Kenali Manfaat dan Kekurangan Teknik Pernapasan Dada

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 November 2021
Kenali Manfaat dan Kekurangan Teknik Pernapasan DadaKenali Manfaat dan Kekurangan Teknik Pernapasan Dada

“Saat bernapas, otomatis tubuh akan melakukan pernapasan dada. Pernapasan dada adalah proses bernapas yang mengandalkan otot-otot diantara tulang rusuk (otot intracoastal). Ada manfaat dari pernapasan dada yang kamu lakukan, salah satunya adalah memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Tubuh akan berfungsi dengan baik ketika mendapatkan asupan oksigen sesuai kebutuhan. Kebutuhan oksigen dapat dipenuhi dengan baik ketika bernapas dengan baik. Saat kamu menghirup udara, oksigen akan masuk ke dalam paru-paru dan darah, kemudian karbondioksida akan dikeluarkan melalui hembusan napas yang keluar melalui hidung.

Saat manusia bernapas, umumnya melakukan teknik pernapasan dada. Proses ini juga akan terjadi dengan sendirinya, sehingga perlu melakukannya dengan rileks. Yuk, simak lebih banyak mengenai proses bernapas melalui teknik pernapasan dada dalam artikel ini!

Ketahui Proses Teknik Pernapasan Dada

Saat bernapas, secara otomatis tubuh menggunakan teknik pernapasan dada. Teknik pernapasan dada adalah proses bernapas yang mengandalkan otot-otot diantara tulang rusuk (intracoastal). 

Ketika kamu bernapas dengan teknik pernapasan dada, diafragma akan berkontraksi saat kamu menarik napas (inhale) dan bergerak ke bawah. Inilah yang membuat perut akan rata atau tertarik ke dalam saat kamu bernapas menggunakan teknik pernapasan dada.

Adanya kontraksi pada diafragma meningkatkan ruang pada rongga dada dan paru-paru, sehingga berkembang saat kamu menarik napas. Otot yang terdapat dalam tulang rusuk juga membantu memperbesar rongga dada. Tulang rusuk juga akan terangkat ke atas.

Hal ini akan terlihat berbeda ketika kamu membuang napas (exhale). Saat membuang napas diafragma dan otot tulang rusuk akan menjadi rileks. Kondisi ini akan mengurangi ruangan pada rongga dada dan paru-paru mengempis. 

Kondisi ini juga membuat tulang rusuk kembali ke posisi semula. Saat proses ini terjadi karbondioksida dari dalam tubuh akan dikeluarkan melalui hidung atau mulut.

Manfaat dan Kekurangan Teknik Pernapasan Dada

Tentunya ada manfaat dari pernapasan dada yang kamu lakukan yaitu mampu memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh maka kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Oksigen yang tidak tercukupi dengan baik juga dapat memengaruhi pergerakan tubuh sehingga menjadi lebih lambat. Hal ini terjadi karena saat tubuh kekurangan oksigen maka proses pembentukan energi pun akan melambat. 

Lalu, adakah kekurangan dari teknik pernapasan dada? Teknik pernapasan dada dapat membuat tubuh menjadi tegang. Maka, lakukan teknik pernapasan dada secara perlahan dan rilek. Melakukan teknik pernapasan dada yang tepat membuat asupan oksigen dapat terpenuhi dengan baik.

Kenali Juga Teknik Pernapasan Perut

Jika pernapasan dada menggunakan otot-otot tulang rusuk (intracoastal), bernapas melalui perut akan dibantu dengan otot diafragma. Ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan dengan melakukan teknik pernapasan perut, seperti:

  • Membantu kamu merasa lebih rileks sehingga mampu menurunkan tingkat stres.
  • Membantu menurunkan tekanan darah jika dilakukan secara rutin dan tepat.
  • Lebih memudahkan kamu dalam proses bernapas.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dengan melakukan teknik pernapasan perut. Untuk melakukan teknik pernapasan dada maupun perut yang benar, sebaiknya tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

APKI. Diakses pada 2021. Pengaturan Napas Saat Berolahraga.
Healthline. Diakses pada 2021. What Is Diaphragm Breathing?
National Heart, Lung, and Blood Institute. Diakses pada 2021. How The Lungs Work?
Scientific American. Diakses pada 2021. How Do We Breathe?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan