Kerap Disangka Flu, Ketahui Ciri-Ciri Pneumonia pada Anak

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Mei 2024

“Ada berbagai ciri-ciri pneumonia pada anak yang perlu diwaspadai. Contohnya demam yang disertai dengan batuk berlendir, kehilangan selera makan, kelelahan luar biasa, dan sulit bernapas.”

Kerap Disangka Flu, Ketahui Ciri-Ciri Pneumonia pada AnakKerap Disangka Flu, Ketahui Ciri-Ciri Pneumonia pada Anak

DAFTAR ISI

  1. Ciri-Ciri Pneumonia pada Anak
  2. Perbedaan Pneumonia Bakteri Vs Virus pada Anak
  3. Vaksin Pneumonia Kini Bisa di Rumah pakai Halodoc

Halodoc, Jakarta –  Tidak seperti pneumonia pada orang dewasa yang memiliki gejala yang jelas, pneumonia pada anak kerap disangka flu. Pneumonia pada orang dewasa biasanya ditandai dengan batuk, demam, serta memiliki tanda-tanda infeksi.

Pneumonia pada anak-anak justru tidak memiliki ciri-ciri yang jelas, terutama anak yang sehat dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Lantas, seperti apa ciri-ciri pneumonia pada anak?

Ciri-Ciri Pneumonia pada Anak

Secara keseluruhan–terlepas dari usia–gejala pneumonia amatlah bervariasi.  Usia dan status imunitas seseorang membuat ciri-ciri pneumonia menjadi berbeda. Terutama pada anak-anak, cirinya bahkan bisa saja menyerupai pilek atau flu. Berikut ini adalah ciri-ciri pneumonia pada anak pada umumnya:

1. Batuk yang menghasilkan lendir atau darah

Batuk yang berasal dari pneumonia bersifat persisten, memburuk, dan bisa menghasilkan darah atau lendir jika disebabkan infeksi bakteri. Namun, pneumonia virus biasanya menyebabkan batuk yang tidak produktif.

2. Sulit bernapas

Pneumonia adalah infeksi yang menyebabkan kantung udara di paru-paru terisi cairan atau nanah, sehingga sulit bernapas. Infeksi pada paru ini bisa mengakibatkan sesak dada, yang berdampak pada risiko mual dan muntah juga. 

3. Kelelahan

Pneumonia dapat membuat kapasitas paru-paru berkurang dan otot mungkin menjadi lemah karena sakit yang parah. Penurunan berat badan yang signifikan selanjutnya dapat menyebabkan kelemahan dan kondisi kesehatan lainnya dapat diperparah karena stres yang ditempatkan pada tubuh selama sakit.

4. Kehilangan selera makan

Kehilangan selera makan sebagai akibat dari pneumonia adalah karena kondisi badan yang sakit. Selain itu, jika pneumonia sedang menjalani pengobatan, beberapa stimulan, antibiotik, obat tekanan darah, atau bahkan obat flu dapat menekan nafsu makan anak. 

5. Demam

Pada dasarnya, demam adalah bentuk perlawanan tubuh terhadap infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Jika selain demam, anak juga mengalami ciri-ciri lain, besar kemungkinan anak mengalami pneumonia.

Perbedaan Pneumonia Bakteri Vs Virus pada Anak

Perlu diketahui kalau anak-anak dengan pneumonia bakteri biasanya lebih cepat mengalami sakit dan akan langsung mengalami demam tinggi, yang disertai  pernapasan sangat cepat. 

Sementara itu, anak-anak dengan pneumonia virus mungkin memiliki gejala yang muncul secara bertahap dan mungkin tidak terlalu parah. Mengi lebih sering terjadi pada pneumonia virus. Selain gejala yang tercantum di atas, anak mungkin juga akan mengalami badan panas dingin, sakit kepala, dan moody.

Penanganan pneumonia pada anak tergantung pada infeksinya. Pneumonia virus tidak memerlukan antibiotik. Sebab antibiotik hanya bekerja melawan bakteri, bukan virus. Untuk pneumonia bakteri, antibiotik yang digunakan tergantung pada jenis bakteri yang diduga menyebabkan pneumonia.

Beberapa anak mungkin memerlukan perawatan di rumah sakit jika pneumonia menyebabkan demam tinggi yang berkepanjangan, masalah pernapasan, atau jika membutuhkan oksigen. Selain itu anak yang mengalami muntah dan tidak dapat minum obat, atau mengalami infeksi paru-paru yang mungkin telah menyebar ke aliran darah, juga perlu dirawat di rumah sakit. 

Perawatan di rumah sakit dapat mencakup antibiotik IV (diberikan ke pembuluh darah) dan cairan serta perawatan pernapasan. Kasus yang lebih serius mungkin dirawat di unit perawatan intensif (ICU).

Itulah informasi mengenai ciri-ciri pneumonia pada anak. Kalau ibu atau ayah ingin tahu lebih banyak mengenai penyakit ini, tanyakan saja langsung ke dokter lewat Halodoc ya!

Vaksin Pneumonia Kini Bisa di Rumah pakai Halodoc

Jika jadwal vaksin Si Kecil telah tiba tetapi ibu tidak sempat ke rumah sakit, jangan khawatir. Si Kecil bisa melakukan Vaksin Prevenar 13 dengan  memanfaatkan layanan Home Lab di Halodoc. 

Tak perlu repot pergi ke klinik atau rumah sakit, anak bisa mendapatkan Vaksin Prevenar 13 dengan aman dan nyaman di rumah.

Nah, berikut beberapa keunggulan melakukan vaksinasi lewat layanan Home Lab & Vaksinasi di Halodoc:

✔ Vaksinasi diberikan 100% oleh Dokter Khusus Vaksinasi.

✔ Protokol kesehatan ketat.

✔ Setelah vaksin diberikan, tenaga medis akan melakukan observasi kondisi kesehatanmu untuk memastikan tidak ada efek samping yang berbahaya.

✔ Partner resmi produsen vaksin internasional, sehingga vaksin terjamin keasliannya dan sudah terdaftar BPOM.

✔ Harga vaksin mulai dari Rp 994.000,-, kamu pun bisa melakukan family booking untuk mendapatkan ekstra diskon.

✔ Hemat waktu dan biaya.

✔ Tanpa biaya tambahan.

Booking Vaksin Pneumonia Lebih Mudah di Rumah Lewat Halodoc.

Kamu bisa order melalui aplikasi atau hubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226.

Yuk, segera pesan layanan Home Lab di Halodoc!

Referensi:
World Health Children. Diakses pada 2023. Pneumonia in children.
Cedar Sinai.org. Diakses pada 2023. Pneumonia in Children.
Kids Health. Diakses pada 2023. Pneumonia.
Pneumonia in Children. Diakses pada 2023. Pneumonia in Children.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan