

Ada banyak manfaat potensial dari penggunaan air purifier bagi kesehatan paru, terutama untuk kondisi seperti asma. Berikut manfaat air purifier untuk kesehatan paru:

1. Membantu memperbaiki asma

Sebuah studi skala kecil dari 35 mahasiswa Cina menemukan, perangkat filter udara tersebut bisa meningkatkan kualitas udara dan mengurangi tingkat partikel halus sebesar 57 persen. 

Dilaporkan terjadi perbaikan pada kadar tekanan darah dan fungsi paru-paru di antara para siswa. Studi lain menemukan, air purifier HEPA dalam ruangan meningkatkan kesehatan pernapasan pada pengidap asma.

2. Mengurangi gejala PPOK dan meningkatkan kinerja paru

Penggunaan air purifier juga bermanfaat bagi orang yang mengidap penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Polutan udara dalam jumlah tinggi di rumah bisa berdampak buruk bagi kesehatan pengidap PPOK. Apalagi bila pengidap tinggal dengan seorang perokok, risikonya meningkat dua kali lebih tinggi dari biasanya.

Udara yang tercemar bisa membuat pengidap PPOK lebih mungkin membutuhkan perawatan medis, bahkan pergi ke rumah sakit. Partikel-partikel pada udara tersebut bisa menyebabkan pembengkakan di paru-paru. 

Polusi udara juga bisa memperburuk batuk, masalah pernapasan, dan hidung tersumbat. Ini juga buruk untuk jantung, tekanan darah, dan bisa meningkatkan peluang kamu untuk terkena stroke. 

Nah, manfaat air purifier yang tepat bisa membersihkan sebagian besar kotoran, sehingga bisa membantu meringankan gejala PPOK. Untuk pengidap PPOK yang memiliki hewan peliharaan, filter udara dalam ruangan juga bisa membantu mencegah perburukan gejala, bahkan membuat paru-paru mereka bekerja sedikit lebih baik. 

Air purifier juga bisa mengurangi kadar sitokin, atau protein sel yang terkait dengan peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan menggunakan pembersih udara bisa membantu jantung dan paru-paru bekerja lebih baik, serta mengurangi tekanan darah.

3. Membersihkan udara dari bakteri dan virus

Tidak hanya itu saja, air purifier juga bisa membersihkan udara dari bakteri dan virus penyebab penyakit. Itulah mengapa minat akan penggunaan perangkat pembersih udara meningkat selama masa pandemi COVID-19. 

Melansir dari Frontiers (penerbit jurnal ilmiah), sebuah penelitian menguji efisiensi air purifier dalam menghilangkan kontaminasi udara oleh bakteri. Selama 6 bulan pengukuran kualitas udara mikrobiologis, tercatat penurunan sebanyak 18 persen dalam konsentrasi polutan mikrobiologis sebagai hasil dari kerja air purifier

Selain itu, hasil distribusi ukuran partikel aerosol bakteri juga menunjukkan adanya pengurangan partikel yang terhirup, rata-rata sebanyak 20 persen. 

Jadi, para peneliti menyimpulkan penggunaan air purifier bisa secara signifikan menurunkan tingkat konsentrasi polutan udara mikrobiologis, dan mengurangi efek kesehatan negatif dari bioaerosol dalam ruangan.

Pilih Air Purifier yang Berkualitas

Nah, rekomendasi air purifier berkualitas yang bisa membantu menjaga kesehatan paru-paru kamu dan keluarga adalah Samsung Air Purifier AX60R.  

Dengan sistem multi-layered purification, pembersih udara ini mampu menghilangkan hingga 99.97% dari debu berukuran 0.3㎛. Udara di rumah pun jadi lebih segar dan sehat. 

Selain itu, Samsung Air Purifier AX60R ini memiliki fitur 3 Way Airflow mampu memurnikan udara jauh lebih cepat, dan menjangkau daerah yang lebih luas hingga ke sudut rumahmu.

Samsung Air Purifier ini juga mampu menghilangkan bau tidak sedap maupun gas berbahaya. Kamu juga bisa mengontrol pembersih udara ini dari kapan pun dan di mana pun dengan SmartThings App

Jadi, kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkannya, memeriksa kualitas udara, mengontrol fungsi lain hanya dengan di dalam genggaman tangan. 

Nah, pas banget Samsung lagi ada Air Purifier Mega Sale juga, kamu bisa dapatkan potongan harga hingga 39% dan FREE extra filter. Promonya hanya sampai 31 Oktober 2022 yuk ke website resmi Samsung sekarang untuk cek lebih lanjut.

Itulah penjelasan mengenai manfaat air purifier untuk kesehatan paru. Bila kamu memiliki keluhan kesehatan tertentu, jangan ragu untuk menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc

Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa tanya dokter  dan minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Can Air Purifiers Improve Your Lung and Heart Health?
Lung India. Diakses pada 2022. Enhancing indoor air quality –The air filter advantage.
Frontiers. Diakses pada 2022. Efficiency of Air Purifiers at Removing Air Pollutants in Educational Facilities: A Preliminary Study
WebMD. Diakses pada 2022. Can an Air Purifier Help With COPD?