Ketahui Bahaya Berhubungan Intim saat Ambeien

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Agustus 2021
Ketahui Bahaya Berhubungan Intim saat AmbeienKetahui Bahaya Berhubungan Intim saat Ambeien

Ambeien bisa menimbulkan risiko saat berhubungan intim. Penekanan pada vagina saat penetrasi bisa memicu ketegangan pada ambeien. Ketegangan ini bisa membuat rasa ketidaknyamanan. Selain itu, berhubungan intim saat ambeien juga dapat memicu terjadinya disfungsi ereksi pada laki-laki. “

Halodoc, Jakarta –  Ambeien adalah kondisi pembengkakan pembuluh darah di area anus yang dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Ambeien terjadi karena ketegangan pada anus dan rektum. 

Ketegangan ini disebabkan beberapa hal mulai dari mengejan terlalu keras saat buang air besar atau BAB, berlama-lama di toilet saat BAB, sering menahan BAB, dan mengangkat barang berat. Pola makan yang kurang serat juga dapat menjadi penyebab ambeien. Ambeien tidak hanya menimbulkan rasa sakit, tetapi juga berisiko saat berhubungan intim. Selengkapnya baca di sini!

Penetrasi Bisa Menimbulkan Penekanan pada Ambeien

Ambeien tidak hanya menghambat aktivitas umum tetapi juga kegiatan menyenangkan seperti berhubungan intim alias seks. Jika kamu melakukan anal seks, ambeien bisa menjadi kondisi yang menimbulkan rasa sakit. 

Penetrasi bisa membuat gesekan pada pembuluh darah di area rektum sehingga menyebabkan rasa nyeri, perdarahan, dan bahkan membuat kondisi ambeien semakin parah. Lantas, bagaimana dengan penetrasi vagina?

Baca juga: Prosedur Medis untuk Mengatasi Ambeien

Berhubungan intim melalui vagina juga bisa memicu risiko tersendiri. Jika penetrasi dilakukan terlalu keras, ada kemungkinan penetrasi tersebut membuat ambeien semakin menegang. Sama halnya seperti tekanan pada penetrasi, penetrasi berulang juga bisa memberikan ketegangan yang sama. 

Jadi, cara aman untuk memberikan kenyamanan saat berhubungan intim buat pengidap ambeien adalah dengan mencari posisi seks yang aman dan nyaman. Jangan melakukan anal seks saat ambeien sedang kambuh. Pastikan foreplay sudah maksimal sehingga lubrikasi vagina lebih maksimal dan siap menerima penetrasi. 

Selain penetrasi, kamu bisa mencoba fingering atau oral seks sebagai alternatif berhubungan intim. Ini yang dilakukan jika pasangan yang mengidap ambeien adalah perempuan. Bagaimana jika pasangan yang mengalami ambeien laki-laki, adakah risiko dan bahayanya?

Melansir dari News Medical Life Sciences, disebutkan bahwa laki-laki berusia di bawah 40 tahun besar kemungkinan mengalami disfungsi ereksi jika mereka mengidap ambeien.  Hal ini karena pembengkakan pembuluh darah di sekitar perineum bisa mengakibatkan iritasi lokal dan gangguan ereksi. 

Disfungsi ereksi dapat menghambat aktivitas berhubungan intim. Informasi selengkapnya mengenai bahaya ataupun risiko berhubungan intim saat ambeien bisa kamu tanyakan langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc!

Baca juga: 5 Kebiasaan untuk Mencegah Wasir

Menjaga Kebersihan Ambeien Sebelum dan Sesudah Berhubungan Intim

Tadi sudah disinggung kalau aktivitas seksual yang terlalu bersemangat dapat memicu pembengkakan pada pembuluh darah di anus. Selain berhati-hati, kamu juga perlu ekstra menjaga kebersihan pada area ambeien.

Terkadang cairan lubrikasi yang mengalir dan mengenai ambeien bisa memicu iritasi. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan area belakang sebelum dan sesudah melakukan hubungan intim. 

Baca juga: Berhubungan Intim yang Ideal Itu Berapa Kali Seminggu Sih?

Terkadang saat berhubungan intim, eksplorasi dan hal-hal lain bisa dilakukan ketika foreplay. Jangan sembarang menyentuh ambeien. Bila perlu hindari area belakang supaya tidak terjadi iritasi. 

Aktivitas seks tidak selamanya menjadi keharusan kalau kamu dan pasangan tidak nyaman karena kondisi pembengkakan tersebut. Namun terkadang, bila dilakukan secara tepat justru hubungan intim bisa membantu meringankan sakit ataupun nyeri ambeien.

Berhubungan seks bisa memproduksi hormon endorfin dan oksitosin yang memicu kebahagiaan dan rasa nyaman. Ini terutama bila kamu dan pasangan mengalami orgasme. Orgasme bisa meredakan rasa sakit fisik dan membangkitkan mood positif. 

Nah, kalau ini yang terjadi berhubungan intim bisa menjadi pereda nyeri ambeien yang kamu rasakan. Namun, jangan memaksakan diri, ya! Apalagi kalau misalnya bengkak ambeien sangat mengganggu atau kamu baru saja menjalani operasi pengangkatan ambeien. 

Jika kamu mengalami ambeien dan butuh informasi mengenai penanganan yang tepat, bisa kontak dokter melalui aplikasi Halodoc untuk tahu rekomendasi kesehatannya. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Prevention.com. Diakses pada 2021. 6 Things Every Woman Needs to Know About Hemorrhoids, According to a Doctor
Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the risks of anal sex?
Bustle.com. Diakses pada 2021. I Have A Hemorrhoid. Can I Still Have Sex?
News Medical Life Sciences. Diakses pada 2021. Hemorrhoids may cause erectile dysfunction

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan