• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 3 Manfaat Jus Buah Naga Bila Rutin Dikonsumsi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 3 Manfaat Jus Buah Naga Bila Rutin Dikonsumsi

Ketahui 3 Manfaat Jus Buah Naga Bila Rutin Dikonsumsi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Desember 2022

“Ada tiga manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi jus buah naga secara rutin. Salah satu manfaatnya adalah membantu tubuh melawan penyakit kronis.”

Ketahui 3 Manfaat Jus Buah Naga Bila Rutin DikonsumsiKetahui 3 Manfaat Jus Buah Naga Bila Rutin Dikonsumsi

Halodoc, Jakarta – Buah naga atau buah pitahaya merupakan buah tropis yang memiliki kulit warna merah cerah dan daging berbintik yang manis. Selain tampilannya yang khas, buah ini diketahui memiliki banyak peminat. Sebab, buah naga saat ini tengah dianggap sebagai salah satu makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi. 

Hal ini berkaitan dengan berbagai nutrisi penting yang terkandung di dalam buah tersebut. Tak hanya kaya akan nutrisi, buah naga juga mudah dikonsumsi, karena selain dimakan langsung, buah ini juga dapat dijadikan sebagai jus. 

Nah, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika buah naga dikonsumsi baik dimakan langsung maupun dijadikan minuman sehat seperti jus. Jika saat ini kamu masih ragu dengan manfaatnya, tidak ada salahnya untuk mengetahuinya lebih mendalam. 

Manfaat Jus Buah Naga jika Rutin Dikonsumsi

Buah naga rendah kalori tetapi diperkaya dengan vitamin dan mineral penting. Selain itu, buah naga juga mengandung sejumlah besar serat makanan. Berikut adalah gambaran nutrisi utama dalam porsi satu cangkir buah naga dengan berat sekitar 227 gram:

  • Kalori: 136 kkal. 
  • Protein: 3 gram. 
  • Lemak: 0 gram. 
  • Karbohidrat: 29 gram. 
  • Serat: 7 gram. 
  • Zat besi: 8 persen dari rekomendasi angka kebutuhan harian. 
  • Magnesium: 18 persen dari rekomendasi angka kebutuhan harian. 
  • Vitamin C: 9 persen dari rekomendasi angka kebutuhan harian. 
  • Vitamin E: 4 persen dari rekomendasi angka kebutuhan harian. 

Di luar nutrisi penting, buah naga juga memiliki antioksidan bermanfaat seperti polifenol, karotenoid, dan betasianin. Nah, berikut adalah manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi jus buah naga secara rutin: 

1. Membantu melawan penyakit kronis 

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil rentan menimbulkan kerusakan sel, sehingga berisiko menyebabkan peradangan dan penyakit. Nah, salah satu cara untuk melawannya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga. 

Antioksidan bekerja dengan cara menetralisir radikal bebas. Hal ini diyakini dapat mencegah kerusakan sel dan peradangan pada tubuh. Studi berjudul The oxidative stress theory of disease: levels of evidence and epistemological aspects menunjukkan hasil menarik. Studi tersebut menemukan kalau diet tinggi antioksidan dapat membantu mencegah sejumlah penyakit kronis. Mulai dari diabetes, radang sendi, penyakit jantung, hingga kanker. 

2. Meningkatkan keseimbangan bakteri 

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi jus naga secara rutin adalah dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Nah, usus manusia merupakan “rumah” bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri. 

Banyak ahli yang beranggapan kalau komunitas mikroorganisme yang ada pada usus berdampak pada kesehatan manusia. Sebab, beberapa penelitian telah mengaitkan kalau ketidakseimbangan mikroorganisme dalam usus dapat memicu kondisi seperti penyakit jantung atau asma. Ketika berbicara mengenai buah naga, buah ini diketahui mengandung prebiotik sehingga berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di dalam usus. 

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi ditentukan oleh sejumlah faktor yang berbeda. Salah satu faktor tersebut adalah kualitas pola makan seseorang. Nah, vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. 

Selain itu, keduanya juga dapat mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi jus buah naga secara rutin. 

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi jus buah naga yang mengandung berbagai nutrisi penting. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar manfaat buah naga atau memiliki keluhan medis, segeralah hubungi dokter. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet.
WebMD. Diakses pada 2022. Dragon Fruit. 
NIH. Diakses pada 2022. The oxidative stress theory of disease: levels of evidence and epistemological aspects.