Ketahui 9 Makanan Bernutrisi Tinggi untuk Kura-Kura Brazil

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   04 Maret 2021
Ketahui 9 Makanan Bernutrisi Tinggi untuk Kura-Kura BrazilKetahui 9 Makanan Bernutrisi Tinggi untuk Kura-Kura Brazil

Halodoc, Jakarta - Kura-kura Brazil mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta reptil. Tentu saja karena bentuknya yang kecil dan khas, serta menarik untuk dipelihara. Merawat kura-kura Brazil sebenarnya cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak perawatan khusus. 

Perlu diketahui, kura-kura merupakan hewan yang ramah dan mudah dikembangkan. Itulah sebabnya, banyak orang yang tertarik memeliharanya. Hanya saja, kura-kura Brazil memiliki sifat manja dan suka pilih-pilih makanan. Ia tidak akan memakan semua makanan yang diberikan. Itulah pentingnya memperhatikan makanan kura-kura Brazil agar sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. 

Baca juga: Makanan Terbaik untuk Anjing Berperawakan Kecil

Makanan Bernutrisi Tinggi untuk Kura-Kura Brazil

Ada banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh kura-kura Brazil, mengingat hewan ini termasuk omnivora. Makanan bernutrisi tinggi yang bisa diberikan sebagai variasi makanan di antaranya:

1. Daging

Kamu bisa memberikan potongan daging ayam, sapi, atau ikan untuk kura-kura Brazil. Daging adalah makanan berprotein tinggi yang baik untuk pertumbuhan kura-kura. Berikan daging kukus atau yang sudah direbus. Saat menyajikannya, potong daging dalam ukuran yang lebih kecil. Tujuannya untuk mempermudah kura-kura memasukkan daging ke mulutnya. 

Hindari daging yang mengandung terlalu banyak lemak karena kura-kura akan kesulitan mencerna lemak dan dapat mengganggu keseimbangan nutrisi. Kombinasikan dengan makanan lainnya yang memiliki kalsium cukup tinggi. 

2. Telur

Hindari memberikan telur mentah pada kura-kura. Sebaiknya telur direbus terlebih dulu, kemudian sajikan dalam potongan kecil. Telur mengandung protein yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan kura-kura. 

3. Pelet

Pelet adalah makanan olahan yang mudah didapatkan. Kamu bisa memberikan pelet sebagai variasi makanan untuk kura-kura. Makanan ini biasanya sudah diperkaya vitamin dan mineral sehingga bagus untuk pertumbuhannya. Saat memberikan pelet, sebaiknya ikuti petunjuk dalam kemasan. Hindari memberikan terlalu banyak sehingga tidak dimakan dan dihinggapi bakteri dan virus. 

4. Buah dan Sayuran

Selain protein, kura-kura Brazil juga membutuhkan asupan vitamin dan serat dari buah dan sayuran. Buah yang bisa diberikan yaitu pisang, pepaya, apel, dan tomat. Sedangkan sayuran yang bisa dipilih, yaitu sayur bayam, sawi, wortel, selada, atau makanan hijau lainnya. 

Baca juga: Cara Memilih Makanan Anjing dengan Pencernaan Sensitif

5. Serangga dan Cacing

Kura-kura Brazil juga bisa mengonsumsi serangga seperti jangkrik. Serangga dan cacing menjadi jenis yang cukup menyehatkan karena kandungan protein yang tinggi. Kamu bisa memberikan selingan makanan dengan beberapa ekor jangkrik dan cacing. 

6. Tulang Sotong

Tulang sotong mudah ditemukan di toko peternakan. Jenis makanan ini mengandung kalsium tinggi yang berguna untuk pertumbuhan tulang kura-kura Brazil.

7. Tanaman Air

Kura-kura Brazil juga menyukai tanaman air atau tanaman hias. Selain sebagai penghias taman, tanaman air bisa digunakan sebagai makanan kura-kura. Di sisi lain, tanaman hari juga bermanfaat sebagai penghasil oksigen di dalam kolam.

8. Udang

Dengan mengonsumsi udang, maka akan membantu menjadikan tempurung kura-kura berwarna cerah. Hanya saja mengonsumsi potongan udang tidak terlalu baik jika diberikan setiap hari. Cukup berikan sekali dalam seminggu. 

Baca juga: Begini Cara Menentukan Makanan yang Baik untuk Anjing

9. Ikan

Ikan kecil adalah makanan yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan kura-kura. Kandungan proteinnya cukup tinggi serta bisa memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya.

Itulah makanan bernutrisi tinggi yang bisa diberikan pada kura-kura Brazil. Jika kura-kura kesayangan kamu mengalami masalah kesehatan, segera hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa beli obat resep dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Star Farm International. Diakses pada 2021. 9 Makanan Kura-kura Brazil sebagai Variasi Makanan yang Mudah Didapat


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan