Ketahui Cara Menyikapi Perlakuan Body Shaming

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Juli 2023

“Body shaming adalah tindakan buruk yang dilakukan dengan mengejek fisik orang lain. Dampaknya bisa fatal dan berpengaruh pada kondisi mental korban. Ini dapat disikapi dengan tidak menanggapinya.”

Ketahui Cara Menyikapi Perlakuan Body ShamingKetahui Cara Menyikapi Perlakuan Body Shaming

Halodoc, Jakarta – Body shaming adalah istilah yang muncul saat menghina fisik orang lain. Komentar berupa bentuk tubuh, rambut, hingga warna kulit kerap dilontarkan. Tindakan ini mirip dengan bullying secara verbal. 

Orang cenderung melakukan body shaming dengan alasan ingin mengundang tawa atau hanya sekadar iseng. Namun, dampaknya bisa saja memengaruhi mental korban, bahkan dapat berujung tidak percaya diri. 

Kita memang tidak dapat mengatur perkataan yang keluar dari mulut orang lain. Namun, kamu bisa menanggapi perlakukan body shaming dengan cara yang bijak dan tidak ikut terpancing emosi.

Cara Tepat Menanggapi Body Shaming

Tidak semua orang menanggapi body shaming sebagai kritikan yang membangun, lho. Beberapa di antara mereka bahkan sakit hati mendengar perkataan tidak mengenakkan dari lawan bicara.

Body shaming bukan hanya mempermalukan korban saja, tapi juga bisa memengharuhi kesehatan mentalnya. Ini bisa terjadi ketika korban memendam rasa sakit hati akibat makian yang dilontarkan berulang.

Body shamer, si pelaku body shaming cenderung tidak menyadari perilakunya sehingga enggan mengucap kata maaf. Di sinilah kamu harus menanggapinya secara bijak. Jangan ikut terpancing emosi, ya!

Kamu bisa menyikapi lontaran ejekan fisik dengan langkah berikut ini:

1. Mengabaikan Perkataan Si Body Shamer

Masuk telinga kanan, keluar telinga kiri. Abaikan saja, jangan ditanggapi! Kamu tidak perlu membalas perkataan kotor yang keluar dari mulut lawan bicaramu.

Gunakan waktu sebaik mungkin untuk berpikir positif. Anggap saja perkataan tersebut sebagai bentuk kecemburuan karena body shamer tidak memiliki apa yang kamu punya.

Dengan mengabaikannya, dijamin hidupmu jadi lebih tenang dan semakin bahagia. Berpikir positif tidak ada ruginya, kok

2. Tanggapi dengan Senyum dan Tunjukkan Belas Kasih

Cara ini memang sulit dilakukan, apalagi jika sudah sakit hati. Terjebak dalam situasi negatif dari perkataan orang lain memang sangat mudah.

Jika marah dan membalas perkataan si body shamer, ini berarti kamu menyetujui apa yang dikatakan. Sebaiknya, lawan rasa kesal dengan senyuman.

Senyuman menunjukkan belas kasih kepada mereka. Merespon dengan senyum akan membuat mereka berpikir dua kali untuk mengulanginya.

Ingatlah bahwa hidup terlalu singkat untuk memelihara rasa benci. Ada banyak ruang di hati untuk membagi kebaikan, meski dengan orang yang sudah menyakiti.

3. Ingat Bahwa Ini Bukan Kesalahanmu

Kamu tidak bisa mengatur perkataan yang keluar dari mulut orang lain. Namun, kamu bisa mengatur respon saat ingin menanggapinya.

Jika sudah tersulut emosi, tarik napas dalam lalu buang napas. Ingat bahwa ini bukan kesalahanmu. Bentuk fisik yang Tuhan berikan sudah sempurna untuk dirimu.

Kamu menarik di mata orang yang tepat. Jadi, jangan terpengaruh dengan omongan orang lain, ya!

4. Ciptakan Inner Support

Dukungan dari diri sendiri dapat kamu lakukan dengan mengucapkan kata-kata penguat di depan kaca. Lakukan setiap hari saat bangun tidur.

Ucapkan jika ‘aku cantik’, ‘aku hebat’, ‘aku kuat sudah bertahan sejauh ini’ dan ‘aku bisa terus menjadi manusia yang lebih baik’. Kata-kata semacam ini dapat meningkatkan harga diri dan rasa percaya diri.

Dengan begitu, kamu tidak akan menanggapi perlakuan body shaming dari orang lain terhadap kondisi fisikmu.

Body shaming adalah hal kejam dan tidak perlu dilakukan pada orang lain. Ini adalah bentuk intimidasi secara langsung. 

Bukan hanya mempermalukan. Ini bahkan dapat menyebabkan depresi dan gangguan makan pada korban. 

Jika langkah tersebut tidak ampuh untuk menenangkan batin akibat body shaming yang kerap terjadi, diskusikan hal ini dengan psikolog atau psikiater, ya! Jangan dipendam saja, karena emosi negatif butuh disalurkan.

Jangan terlalu dalam menyimpan emosi negatif, karena ini dapat memperburuk keadaan. Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

chat dengan psikolog jika stres karena body shaming

Referensi:

Psychology Today. Diakses pada 2022. How to Overcome Body Shame.
Health Shots. Diakses pada 2022. A victim of body shaming? Here are 3 ways to deal with haters.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan