Kenali Metode No Poo, Keramas Tanpa Menggunakan Sampo

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 November 2022

“No poo adalah metode membersihkan rambut tanpa menggunakan sampo. Cara ini mencegah potensi masalah kulit kepala dan rambut akibat paparan bahan kimia dari sampo.”

Kenali Metode No Poo, Keramas Tanpa Menggunakan SampoKenali Metode No Poo, Keramas Tanpa Menggunakan Sampo

Halodoc, Jakarta – No poo adalah metode keramas tanpa menggunakan sampo. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti cuka apel, baking soda dan minyak kelapa.

Penggunaan bahan alami sebagai pengganti sampo memang lebih menyehatkan. Sebab, rambut dan kulit kepala terbebas dari paparan kimia, seperti paraben, parfum, natrium klorida dan propilen glikol.

Selain terbebas dari paparan kimia, metode no poo juga efektif mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kepala. Langkah ini dapat mencegah masalah, seperti ketombe, rambut kusam dan mudah rontok.

Manfaat Metode No Poo

Jika dilakukan dengan teknik yang tepat, metode no poo dapat menyeimbangkan kadar minyak yang diproduksi oleh kulit kepala. Ini merupakan kunci penting dalam mencegah gangguan yang berpotensi merusak rambut.

Sederhananya, sampo memang menghilangkan minyak dan lemak yang menempel di rambut serta kulit kepala. Tapi, cara ini justru meningkatkan produksi kedua kandungan tersebut, sehingga risiko kerusakan rambut jadi lebih tinggi.

Jika kamu berupaya untuk menghilangkan minyak berlebih, metode no poo bisa jadi pilihan yang tepat. Bahan alami seperti cuka apel, baking soda dan minyak kelapa dapat menekan kelenjar minyak yang hiperaktif.

Hasilnya, produksi minyak di kulit kepala jadi lebih seimbang. Cara ini juga membuat rambut dan kulit kepala jadi lebih sehat, rambut lebih bervolume serta memiliki tekstur yang lebih halus. 

Pemanfaatan bahan alami juga dapat meminimalisir paparan bahan kimia dari sampo yang berpotensi mengiritasi kulit kepala. Dengan begitu, gatal, perih, kemerahan dan sensasi munculnya rasa panas bisa dicegah.

Apakah Bisa Membersihkan Seutuhnya?

Manfaatnya memang tidak bisa langsung terlihat. Sebab, kulit kepala akan menyesuaikan diri terlebih dulu dengan bahan alami yang digunakan. Contohnya, sari cuka apel dan soda kue.

Gabungan dari kedua bahan tersebut bisa membuat rambut tampak berkilau alami. Namun, metode ini berisiko mengiritasi atau mengganggu pH kulit kepala. Risikonya semakin tinggi pada pemilik kulit sensitif.

Jadi, disarankan untuk tanya dokter terlebih dulu guna mengetahui bahan alami yang tepat digunakan sesuai dengan gangguan kesehatan yang dialami. Adapun beberapa bahan alami lainnya yang bisa digunakan, yakni:

  • Lidah buaya. Bahan alami ini efektif memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut, merawat rambut berminyak, memperbaiki rambut kering dan rusak serta mengatasi dermatitis seboroik.
  • Sari lemon. Bahan alami ini dapat meningkatkan laju pertumbuhan rambut dan produksi kolagen pada kulit kepala. 
  • Minyak kelapa. Bahan alami ini mengandung asam lemak yang berfungsi untuk menyehatkan kulit kepala dan membantu merangsang pertumbuhan rambut.
  • Minyak pohon teh (tea tree oil). Bahan alami ini dapat meningkatkan sirkulasi darah guna mengeluarkan racun dan menstimulasi folikel rambut yang tidak aktif. Dengan begitu, masalah rambut rontok bisa dicegah.
  • Daun mimba. Bahan alami ini bersifat antimikroba dan antiradang yang efektif mengatasi masalah ketombe. 

Sebelum menggunakan bahan alami sebagai bagian dari metode no poo, ada baiknya buat janji rumah sakit untuk memeriksakan kesehatan kulit kepala terlebih dulu. Sebab, metode tidak disarankan bagi orang dengan masalah di kulit kepala.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, perawatan rambut dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is No Poo, How Does It Work, and Should You Try It?
Consumer Reports. Diakses pada 2022. The ‘No-Poo’ Method, Explained (Plus, How Often to Wash Your Hair, According to Experts).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan