Ketahui 5 Fakta Diet Mayo untuk Tubuh Sehat dan Ideal

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Juni 2022

“Diet mayo cukup populer dan banyak dijalani untuk menurunkan berat badan. Supaya hasilnya maksimal, penting untuk mengetahui fakta diet mayo. “

Ketahui 5 Fakta Diet Mayo untuk Tubuh Sehat dan IdealKetahui 5 Fakta Diet Mayo untuk Tubuh Sehat dan Ideal

Halodoc, Jakarta – Diet mayo adalah salah satu metode diet yang cukup populer, termasuk di Indonesia. Seperti kebanyakan metode diet lain, diet mayo juga dilakukan dengan menerapkan pola makan tertentu dengan tujuan menurunkan berat badan. Kabar baiknya, jika dilakukan dengan cara yang tepat, jenis diet ini ternyata juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Metode diet ini disusun oleh tim Mayo Clinic yang merupakan hasil dari penelitian dan uji klinis yang ketat. Secara umum, metode diet ini cocok dilakukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan dan mempertahankannya dalam jangka waktu panjang. Supaya lebih jelas, simak ulasan dan fakta diet mayo di artikel berikut ini! 

Kenali Fakta Diet Mayo sebelum Melakukannya 

Seperti dikatakan sebelumnya, metode diet mayo berfokus untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan dalam jangka panjang. Maka dari itu, diet ini tidak hanya mementingkan perubahan pola makan. Diet mayo harus diterapkan bersamaan dengan pola hidup sehat. Tertarik untuk melakukannya? 

Namun sebelum itu, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu fakta diet mayo berikut:

  1. Dibagi 2 Fase 

Dalam menjalani diet mayo, ada 2 fase yang akan dilewati, yaitu Lose it dan Live it! Begini penjelasannya: 

Lose It!

Ini adalah fase awal yang berlangsung dalam 2 minggu. Pada fase ini, fokus diet adalah mengurangi berat badan. Kebiasaan-kebiasaan tidak sehat harus diganti dengan pola hidup sehat, misalnya mengganti kebiasaan makan berlemak dengan konsumsi buah dan sayur. Selain itu, kamu juga harus melakukan aktivitas fisik atau berolahraga untuk membakar kalori tubuh. 

Live It! 

Setelah 2 minggu dan setelah ada penurunan berat badan, fase selanjutnya adalah Live It. Setelah melewati masa penurunan berat badan selama 2 minggu, selanjutnya harus lebih aktif berolahraga dan mengatur pola makan. Mulai untuk konsisten menerapkan ukuran porsi makan, merencanakan diet, dan mengonsumsi makanan sehat. Pada fase ini, penurunan badan akan terjadi secara stabil dan terus menerus, selama pola hidu sehat dijalani dengan benar.

  1. Aturan Pembatasan Kalori 

Untuk mendapatkan penurunan berat badan, perlu dilakukan pembatasan kalori. Dalam diet mayo, disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur, baru kemudian diikuti dengan asupan karbohidrat, daging dan produk susu, serta lemak. Uniknya, aturan jumlah kalori setiap orang akan berbeda-beda, tergantung pada tujuan diet, jenis kelamin, dan berat badan. 

  1. Pembagian Menu Harian 

Meski sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, bukan berarti kamu boleh dengan sengaja melewatkan waktu makan. Dalam menjalani diet mayo, pastikan untuk tetap sarapan, makan siang, dan makan malam. Namun dengan batasan kalori dan menu diet yang sudah direncanakan. 

  1. Boleh Makan Camilan 

Fakta diet mayo selanjutnya adalah kamu tetap bisa makan camilan selama diet. Namun, camilan yang bisa dikonsumsi adalah buah dan sayur-sayuran yang dikukus, misalnya wortel. 

  1. Tetap Menikmati Makanan 

Kamu tetap harus bisa menikmati makanan, meskipun tengah berdiet. Selama menjalani diet mayo, boleh untuk tetap menikmati beragam jenis makanan, asalkan sesuai dengan jumlah kalori yang sudah direncanakan. 

Itulah 5 fakta diet mayo yang perlu diketahui. Supaya hasilnya maksimal, bicarakan seputar masalah diet dan nutrisi pada ahlinya. Hubungi ahli gizi atau dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah berbicara dengan ahli melalui Video/Voice Call atau Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2022.The Mayo Clinic Diet: A Weight-Loss Program for Life.
Everyday Health. Diakses pada 2022. 5 Weight Loss Secrets From the Mayo Clinic Diet.
Healthline. Diakses pada 2022. The Mayo Clinic Diet Review: Does It Work for Weight Loss?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan