Kenali Tanda Jahitan Lepas setelah Melahirkan Normal

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Mei 2023
Kenali Tanda Jahitan Lepas setelah Melahirkan NormalKenali Tanda Jahitan Lepas setelah Melahirkan Normal

Halodoc, Jakarta - Saat proses persalinan normal berlangsung, biasanya ibu akan mengejan cukup keras dan menyebabkan robekan alami pada bagian perineum. Selain itu, jika bayi terlalu besar atau dalam posisi yang kurang baik, dokter kandungan pun kerap melakukan episiotomi untuk membuka jalan lahir menjadi lebih besar.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam tentang Episiotomi saat Melahirkan

Robekan pada vagina dan perineum ini akan menyebabkan perdarahan pada ibu yang melahirkan normal. Untuk mengatasi kondisi ini, dokter akan melakukan proses penjahitan untuk mengatasi bagian vagina dan perineum yang mengalami robekan. Untuk itu, ibu perlu berhati-hati dalam melakukan aktivitas agar jahitan dapat pulih secara optimal guna menghindari jahitan lepas setelah melahirkan normal. 

Tidak ada salahnya, simak mengenai beberapa tanda jahitan lepas setelah melahirkan normal, di sini!


Tanda Jahitan Lepas Pasca Melahirkan Normal

Banyak ibu setelah melahirkan normal merasa khawatir mengenai jahitan perineum yang masih basah. Apalagi jika ibu harus melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, hingga buang air. Biasanya, ibu khawatir jahitan akan terlepas.

Meskipun jarang terjadi, tetapi kondisi ini bisa saja dialami oleh beberapa ibu yang baru melahirkan secara normal. Ada beberapa faktor yang menyebabkan jahitan lepas setelah melahirkan normal, seperti jahitan yang kurang kuat, ibu mengalami kondisi trauma, seperti jatuh, benang terputus, hingga kondisi infeksi.

Lalu, bagaimana ibu mengetahui telah mengalami jahitan lepas pasca melahirkan normal? Ibu sebaiknya ketahui beberapa tanda, seperti:

  1. Nyeri yang cukup parah pada bagian jahitan.
  2. Perdarahan terus-menerus dan mengeluarkan gumpalan darah.
  3. Munculnya nanah yang berbau menyengat.
  4. Munculnya rasa nyeri saat buang air kecil.
  5. Demam.

Itulah beberapa tanda yang perlu diketahui saat jahitan lepas setelah melahirkan normal. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada dokter kandungan untuk memastikan jahitan dalam kondisi baik. Kamu bisa membuat janji di rumah sakit pilihan melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc kapan dan di mana saja agar pemeriksaan yang kamu jalani akan lebih mudah!

Baca juga: Ini Penyebab Jahitan Pasca Persalinan Normal Bisa Terlepas


Lakukan Perawatan untuk Jahitan Pasca Melahirkan Normal

Waktu pemulihan jahitan akan berbeda-beda pada tiap ibu. Namun, umumnya ibu akan pulih dalam waktu 2–4 minggu pasca melahirkan normal. Agar pemulihan berjalan dengan lebih baik dan optimal, sebaiknya pastikan jahitan selalu bersih dan kering. 

Selain itu, selalu rutin ganti pembalut pasca melahirkan setiap beberapa jam agar jahitan tetap bersih dan terhindar dari kondisi lembap. Kamu juga bisa melakukan aktivitas ringan agar aliran darah menjadi lebih lancar sehingga pemulihan jahitan akan lebih cepat.

Saat pemulihan sebaiknya hindari kondisi konstipasi atau sembelit. Jangan lupa perbanyak minum air putih agar tubuh terhidrasi dan terhindar dari konstipasi.

Umumnya, pada beberapa hari awal, jahitan akan terasa nyeri dan tidak nyaman. Namun, jika ibu tidak mengalami beberapa gejala infeksi atau jahitan lepas, lakukan beberapa tips ini di rumah agar pemulihan lebih cepat.

  1. Ibu bisa mencari posisi saat berbaring atau duduk yang lebih nyaman. Kondisi ini bisa membuat rasa nyeri pada jahitan perineum berkurang.
  2. Buatlah suhu ruangan yang dingin dan sejuk untuk membuat kondisi menjadi lebih nyaman. Ibu juga bisa menggunakan kompres dingin pada bagian jahitan agar nyeri semakin berkurang. Namun, pastikan jahitan kembali kering dan bersih setelah dikompres dingin.
  3. Untuk meringankan nyeri, ibu juga bisa mandi dengan air hangat sehingga tubuh menjadi lebih rileks. 
  4. Hindari mengangkat benda-benda yang berat setelah menjalani proses persalinan.
  5. Penggunaan obat penghilang nyeri juga bisa digunakan dengan resep dokter.

Baca juga: Cara Merawat Jahitan Setelah Persalinan Normal

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat jahitan pasca melahirkan normal. Jangan ragu untuk selalu menjaga kebersihan area jahitan agar terhindar dari kondisi infeksi.



Referensi:
American Journal of Perinatology. Diakses pada 2021. Cesarean Versus Vaginal Delivery: Whose Risks? Whose Benefits?
Royal College of Obstetricians and Gynaecologist. Diakses pada 2021. Perineal Wound Breakdown.
Babycentre. Diakses pada 2021. Stitches, Pain and Bruising After Birth.
C&G Baby Club. Diakses pada 2021. Stitches After Birth.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan