• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Perbedaan Penyumbatan Pembuluh Darah Arteri dan Vena
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Perbedaan Penyumbatan Pembuluh Darah Arteri dan Vena

Kenali Perbedaan Penyumbatan Pembuluh Darah Arteri dan Vena

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 Agustus 2020
Kenali Perbedaan Penyumbatan Pembuluh Darah Arteri dan Vena

Halodoc, Jakarta - Ustaz Yusuf Mansur dikabarkan tengah menjalani perawatan di rumah sakit karena mengalami penyumbatan pada pembuluh darahnya. Kabarnya, penyumbatan terjadi pada area leher menuju kepala yang mengakibatkan munculnya gumpalan dan terjadi pembengkakan pada area kepala kanan bagian bawah.

Namun, belum diketahui dengan pasti bagian pembuluh darah tempat terjadinya penyumbatan, apakah terjadi pada pembuluh darah arteri atau vena. Sebenarnya, apa perbedaan dari penyumbatan yang muncul pada pembuluh darah arteri dan vena?

Penyumbatan pada Pembuluh Darah Arteri

Pembuluh darah arteri dan vena memiliki tugas yang sangat besar. Keduanya merupakan bagian dari sistem transportasi yang berfungsi untuk mengalirkan darah. Arteri akan membawa darah yang sarat oksigen dari jantung ke seluruh tubuh, sedangkan vena akan membawa kembali darah yang tidak banyak mengandung oksigen kembali ke jantung.

Baca juga: Penyempitan Pembuluh Darah Dapat Dicegah dengan 7 Cara Ini

Dari sini, pembuluh arteri pulmonalis akan membawa darah menuju ke paru-paru untuk digantikan dengan darah bersih yang kaya akan oksigen. Lalu, pembuluh vena pulmonalis akan membawa darah kembali ke jantung dan prosesnya pun dimulai kembali. 

Namun, terkadang pembuluh darah arteri atau vena bisa mengalami penyempitan atau penyumbatan, sehingga darah tidak bisa melaluinya dengan mudah. Apapun yang menghambat aliran darah pada tubuh akan mengakibatkan organ tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk bisa bekerja dengan optimal. Apabila darah mengalir terlalu lambat, sangat mungkin terjadi genangan dan membentuk gumpalan. 

Penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah arteri akan mengakibatkan terganggunya aliran darah bersih dari jantung yang menuju ke seluruh tubuh, terutama ke organ-organ penting. Biasanya, kondisi ini terjadi karena penumpukan lemak yang berlebihan atau dalam istilah medis disebut dengan aterosklerosis.

Baca juga: Penyumbatan Pembuluh Darah Terjadi Akibat Iskemia?

Jika terjadi pada jantung, masalah kesehatan ini dikenal dengan penyakit jantung koroner. Penyumbatan bisa terjadi pada pembuluh darah di otak, leher, koroner jantung, atau bagian tubuh lainnya. Meski begitu, penyumbatan paling sering terjadi pada jantung yang menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung.

Lalu, ada pula arteri karotis yang mengalir melalui pembuluh darah di kedua sisi leher yang memasok darah ke otak, wajah, dan leher. Dilansir dari WebMD, penumpukan plak akibat arteri karotis akan menyebabkan terjadinya penyempitan, sehingga hanya sedikit darah yang masuk. Plak pun bisa pecah dan membentuk gumpalan, yang jika tersangkut di pembuluh darah ke otak dan menghalangi alirannya bisa berujung pada penyakit stroke

Penyumbatan pada Pembuluh Darah Vena

Sementara itu, penyumbatan pada pembuluh darah vena mengakibatkan terganggunya aliran darah yang menuju ke jantung. Penyebabnya bisa karena tumor atau jaringan yang membengkak dan mengimpit vena, sehingga terjadi pembengkakan. Lokasi penyumbatan bisa pada area leher atau bagian tubuh lainnya. 

Baca juga: Cegah Aterosklerosis Terjadi di Usia Muda

Selain itu, penyumbatan pada pembuluh darah vena juga termasuk deep vein thrombosis atau DVT yang biasanya terjadi pada kaki. Umumnya, kondisi ini terjadi karena duduk atau berbaring terlalu lama yang bisa memperlambat aliran darah. 

Penyumbatan pada pembuluh darah bisa memicu komplikasi serius jika tidak segera dilakukan penanganan. Jadi, segera periksa ke rumah sakit apabila kamu mengalami sesak napas tiba-tiba, nyeri dada, sakit kepala, detak jantung cepat, penglihatan ganda, dan kelemahan atau mati rasa pada wajah atau bagian tubuh lainnya. 

Pengobatan di rumah sakit akan lebih mudah kalau kamu sudah download aplikasi Halodoc. Kamu bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat atau tanya jawab langsung dengan dokter spesialis seputar masalah kesehatan kapan dan di mana saja melalui aplikasi Halodoc.

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2020. A Visual Guide to Vein and Artery Problems.
Healthline. Diakses pada 2020. Artery vs. Vein: What’s the Difference?
Medical News Today. Diakses pada 2020. Artery vs. Vein: What are the Differences?