• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenapa Pengidap Hipertensi Bisa Alami Mimisan?

Kenapa Pengidap Hipertensi Bisa Alami Mimisan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Sebenarnya mimisan bukanlah gejala atau akibat dari tekanan darah tinggi alias hipertensi. Pengidap hipertensi bisa saja mengalami mimisan, tetapi ini bukan penyebab ataupun penjelasan utama.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Family doctor.org, disebutkan kalau beberapa mimisan berasal dari pembuluh besar yang terletak di bagian belakang hidung. Jenis mimisan ini lebih sering terjadi pada lansia yang mengidap tekanan darah tinggi. Informasi selengkapnya bisa dibaca di bawah ini!

Ketegangan Pembuluh Darah

Pendarahan dari hidung (epistaksis) adalah gejala tekanan darah tinggi dan dapat disebabkan oleh trauma atau infeksi sinus. Bagian dalam hidung ditutupi dengan jaringan lembap yang memiliki banyak pasokan pembuluh darah di dekat permukaan. Ketika jaringan rusak atau terluka, pembuluh darah ini cenderung berdarah.

Pendarahan hidung lebih sering terjadi pada anak-anak dan lansia yang darahnya butuh lebih lama untuk menggumpal. Pendarahan hidung yang parah biasanya berhubungan dengan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi.

Baca juga: Makanan Pemicu Hipertensi Sekunder

Kalau menurut National Health Service, mimisan yang serius merupakan indikasi masalah kesehatan serius salah satunya tekanan darah tinggi dan pembekuan darah. Mengapa bisa begitu? Ketegangan dan kerusakan akibat tekanan darah tinggi menyebabkan arteri koroner yang melayani jantung melambat dan menjadi menyempit, sehingga terjadi penumpukan. Ketika arteri mengeras dengan plak, gumpalan darah menjadi lebih mungkin terbentuk yang dapat mengakibatkan serangan jantung. 

Tekanan darah tinggi juga membuat kolesterol lebih mungkin untuk disimpan di arteri, yang seiring dengan waktu dapat menyebabkan penyempitan yang signifikan, sehingga membatasi pasokan darah ke jantung.

Salah satu gejala dari hipertensi adalah pendarahan di hidung dan gejala-gejala signifikan lainnya adalah detak jantung yang tidak teratur, sakit kepala, pusing, demam, penglihatan kabur, sakit perut, sakit dada, dan sesak napas.

Butuh informasi lebih lengkap mengenai hubungan antara hipertensi dan mimisan, tanyakan saja langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Tidak Selamanya Hipertensi Sebabkan Mimisan

Kalau menurut The American Heart Association, tidak selamanya mimisan dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter. Berbagai gejala lain yang mungkin secara tidak langsung berkaitan dengan hipertensi sebenarnya yang paling memungkinkan adalah:

Baca juga: Gaya Hidup Sehat untuk Pengobatan Hipertensi Sekunder

  1. Bintik-Bintik Darah di Mata

Bintik-bintik darah di mata (perdarahan subconjunctival) lebih sering terjadi pada pengidap diabetes atau tekanan darah tinggi. Dokter mata perlu mendeteksi kerusakan pada saraf optik yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang tidak diobati.

  1. Pusing

Pusing mendadak, kehilangan keseimbangan, atau koordinasi dan kesulitan berjalan adalah tanda-tanda peringatan terjadinya stroke. Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama untuk stroke.

Ada begitu banyak mitos-mitos terkait hipertensi. Ada juga yang mengatakan kalau pengidap hipertensi biasanya akan mengalami gejala, seperti gugup, berkeringat, sulit tidur, atau muka memerah.

Namun sebenarnya, tekanan darah tinggi lebih sering tidak terdeteksi. Terkadang tanpa gejala makanya disebut dengan "silent killer." Karena itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan, terutama bila kamu memiliki faktor-faktor risiko. 

Jika kamu cenderung mengabaikan tekanan darah dan hanya menunggu gejala, itu akan menempatkan kesehatan terhadap komplikasi yang lebih signifikan.

Referensi:

Express.co.uk. Diakses pada 2020. High blood pressure: Having unusual symptom in your nose could mean high blood pressure.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Nosebleeds.
Heart.org. Diakses pada 2020. What are the Symptoms of High Blood Pressure?