Ketahui Cara Tepat Menangani Cedera Hamstring

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Oktober 2022

“Cedera hamstring dapat menimbulkan ketegangan dan nyeri yang menjalar di bagian belakang paha. Untuk menanganinya, kaki perlu diistirahatkan terlebih dahulu.”

Ketahui Cara Tepat Menangani Cedera HamstringKetahui Cara Tepat Menangani Cedera Hamstring

Halodoc, Jakarta – Jelang Piala Dunia, para pemain sepak bola kudu menjaga kesehatan fisiknya. Jika tidak, cedera bisa menjadi taruhannya. Cedera hamstring adalah salah satu kondisi yang rentan menyasar pemain sepak bola. 

Hamstring merupakan kumpulan tiga otot yang membentang pada paha bagian belakang. Otot ini memungkinkan kaki untuk menekuk dan meregang. Saat mengalami cedera, otot akan terasa tegang dan nyeri yang menjalar ke bagian belakang paha. 

Cara Tepat Menangani Cedera Hamstring

Gejala hamstring diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu tegang, robek sebagian dan robek seluruhnya. Masing-masing perlu penanganan yang berbeda. Cedera minor atau tegang biasanya sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. 

Selain itu, beri jeda waktu agar hamstring bisa kembali pulih seperti sedia kala. Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan, yaitu:

1. Istirahatkan kaki

Selama masa pemulihan, kamu tidak disarankan untuk melakukan aktivitas yang menitikberatkan pada kaki. Jika kesulitan berjalan, kamu perlu menggunakan kruk untuk membantu berdiri dan berjalan.

2. Kompres kaki dengan es batu

Perawatan ini membantu mengurangi bengkak dan rasa sakit. Kompres es selama 20 hingga 30 menit setiap tiga sampai empat jam sekali. Lakukan secara rutin selama dua sampai tiga hari hingga rasa sakitnya hilang.

3. Balut dengan perban

Gunakan perban dengan bahan elastis di sekitar kaki yang membengkak. Tujuannya untuk melindungi kaki dari benturan.

4. Posisikan kaki lebih tinggi daripada kepala

Gunakan tumpukan bantal sebagai penyangga untuk membuat kaki lebih tinggi saat  duduk maupun berbaring. Posisi ini mencegah penumpukan cairan berlebih di tubuh bagian bawah.

5. Minum obat pereda nyeri

Obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen atau naproxen membantu mengatasi rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. Namun, hanya gunakan obat ini dalam jangka pendek. Hentikan pemakaiannya bila rasa sakit telah mereda.

6. Lakukan terapi

Setelah nyeri awal dan pembengkakan cedera hamstring yang mulai mereda, kamu mungkin membutuhkan terapi atau latihan khusus. Tujuannya untuk membuat otot hamstring kembali fleksibel sekaligus menguatkannya kembali.

Apabila kamu mengalami robekan pada otot hamstring, satu-satunya cara untuk menanganinya adalah operasi. Dokter dapat menghubungkan otot kembali ke panggul dan tulang kering. Otot yang mengalami robekan parah juga bisa diperbaiki. 

Berbagai Penyebab Cedera Hamstring

Ketika hamstring mengalami cedera, Kelebihan beban di salah satu otot hamstring merupakan penyebab utama cedera. Pemicunya beragam, umumnya aktivitas-aktivitas yang melibatkan gerakan berlari dan melompat. Gerakan tersebut umumnya dilakukan saat berolahraga.

Risiko semakin meningkat jika kamu tidak pemanasan terlebih dahulu sebelum mulai berolahraga. Maka dari itu, selalu lakukan pemanasan sebelum berolahraga. Seseorang yang berolahraga secara berlebihan juga lebih berisiko mengalami cedera hamstring

Bagi seseorang yang punya riwayat cedera hamstring, mereka punya risiko yang lebih tinggi untuk mengalaminya kembali. Jika kamu mengalami tanda-tanda cedera hamstring, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. 

Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Hamstring injury.
National Health Services. Diakses pada 2022. Hamstring injury.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Hamstring Injury.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan