Kenali Nyamuk Anopheles yang Jadi Penyebab Malaria

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 Agustus 2022

“Nyamuk Anopheles adalah hewan yang menyebarkan malaria pada manusia. Saat infeksinya menyebar, gangguan kesehatan parah bisa terjadi sehingga penting untuk mencegahnya sebelum terjadi.”

Kenali Nyamuk Anopheles yang Jadi Penyebab MalariaKenali Nyamuk Anopheles yang Jadi Penyebab Malaria

Halodoc, Jakarta – Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit. Penularannya terjadi melalui gigitan nyamuk Anopheles betina. Penyakit ini dapat menimbulkan gangguan yang fatal jika tidak segera diatasi.

Penyakit malaria disebabkan oleh parasit bernama plasmodium. Saat gigitan nyamuk membuat parasit tersebut masuk ke tubuh, menyerang organ hati lalu menginfeksi sel darah merah.

Hanya nyamuk Anopheles betina yang dapat menyebabkan malaria. Maka dari itu, setiap orang perlu tahu cara menghindari gigitan nyamuk sebelum tertular malaria dari gigitan nyamuk ini.

Deskripsi dari Nyamuk Anopheles

Ada beberapa spesies dari nyamuk ini, yaitu Anopheles balabacensis, Anopheles gambiae, Anopheles stephensi, dan Anopheles maculatus.

Nah, nyamuk dewasa dari jenis ini memiliki tubuh yang langsung dan terdiri dari tiga bagian, yaitu kepala, dada, dan perut. Kepala dari nyamuk ini berguna untuk mendapatkan makanan dan terkait sensorik. Lalu, badan atau thorax digunakan untuk bergerak. Serta, perut untuk mencerna makanan dan mengeluarkan telur.

Kebiasaan dari Nyamuk Anopheles

Nyamuk ini lebih aktif saat senja atau bahkan di malam hari. Kemampuan terbang hewan ini lemah, sehingga tidak aktif jika kondisi cuaca sedang berangin.

Dalam hal bertelur, nyamuk betina dapat mengisap darah agar dapat bertelur. Jumlah telur yang dihasilkan oleh nyamuk anopheles betina ini sebanyak 50-200 butir. 

Telur tersebut diletakkan di atas air yang tenang, lalu akan menetas dalam waktu 2-3 hari. Jika sedang memasuki musim tropis, waktu yang dibutuhkan adalah 10-14 hari agar telur tersebut menjadi nyamuk dewasa.

Untuk lama hidupnya, nyamuk betina mampu hidup hingga satu bulan. Berbeda jauh dengan nyamuk jantan yang hanya dapat hidup selama satu minggu.

Habitat Nyamuk Anopheles

Saat nyamuk ini masih dalam tahap larva dan pupa, aktivitasnya terbatas hanya pada lingkungan yang berair. Hewan ini mudah berkembang biak di kolam air atau sungai. Jika kamu tinggal di dekat tempat perkembangbiakan nyamuk ini, ada baiknya untuk rutin melindungi diri. Hal ini dilakukan agar tidak mudah terkena malaria.

Geografi Nyamuk Anopheles

Nyamuk penyebar malaria ini dapat ditemukan di semua daerah, kecuali Antartika. Meski penyakit yang disebarkan oleh jenis nyamuk ini, malaria, sudah diberantas, tetap saja ada kemungkinan wabahnya kembali.

Perlu dipahami jika nyamuk ini hanya membutuhkan satu kali makan darah, untuk menularkan infeksi malaria ke manusia atau mamalia lainnya. Ada banyak orang yang tidak sadar jika ia baru bepergian ke daerah rawan malaria, lalu membawa penyakit tersebut saat pulang dari kunjungan tersebut.

Daerah yang sudah pernah mengalami wabah malaria bisa saja mengalaminya lagi. Lalu, area yang belum pernah mengalaminya dapat menjadi penyakit endemis untuk pertama kalinya. Maka dari itu, sistem pengendalian nyamuk yang efektif perlu diterapkan, agar terlindungi dari penyakit oleh nyamuk ini.

Itulah pembahasan mengenai nyamuk anopheles, hewan penyebar penyakit malaria. Dengan mengetahui kebiasaan dan habitat dari hewan ini, diharapkan kamu lebih mudah untuk menghindari gigitannya. Cobalah untuk lebih berhati-hati terhadap gigitan nyamuk ini, terutama saat liburan ke area yang memiliki kolam atau di dekat sungai.

Selain itu, jika kamu atau orang terdekat terserang penyakit ini, Ini Obat Malaria yang Ampuh dan Tersedia di Apotek.

Kamu juga bisa lho menggunakan fitur tanya dokter jika ingin tahu lebih jauh tentang nyamuk Anopheles. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan hanya menggunakan smartphone. Jangan ragu lagi, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mosquito Magnet. Diakses pada 2022. Anopheles Mosquito.
RSUD dr. Mohammad Soewandhie Pemerintah Kota Surabaya. Diakses pada 2022. Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Malaria.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan