Ketahui 5 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Oktober 2022

“Stres dan kesibukan sehari-hari dapat membuat kamu kehilangan fokus. Untungnya, meditasi bisa membantu kamu mendapatkan kembali fokus dan kesadaran diri.”

Ketahui 5 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan MentalKetahui 5 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta –   Meditasi menjadi bagian penting untuk kesehatan mental karena dapat memberikan perasaan tenang, damai, dan seimbang. Oleh karena itu, meditasi bisa membawa manfaat bagi kesejahteraan emosional dan kesehatan secara keseluruhan. 

Meditasi juga dapat mengatasi stres dengan memfokuskan kembali perhatian pada sesuatu yang menenangkan. Orang yang menjalani meditasi dapat lebih terfokus dan damai secara batin. Nah, informasi lengkap mengenai manfaat meditasi untuk kesehatan mental bisa dibaca di sini!

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental

Manfaat meditasi untuk kesehatan mental sangat banyak, seperti dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Stres dan kesibukan sehari-hari dapat membuat kita kehilangan fokus, dan meditasi bisa mengembalikan fokus dan kesadaran diri.

Nah, berikut ini manfaat meditasi untuk kesehatan mental?

1. Meningkatkan Harga Diri dan Awareness

Meditasi memungkinkan kamu untuk melakukan refleksi diri yang lebih dalam, sehingga membantu menemukan atribut positif tentang diri sendiri. Meditasi juga membantu meningkatkan kesadaran diri sendiri dan empati kepada orang lain. 

Ketika meditasi membangun empati, maka kamu bisa menemukan perspektif baru terkait suatu masalah. Ini akan mengurangi kecemasan sosial yang biasanya timbul ketika sedang diperhadapkan pada suatu situasi.

2. Mengelola Kecemasan dan Depresi

Meditasi membantu melatih pikiran untuk fokus pada situasi sekarang sehingga kamu tidak akan  berfokus pada kecemasan akan peristiwa yang belum terjadi. 

Pada akhirnya, meditasi yang penuh perhatian dapat membantu meredakan kecemasan dan depresi, sehingga dapat menjadi bagian dari rencana perawatan kesehatan mental yang komprehensif.

Terkait dengan manfaatnya meredakan kecemasan, meditasi juga membantu masalah kesulitan tidur, kehilangan nafsu makan, dan suasana hati yang buruk. 

3. Melawan Kecanduan

Meditasi dapat mengubah reseptor otak yang terkait dengan kecanduan obat dan alkohol, sehingga dapat mengurangi keinginan untuk konsumsi zat-zat ini.  Meditasi dapat meningkatkan kesadaran sehingga memungkinkan kamu untuk mengelola dorongan “kecanduan” lebih baik lagi. 

Melatih kesadaran dapat membantu mencegah kekambuhan di masa depan bagi orang-orang dengan gangguan penggunaan zat. Ini karena meditasi bisa menghasilkan efek terapeutik yang membantu mengatur otak saat merasakan kesenangan.

4. Meningkatkan Kesehatan Emosional

Beberapa bentuk meditasi dapat meningkatkan citra diri dan pandangan hidup yang lebih positif.  Meditasi ini bisa membantu mengurangi pikiran negatif dan mengontrol respon berlebih untuk situasi yang negatif.

5. Menjaga Kesehatan Fungsi Memori

Stres dapat menurunkan fungsi memori. Nah, bermeditasi dapat meningkatkan kejernihan berpikir dan menjaga fungsi memori. Meditasi juga membantu mengendalikan stres dan mendukung mereka yang merawat anggota keluarga dengan demensia.

Mengenal Jenis-Jenis Meditasi

Meditasi adalah istilah umum aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan relaksasi. Ada banyak jenis meditasi dan teknik relaksasi yang memiliki komponen meditasi dan semuanya memiliki tujuan sama untuk mencapai kedamaian batin. 

Berikut beberapa jenis meditasi:

1. Meditasi yang Dipandu

Metode meditasi yang dipandu dapat membentuk gambaran mental tentang tempat atau situasi di mana kamu bisa merasa santai dan tenang. Biasanya, meditasi yang dipandu ini akan mengajak kamu ataupun peserta meditasi lain untuk menggunakan indra seperti bau, pemandangan, suara, dan tekstur. 

2. Meditasi dengan Mantra

Pada meditasi ini, kamu akan diam dan mengulangi kata atau kalimat dengan kekuatan penuh dan pikiran fokus. Ini dilakukan untuk memberikan efek menenangkan dan mencegah pikiran terganggu.

3. Qigong

Latihan ini umumnya menggabungkan meditasi, relaksasi, gerakan fisik dan latihan pernapasan untuk mengembalikan dan menjaga keseimbangan. Qi gong juga dikenal sebagai bagian dari pengobatan tradisional China.

4. Tai Chi

Ini adalah bentuk latihan seni bela diri China yang lembut. Dalam tai chi, kamu akan diminta melakukan serangkaian postur atau gerakan mandiri dengan cara yang lambat dan anggun sambil berlatih pernapasan dalam.

5. Yoga

Merupakan jenis latihan dengan melakukan serangkaian postur dan latihan pernapasan terkontrol untuk meningkatkan tubuh yang lebih fleksibel dan pikiran yang tenang. Saat kamu bergerak melalui pose yang membutuhkan keseimbangan dan konsentrasi, kamu didorong untuk fokus pada momen dan pose. 

Dari informasi ini bisa disimpulkan bahwa meditasi memang bermanfaat untuk kesehatan mental. Namun, jika kamu masih punya banyak pertanyaan seputar kesehatan mental, tanyakan langsung ke psikolog lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 12 Science-Based Benefits of Meditation.
World Economic Forum. Diakses pada 2022. Many business leaders meditate. It might be because it can help you make fewer mistakes.
Insider.com. Diakses pada 2022. 7 benefits of meditation, and how it can affect your brain.
EveryDay Health. Diakses pada 2022. How Meditation Can Improve Your Mental Health.
Healthline. Diakses pada 2022. How Meditation Can Improve Your Mental Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan