Kenali Manfaat Alpukat untuk Wajah

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Maret 2022

“Alpukat umumnya dimanfaatkan hanya untuk dikonsumsi saja. Padahal, buah yang satu ini ternyata bisa digunakan sebagai masker untuk perawatan kulit. Kandungan lemak tak jenuh, vitamin dan mineral di dalamnya mampu memberikan beragam manfaat untuk kesehatan kulit wajah.”

Kenali Manfaat Alpukat untuk WajahKenali Manfaat Alpukat untuk Wajah

Halodoc, Jakarta – Alpukat adalah buah yang dikenal dengan lemak baiknya. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang cenderung manis membuat buah ini digemari sebagian besar orang. Selain tinggi kandungan lemak tak jenuhnya, alpukat juga diperkaya dengan vitamin, antioksidan, mineral, dan potasium.

Ternyata, buah ini bukan hanya bermanfaat saat dikonsumsi. Alpukat juga bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk merawat wajah. Usut punya usut, vitamin dan mineral dalam alpukat mampu memberikan segudang manfaat untuk kesehatan kulit lo! Nah, kalau kamu tertarik untuk mencobanya, ketahui manfaat apa saja yang bisa diberikan alpukat untuk kulit wajah kamu! 

Manfaat Alpukat untuk Perawatan Wajah

Perawatan wajah tidak selalu harus menggunakan skin care mahal yang menguras kantong. Jika kamu lebih suka yang alami tapi hasil maksimal, mungkin kamu perlu mencoba masker alpukat yang mampu memberikan manfaat berikut ini:

1. Mengobati jerawat

mengobati jerawat

Alpukat memiliki kandungan asam laurat cukup tinggi yang bertindak sebagai agen antimikroba dan antiinflamasi. Seperti diketahui, penyebab utama jerawat adalah peradangan oleh bakteri akibat kotoran yang tersumbat. Nah, sifat antimikroba dan antiinflamasi dari alpukat ini lah yang mampu mengatasi kondisi tersebut. 

2. Melembapkan kulit

melembabkan kulit

Kandungan vitamin A, D, dan E, dan lemak dalam alpukat terbukti mampu menghidrasi kulit sehingga membuat kulit menjadi lembap. Selain itu, menggunakan minyak alpukat pada kulit juga dapat mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari, menenangkan kulit yang meradang, dan meningkatkan penyembuhan kulit yang terluka. Asam linoleat dan oleat dalam alpukat juga membantu memperbaiki dan menyembuhkan kulit.

3. Mencegah penuaan

mencegah penuaan

Alpukat mengandung asam oleat dan sifat antiinflamasi yang dapat melawan peradangan, mencegah keriput, dan mengurangi kemerahan pada kulit. Selain itu, vitamin C dan E dalam alpukat sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Alpukat juga mengandung jumlah antioksidan yang baik, seperti zeaxanthin dan lutein, yang mengekang efek radikal bebas. Seperti diketahui bahwa radikal bebas adalah penyebab utama penuaan dini.

4. Merawat kulit yang terbakar sinar matahari

Merawat kulit yang terbakar sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit dan menyebabkan kulit terbakar. Mengoleskan alpukat ke kulit yang terbakar sinar matahari dapat mengurangi kemerahan dan peradangan serta memberikan rasa nyaman pada kulit. Sifat penyembuhan kulit terbakar dari alpukat sebagian besar disebabkan oleh protein, lesitin, beta karoten, dan vitamin D dan E dalam buah. Selain itu, alpukat juga mampu menghidrasi kulit dari dalam dan meningkatkan penyembuhan kulit.

Jika kamu mengalami masalah kulit yang tidak kunjung membaik, segera tanya dokter spesialis kulit melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli dibidangnya akan menjawab semua pertanyaan kamu. Jangan tunda sebelum kondisi yang kamu alami semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
EMedihealth. Diakses pada 2022. 10 Beauty Benefits of Avocado and How to Use It.
Healthline. Diakses pada 2022. Can Avocados Improve the Health of Your Skin?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan