Kenali Manfaat Membaca Buku untuk Kesehatan Otak

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Juli 2021
Kenali Manfaat Membaca Buku untuk Kesehatan OtakKenali Manfaat Membaca Buku untuk Kesehatan Otak

“Selain menghibur, kamu juga perlu tahu manfaat membaca buku untuk kesehatan otak. Mulai dari membantu kamu mengurangi stres, membaca buku juga dapat meningkat kecerdasan dan menambah kemampuan berkomunikasi, loh. Yuk, kita mulai untuk kembali rutin membaca buku kesayangan di rumah.

Halodoc, Jakarta – Membaca buku bisa menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang di musim pandemi ini. Ada banyak jenis buku yang bisa menjadi kegemaran kamu. Mulai dari cerita fiksi hingga biografi. Bukan hanya menghibur, membaca buku pun menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan otak, loh.

Untuk itu, jangan ragu selalu lakukan kebiasaan baik dengan membaca buku. Ada berbagai manfaat membaca buku untuk kesehatan otak. Yuk, simak lebih banyak mengenai manfaat membaca buku, di sini!

Baca juga: Manfaat Baca Buku untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Membaca Buku untuk Kesehatan Otak

Sebaiknya jangan tinggalkan hobi membaca buku yang kamu miliki. Nyatanya, membaca buku memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Bukan hanya sebagai sarana hiburan, membaca buku pun dinilai bisa mengoptimalkan kesehatan otak.

Para peneliti menggunakan pemeriksaan MRI telah mengonfirmasi bahwa kegiatan membaca melibatkan jaringan sirkuit dan sinyal yang kompleks di otak. Saat kemampuan membaca seseorang meningkat, maka jaringan sirkuit juga akan semakin menguat.

Penelitian dilakukan pada tahun 2013 dengan MRI untuk mengukur efek membaca novel pada otak. Peserta dianjurkan membaca novel Pompeii selama 9 hari berturut-turut. Hasilnya, saat ketegangan dibangun dalam cerita, maka semakin banyak area otak yang menyala dengan aktivitas.

Baca juga: Membaca Buku Malam Hari Baik untuk Otak

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat membaca buku untuk kesehatan otak:

  1. Mengurangi Tingkat Stres

Selain menambah informasi seputar buku yang kamu nikmati, membaca buku juga dinilai mampu mengurangi tingkat stres. Membaca buku nyatanya dapat menurunkan tingkat stres hingga 68 persen. Hal ini tentunya lebih tinggi dibandingkan mengurangi tingkat stres dengan mendengarkan musik atau bermain game.

Tidak terbatas dengan satu jenis buku, hal terpenting adalah membuat diri sendiri merasa nyaman dengan bacaan yang dimiliki. Dengan begitu, kamu dapat merasakan manfaatnya dengan baik.

  1. Menambah Kemampuan Kata

Orang-orang yang memiliki kegemaran untuk membaca buku, nyatanya akan memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik. Hal ini disebabkan kemampuan kata yang akan semakin bertambah saat kamu lebih sering membaca buku. Jadi, jangan ragu untuk memilih jenis buku kesukaan setiap harinya, ya.

  1. Menambah Kapasitas Memori

Bukan hanya menambah kemampuan berkomunikasi dan kata saja, rajin membaca buku nyatanya dapat menambah kapasitas memori seseorang. Dengan begitu, kamu akan memiliki ingatan yang lebih kuat dibandingkan orang-orang yang tidak suka membaca buku. Membaca buku dinilai menjadi salah satu bentuk latihan otak.

Sebuah penelitian yang dilakukan Haskins Laboratories for The Science of The Spoken and Written Word, kegiatan membaca buku nyatanya memberikan banyak waktu untuk berpikir, memproses, dan membayangkan narasi yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Masih berkaitan dengan manfaat membaca buku untuk kesehatan otak sebelumnya, rutin membaca buku akan membuat kecerdasan seseorang meningkat seiring dengan penambahan kapasitas memori dan kosakata. Untuk itu, jangan ragu untuk membaca buku. Hal ini disebabkan manfaat membaca buku untuk kesehatan otak yang sangat baik.

Baca juga: Hobi Baca Buku Bisa Cegah Depresi, Mitos atau Fakta?

Itulah beberapa manfaat membaca buku untuk kesehatan otak. Tidak hanya itu, membaca buku juga bisa membuat kamu memiliki kualitas hidup dan tidur lebih baik. Jangan lupa kebiasaan baik ini dilakukan bersama dengan gaya hidup sehat, ya.

Kamu bisa bertanya langsung pada dokter untuk mengetahui cara tepat mengoptimalkan kesehatan melalui gaya hidup sehat. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. Benefits of Reading Books: How It Can Positively Affect Your Life.

The Best Brain Possible. Diakses pada 2021. 7 Ways Reading Benefits Your Brain.

Neuroreport. Diakses pada 2021. Reading Skill and Structural Brain Development.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan