Ketahui 4 Siklus Menstruasi pada Anjing Betina

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   01 Maret 2021
Ketahui 4 Siklus Menstruasi pada Anjing Betina Ketahui 4 Siklus Menstruasi pada Anjing Betina

Halodoc, Jakarta - Jika kamu baru pertama kali memelihara anjing betina, maka ketahuilah bahwa ia akan mengalami menstruasi. Hanya saja, periode menstruasi anjing betina berbeda dengan manusia. Anjing betina akan mengalami menstruasi pertama setelah mencapai pubertas. 

Umumnya, anjing mencapai pubertas pada usia enam bulan, tapi ini bisa saja bervariasi pada setiap anjing. Sebagian besar anjing mengalami menstruasi pertama tidak teratur, tapi siklusnya cenderung normal dalam dua tahun pertama. Lantas, seperti apa tanda-tanda menstruasi pada anjing betina?

Baca juga: Ini Alasan Hewan Kesayangan Harus Divaksin

Tanda-tanda Menstruasi pada Anjing Betina

Saat anjing betina mulai birahi dan pertama kali menstruasi dapat dilihat dari tanda-tanda fisik dan perilaku. Misalnya, anjing tampak gugup, gelisah, dan sering buang air kecil.

Berikut ini siklus reproduksi pada anjing berdasarkan tanda-tandanya, yaitu:

1.Proestrus

Vulva anjing akan terlihat bengkak atau lebih besar dari biasanya. Kondisi ini biasanya disertai dengan keluarnya leleran darah dari vagina atau terkadang disebut menstruasi. Hal ini biasa muncul pada awal proestrus dan akan semakin berkurang dan berhenti pada fase estrus. Namun, ada juga beberapa anjing betina yang baru mengeluarkan darah banyak saat estrus.

Selain itu, anjing betina juga menunjukkan perubahan perilaku seperti gelisah. Pada tahap ini, dia akan menyelipkan ekornya di antara kaki dan tidak menunjukkan tanda-tanda ingin berkembang biak. Anjing juga akan lebih melekat pada majikannya dan biasanya masih menolak untuk dikawinkan meskipun anjing jantan sudah mulai tertarik dengan anjing betina.

2.Estrus

Tahap ini di mana anjing siap berkembang biak. Leleran yang keluar dari vagina anjing bisa berubah dari darah menjadi cairan bening atau kecokelatan. Anjing biasanya suka menggerakkan ekornya ke samping, dan mulai genit pada anjing jantan.

Ini merupakan tanda bahwa ia sudah subur. Jangan heran, perilaku ini diakibatkan oleh fluktuasi hormonnya. Jika kamu berniat untuk mengembangbiakkan anjing, dokter hewan akan melakukan beberapa pemeriksaan selama tahap ini. Pemeriksaan akan menentukan waktu terbaik untuk berkembang biak. 

Baca juga: Fakta Seputar Hewan Peliharaan dan Virus Corona

Saat anjing betina berahi, tubuhnya mengeluarkan feromon yang bisa dicium anjing jantan dari jarak yang sangat jauh. Anjing jantan akan tertarik padanya dan mungkin memperebutkannya. Anjing betina mulai agresif pada anjing jantan. Jika kamu tidak ingin anjing peliharaan kawin dengan anjing lain saat ia berahi, penting untuk menjauhkan anjing peliharaan dari anjing jantan selama waktu tersebut. 

Perlu diketahui, ada komplikasi yang sangat serius yang bisa terjadi setelah tahap estrus yang disebut pyometra, yaitu infeksi pada rahim. Jadi jika anjing mengeluarkan cairan seperti nanah dari vulvanya, segera hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc kemudian bahwa dia ke dokter hewan. Ini merupakan situasi darurat dan bahkan bisa menyebabkan kematian. 

3.Diestrus

Selama tahap ini, anjing tidak akan tertarik untuk kawin lagi. Keputihan akan hilang dan vulvanya perlahan akan menyusut kembali ke ukuran normal. Namun, anjing betina akan berperilaku seolah-olah dia hamil, tapi sebenarnya tidak.

Jika menurutmu ia hamil, sebaiknya kunjungi dokter hewan saat itu juga untuk memastikan apakah ia memang hamil atau kehamilan palsu. Pemeriksaan perlu dilakukan untuk mengetahui seandainya adanya masalah.

4.Anestrus

Anestrus adalah waktu antara diestrus dan proestrus berikutnya. Tahapan ini akan berlangsung sekitar 4 bulan, meskipun ras tertentu bisa bertahan lebih lama. Saat mengalami kondisi ini, vulva tidak lagi membengkak dan tidak ada leleran. Tubuh menggunakan waktu ini untuk memungkinkan rahim anjing betina mempersiapkan kemungkinan kehamilan berikutnya. 

Perlukah Anjing Menstruasi Memakai Pembalut?

Kamu tentu membayangkan atau mempertanyakan, apakah selama anjing menstruasi darahnya akan berceceran begitu saja, atau perlukan diberikan pembalut? Perlu diketahui, beberapa anjing akan membersihkan dirinya sendiri dengan sangat cermat. Tapi ada juga anjing betina yang lalai. Begitu juga dengan intensitas pendarahan setiap anjing bisa bervariasi. 

Baca juga: Memelihara Hewan, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Ada celana dan diaper menstruasi khusus anjing, yang menampung menstruasi anjing betina. Tentu saja kamu perlu memberi anjing waktu untuk terbiasa dengan hal ini terlebih dulu. Kamu bisa mempersiapkan anjing mengenakan celana dan diaper sebelum menstruasi dimulai. 

Perlu diperhatikan, celana dan diaper menstruasi tidak melindungi anjing betina dari tindakan kawin. Banyak anjing jantan yang sangat kreatif selama periode ledakan hormon ini dan berhasil kawin dengan anjing betina meskipun sedang mengenakan celana dan diaper menstruasi. 

Referensi:
Banfield. Diakses pada 2021. Is my female dog in heat?
Tractive. Diakses pada 2021. Female dog period: What you need to know
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Do Dogs Have Periods?


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan