Kenali Metode Imunoterapi dalam Pengobatan Kanker

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Februari 2023

“Salah satu metode pengobatan kanker yang banyak digunakan adalah imunoterapi. Ini melibatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker.”

Kenali Metode Imunoterapi dalam Pengobatan KankerKenali Metode Imunoterapi dalam Pengobatan Kanker

Halodoc, Jakarta – Imunoterapi adalah metode pengobatan kanker yang menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk menemukan dan menghancurkan sel kanker. Sistem kekebalan akan mengidentifikasi dan menghancurkan zat asing, termasuk sel kanker. 

Imunoterapi meningkatkan sistem kekebalan sehingga dapat berbuat lebih banyak untuk menemukan dan membunuh sel kanker. Terapi ini adalah pengobatan yang sangat efektif untuk membantu pengidap kanker hidup lebih lama. 

Cara Kerja Imunoterapi dalam Pengobatan Kanker

Tugas utama sistem kekebalan adalah melindungi tubuh dari zat asing, alergen dan virus hingga sel rusak yang bisa menjadi kanker. Ia memiliki sel-sel khusus yang terus-menerus “berpatroli” di tubuh.

Ketika mereka menemukan sel yang rusak atau kanker, mereka akan menghancurkannya. Ini membuat sel kanker tidak tumbuh dan menyebar. Namun, kanker adalah target yang bergerak. Sel kanker terus mencari cara untuk menghindari pertahanan sistem kekebalan. 

Oleh karena itu, dalam pengobatan kanker, imunoterapi bekerja dengan cara:

  • Melatih sistem kekebalan sehingga dapat berbuat lebih banyak untuk menemukan dan membunuh sel kanker.
  • Membantu tubuh menghasilkan sel kekebalan pelawan kanker yang secara efektif menemukan dan menghancurkan sel kanker.

Jenis-Jenis Imunoterapi

Imunoterapi untuk pengobatan kanker cukup kompleks. Berikut ini beberapa jenisnya:

  1. Antibodi Monoklonal (Antibodi Terapeutik)

Ini bekerja dengan cara menjadikan sel kanker sebagai target dan telah jadi pengobatan untuk beberapa jenis limfoma. Antibodi terapeutik atau monoklonal adalah antibodi buatan yang berfungsi untuk menyerang sel kanker, alih-alih mikroorganisme. 

Ini menempel pada antigen, pada permukaan sel kanker, yang pada dasarnya menandainya. Begitu sel kanker ditandai, sel lain dalam sistem kekebalan akan tahu dan menghancurkannya.

  1. Antibodi Monoklonal Terkonjugasi

Antibodi monoklonal bekerja sendiri. Namun, ini juga dapat menempel pada obat kemoterapi, zat beracun, atau partikel radioaktif dalam metode pengobatan kanker yang bernama antibodi monoklonal terkonjugasi.

Kata terkonjugasi berarti “melekat”. Dalam situasi ini, “muatan” yang terpasang dikirim langsung ke sel kanker. Dengan memiliki antibodi yang menempel pada antigen pada sel kanker dan memberikan pengobatan langsung ke sumbernya, kerusakan pada jaringan sehat dapat berkurang.

  1. Inhibitor Pos Pemeriksaan Imun

Sistem kekebalan memiliki pemeriksaan dan keseimbangan sehingga tidak berkinerja berlebihan atau kurang. Untuk mencegah kinerja berlebihan, ada pos pemeriksaan penghambatan di sepanjang jalur kekebalan yang berfungsi sebagai rem untuk memperlambat mobil.

Namun, sel kanker bisa “menipu”. Salah satu caranya adalah melalui protein pos pemeriksaan, zat yang menekan atau memperlambat sistem kekebalan. Karena sel kanker muncul dari sel normal, mereka memiliki kemampuan untuk membuat protein ini, untuk menghindari deteksi.

Nah, jenis imunoterapi untuk pengobatan kanker ini bisa jadi solusi. Ini dapat mengikat protein pos pemeriksaan dan melepaskan rem, sehingga sistem kekebalan tubuh dapat kembali bekerja dan melawan sel kanker.

  1. Transfer Sel Adopsi

Salah satu alasan mengapa sistem kekebalan tubuh tidak melawan tumor besar adalah karena sistem kekebalan tubuh terlalu lemah. Perawatan transfer sel adopsi bekerja untuk meningkatkan kekuatan pertahanan tubuh. 

Dokter pertama-tama mengeluarkan sel T dari daerah sekitar tumor. Setelah sel T dikumpulkan, ini akan ditanam di laboratorium. Setelah cukup berkembang biak, sel-sel kemudian dokter suntikkan kembali ke tubuh.

  1. Terapi Sel-T CAR

Terapi pengobatan kanker ini akan jadi sistem kekebalan yang telah “diatur”. CAR adalah singkatan dari chimeric antigen reseptor. Dalam terapi ini, sel T akan dimodifikasi untuk mengekspresikan CAR.

Reseptor ini memungkinkan sel T menempel pada reseptor di permukaan sel kanker untuk menghancurkannya. Dengan kata lain, ini membantu sel T mengenali sel kanker.

  1. Imunoterapi Adjuvan

Vaksin Bacillus Calmette-Guerin (BCG) adalah salah satu bentuk imunoterapi adjuvan yang saat ini jadi pengobatan kanker di beberapa bagian dunia. Adjuvan berarti sesuatu yang memperkuat respons kekebalan tubuh terhadap penyerbu. 

Itulah pembahasan mengenai imunoterapi untuk pengobatan kanker. Jika kamu atau orang terdekat mengidap kanker, kamu bisa melalui aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburukdownload Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Immunotherapy.
Very Well Health. Diakses pada 2023. How Immunotherapy Works for Cancer Treatment.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan