• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 4 Manfaat Daun Handeuleum untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 4 Manfaat Daun Handeuleum untuk Kesehatan

Ketahui 4 Manfaat Daun Handeuleum untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 05 Agustus 2022

“Daun handeuleum termasuk jenis tanaman hias yang mengandung senyawa saponin, tanin, alkaloid, flavonoid dan glikosida. Manfaatnya termasuk mengatasi sembelit, wasir dan menurunkan kadar kolesterol.”

Ketahui 4 Manfaat Daun Handeuleum untuk KesehatanKetahui 4 Manfaat Daun Handeuleum untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Daun handeuleum atau yang bisa disebut dengan daun ungu punya nama latin yaitu Graptophyllum pictum. Beberapa senyawa dalam tanaman ini meliputi tanin, alkaloid, saponin, glikosida dan flavonoid.

Daun ungu juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan organ pencernaan. Senyawa tersebut berperan dalam melunakkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari peradangan pembuluh vena yang menyebabkan penyakit sembelit dan ambeien. Tak sebatas pada organ pencernaan saja, ini beberapa manfaat lain daun handeuleum:

1. Meringankan Gejala Wasir

Daun ungu mengandung ekstrak etanol yang bersifat antiradang dan antinyeri. Cara kerjanya dalam mengatasi peradangan dan rasa nyeri terjadi berkat flavonoid dalam tumbuhan ini.

Sifat antiradang efektif meringankan gejala wasir akibat peradangan pada pembuluh vena di sekitar anus. Kondisi ini ditandai dengan gatal, iritasi, nyeri, kemerahan dan pembengkakan di area anus.

Selain itu, pengidap wasir juga mengalami pertumbuhan benjolan di area luar anus yang terasa nyeri saat disentuh. Terkadang perdarahan keluar dari anus saat buang air besar.

2. Menekan Pertumbuhan Plak Gigi

Tanin dan flavonoid dalam daun ungu efektif mencegah pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans yang jadi pemicu masalah gigi. Dua kandungan itu berperan dalam mencegah terbentuknya asam dari makanan manis.

Saat mengonsumsi makanan manis berlebihan, bakteri memakan gula yang menempel di permukaan gigi dan menghasilkan asam. Penumpukan asam inilah yang menjadi pemicu plak gigi.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Daun ungu mengandung salah senyawa steroid yaitu fitosterol. Senyawa tersebut berperan dalam membantu menurunkan penyerapan kolesterol akibat mengonsumsi makanan berlemak.

Kadar kolesterol tinggi pada tubuh ditandai dengan mudah lelah, rasa nyeri di dada, kesemutan pada tangan dan kaki, pertumbuhan lemak di bawah kulit, sakit pada rahang dan menurunnya hasrat seksual.

4. Mengatasi Bisul

Sifat antiradang yang terkandung dalam daun handeuleum berperan dalam mengobati bisul. Caranya dengan menumbuk daun sampai halus, lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena bisul.

Bisul bukan hanya memicu rasa nyeri dan tidak nyaman saja. Gangguan kesehatan kulit ini juga menyebabkan benjolan tampak merah, berisi nanah dan terasa hangat saat disentuh.

Cara Tepat Mengonsumsi Daun Handeuleum

Manfaatnya bisa dirasakan oleh tubuh jika kamu rutin mengonsumsi air rebusan daun ungu setiap pagi dan sore. Pertama-tama, rebus 3 gelas air dan 7 lembar daun. Diamkan rebusan hingga tersisa 2 gelas air. Kemudian saring dan minum selagi hangat.

Menggunakan daun ungu untuk mengatasi gangguan kesehatan perlu dilakukan dengan hati-hati. Sebab, ini dapat menimbulkan efek samping setelah penggunaan. Antara lain gangguan pencernaan, sakit kepala, demam, kemerahan pada kulit, dan penurunan nafsu makan.

Penggunaannya pada pengidap alergi juga perlu diwaspadai. Sebab, ini berisiko menimbulkan gejala alergi berupa ruam merah, gatal pada kulit, bersin, batuk, sesak napas, mata merah, sakit perut dan muntah.

Disarankan untuk segera buat janji rumah sakit saat menemui beberapa keluhan yang disebutkan untuk meminimalisir komplikasi. Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Wasir. Diakses pada 2022. Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Ungu (Graptophylum pictum Griff) terhadap Penyembuhan Hemoroid.
Mayo Clinic . diakses pada 2022. Diseases and Conditions. Hemorrhoids.
News Medical Life Science. Diakses pada 2022. Pregnancy and Oxytocin.