Ketahui 8 Penyebab Orang Disukai Nyamuk

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Agustus 2022

“Ada banyak hal yang menarik perhatian nyamuk sehingga kamu menjadi target utamanya. Mulai dari bau badan, golongan darah sampai warna baju.”

Ketahui 8 Penyebab Orang Disukai NyamukKetahui 8 Penyebab Orang Disukai Nyamuk

Halodoc, Jakarta – Saat mencari mangsa, nyamuk ternyata perlu memilih-milih targetnya, lho! Pasalnya, ada sebagian orang yang lebih menarik perhatian nyamuk ketimbang yang lainnya. Fenomena ini dikenal sebagai mosquito magnet.

Salah satu faktornya adalah kehamilan. Ibu-ibu hamil lebih diincar hewan ini karena mereka punya suhu tubuh yang lebih tinggi ketimbang orang lain. Bukan hanya itu, ibu hamil juga cenderung mengembuskan karbondioksida lebih banyak dan itu amat menarik perhatian nyamuk.

Penyebab Seseorang Lebih Disukai Nyamuk

1. Bau Badan

Nyamuk lebih tertarik dengan seseorang yang memiliki bau badan tertentu. Alasannya, setiap keringat seseorang dihasilkan oleh mikroba yang berbeda-beda. Nah, mikroba-mikroba ini menghasilkan bahan kimia tertentu yang mampu menarik perhatian hewan ini.

2. Golongan Darah

Sebuah studi menemukan bahwa nyamuk lebih menyukai orang dengan golongan O dibandingkan dengan golongan darah A/B/AB. Nyamuk bisa mengenali golongan darah orang tersebut lewat sinyal kimiawi yang dikeluarkan lewat kulit.

3. Karbon Dioksida

Selain bau badan, karbon dioksida yang diembuskan oleh seseorang juga bisa menjadi daya tarik bagi nyamuk. Pasalnya, hewan mematikan ini punya organ yang disebut maxillary palp yang mampu mendeteksi karbon dioksida dari jarak sekitar 49 meter. 

4. Aktivitas Fisik

Setelah menjalani aktivitas fisik yang berat, suhu tubuh mengalami peningkatan dan memicu penumpukan asam laktat. Kedua faktor tersebut menjadi daya tarik utama nyamuk. Bahkan, nyamuk dapat mencium asam laktat, amoniak, dan zat lain yang luruh bersama keringat hanya dalam jarak dekat.

5. Warna Baju

Jika ada yang bilang warna baju gelap lebih disukai nyamuk, itu benar. Hal ini didukung oleh pernyataan seorang ahli entomologi dari University of Florida, Roberto M Pereira.

Baju berwarna terang tidak begitu disukai karena membuat nyamuk mudah diketahui keberadaannya.

6. Parfum atau Cologne

Selain mengisap darah, nektar dan getah tumbuhan adalah makanan utama nyamuk. Nah, ketika kamu memakai parfum yang wanginya mirip seperti bunga atau tumbuhan yang disukai mereka, tentu kamu akan menjadi target utamanya. 

7. Inang

Ketahui bahwa nyamuk adalah hewan yang cukup pintar. Ia bisa mempelajari dan mengingat inang yang memberinya darah dengan kualitas terbaik. Jika kamu punya aroma dan sensor yang mirip dengan inang tersebut, bukan tidak mungkin mereka akan mengincar kamu. 

8. Alkohol

Sebuah studi tahun 2002 meneliti soal efek konsumsi alkohol dengan daya tarik nyamuk. Hasilnya, orang-orang yang gemar mengonsumsi alkohol ternyata lebih diincar nyamuk ketimbang yang tidak. 

Salah satu penyakit yang bisa disebabkan oleh gigitan nyamuk adalah chikungunya. Gejala chikungunya umumnya ditandai dengan nyeri sendi dan kelelahan.

Nah, apabila Gejala Chikungunya Muncul, Hubungi Dokter Ini sesegera mungkin agar kondisi tersebut dapat ditangani dengan tepat.

Tips Mencegah Gigitan Nyamuk

Bukan cuma bikin gatal, gigitan nyamuk berpotensi menyebarkan penyakit berbahaya, seperti demam berdarah, malaria, demam kuning dan chikungunya. Cegah gigitannya dengan cara-cara di bawah ini:

  • Semprotkan obat nyamuk yang mengandung bahan aktif, seperti DEET, picaridin, dan minyak lemon eucalyptus.
  • Kenakan baju yang menutupi seluruh bagian tubuh, misalnya baju lengan panjang dan celana panjang.
  • Karena hewan ini tertarik pada warna hitam dan gelap, kenakan baju yang berwarna terang.
  • Jangan keluar rumah di waktu-waktu tertentu. Mereka paling aktif saat fajar dan senja, sehingga usahakan tidak keluar di saat-saat tersebut.
  • Basmi habitatnya dengan menyingkirkan genangan air, misalnya di pot, vas atau bak-bak terbuka. Tutup wadah penampungan air dan ganti tempat air minum hewan peliharaan kamu sesering mungkin. 
  • Jangan biarkan pintu dan jendela selalu terbuka agar mereka tidak bisa masuk.

Punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan? Kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc kapanpun kamu butuhkan. Dokter yang ahli dibidangnya akan menjawab pertanyaan kamu dan memberikan solusi yang tepat. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Why Are Mosquitos Attracted to Some People More Than Others?
Prevention. Diakses pada 2022. Here’s Why Mosquitoes Are More Attracted to You, According to Insect Experts.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan