• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 4 Manfaat Batu Tawas untuk Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 4 Manfaat Batu Tawas untuk Tubuh

Ketahui 4 Manfaat Batu Tawas untuk Tubuh

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 November 2022

“Batu tawas memiliki sifat anti bakteri dan mampu menyempitkan jaringan tubuh. Lewat manfaat ini, tawas bisa digunakan untuk mencerahkan ketiak dan mengurangi bau badan.”

Ketahui 4 Manfaat Batu Tawas untuk TubuhKetahui 4 Manfaat Batu Tawas untuk Tubuh

Halodoc, Jakarta – Batu tawas dapat digunakan sebagai deodoran alami. Garam mineral ini mengandung astringen dan memiliki sifat anti bakteri. Astringen adalah bahan kimia yang mampu menyempitkan jaringan tubuh. Batu tawas ampuh mencegah keluarnya keringat berlebih dan perkembangan bakteri pemicu bau badan dengan kedua sifat tersebut.

Beragam Manfaat Batu Tawas untuk Tubuh

1. Mencerahkan ketiak

Mencerahkan ketiak

Kebiasaan mencukur bulu ketiak bisa membuat kulit menghitam. Selain mencukur, mengidap penyakit tertentu juga bisa menghitamkan ketiak. Nah, batu tawas bisa mengangkat minyak, kotoran dan sel-sel kulit mati di are tersebut. Dengan demikian, warna ketiak tampak lebih cerah. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk melihat hasilnya. 

2. Mengurangi bau badan

Mengurangi bau badan

Keringat yang bercampur dengan bakteri adalah biang keladi bau badan. Sifat anti bakteri dalam batu tawas mampu menghambat perkembangbiakan bakteri. Penelitian pada Journal of Clinical and Health Sciences membuktikan khasiat ini. Hasilnya mengungkapkan bahwa tawas bisa menjadi pengganti deodoran untuk menghambat perkembangan bakteri di ketiak.

3. Menghaluskan kulit

Menghaluskan kulit

Batu tawas bisa dijadikan solusi untuk menangani kulit ketiak kasar setelah dicukur. Efek ini berasal dari kemampuan tawas dalam mengangkat kotoran dan minyak berlebih dari kulit.

4. Mencegah iritasi

Mencegah iritasi

Kulit menjadi lebih sensitif dan mudah teriritasi setelah kamu mencukur bulunya. Oleskan batu tawas yang telah dihaluskan usai mencukur bulu ketiak untuk mencegah masalah tersebut. Sifat anti bakterinya mencegah iritasi kulit akibat infeksi bakteri. Sifat menghaluskannya bisa membuat kulit ketiak lebih lembap. 

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Alum for skin: Uses, benefits, and safety.
Healthline. Diakses pada 2022. How to Use an Alum Block When Shaving.