Ketahui Frekuensi Ideal Donor Darah dalam Setahun

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Juni 2022

“Donor darah bisa menghilangkan sejumlah besar zat besi, sehingga berisiko menyebabkan masalah kesehatan bila dilakukan terlalu sering. Selain itu, frekuensi donor darah yang boleh dilakukan selama satu tahun juga berbeda tergantung jenis kelamin.”

Ketahui Frekuensi Ideal Donor Darah dalam SetahunKetahui Frekuensi Ideal Donor Darah dalam Setahun

Halodoc, Jakarta – Demi tetap menjaga kesehatan tubuh sekaligus membantu sesama manusia, kamu dianjurkan untuk mendonorkan darah. Melalui donor darah, kamu mengizinkan tubuh untuk melakukan regenerasi sel darah merah yang baru.

Kamu juga bisa menyelamatkan satu atau lebih nyawa orang lain yang kekurangan darah karena berbagai kondisi medis. Namun, meski menyehatkan, aktivitas sosial ini tidak boleh terlalu sering dilakukan. Donor darah yang terlalu sering dilakukan justru bisa berdampak buruk pada kesehatan kamu.

Lantas, berapa kali donor darah boleh dilakukan dalam setahun dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya? Simak penjelasannya di sini.

Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Donor Darah?

Untuk memahami mengapa donor darah tidak boleh sering dilakukan, pertama-tama kamu perlu tahu dulu apa dampak aktivitas tersebut pada tubuh kamu. Ketika kamu mendonorkan sebagian darahmu, ada sejumlah besar zat besi yang turut hilang. Supaya kebutuhannya tetap seimbang, sisa zat besi yang ada di tubuh disebar merata ke seluruh tubuh.

Lalu, untuk mengembalikan jumlahnya sehingga kembali pada batas normal, kamu biasanya diberi makanan dan minuman yang membantu meningkatkan kembali kadar zat besi dalam tubuh. 

Dibandingkan dengan wanita, pria cenderung memiliki kebutuhan zat besi yang lebih tinggi. Jika kebutuhannya tidak terpenuhi, tubuh turut kekurangan hemoglobin, sehingga memicu terjadinya anemia defisiensi zat besi.

Berapa Kali Boleh Donor Darah dalam Setahun?

Lalu, berapa kali boleh donor darah dalam setahun? Tentu saja, karena kebutuhannya berbeda, maka jumlah maksimal donor yang dianjurkan untuk pria dan wanita juga berbeda. 

Untuk pria, boleh donor darah setiap 12 minggu atau tiga bulan sekali. Sedangkan untuk wanita, waktu donor darah dalam setahun adalah setiap 16 minggu atau empat bulan sekali. Kamu boleh melakukan aktivitas sosial ini dalam setahun maksimal sebanyak lima kali dalam rentang waktu dua tahun. Sementara waktu yang tepat untuk donor darah adalah delapan minggu setelah donor darah terakhir. 

Namun, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mendonorkan darahnya sesuai dengan waktu yang disarankan. Ini artinya, kamu harus bertanya lebih lanjut pada dokter kapan waktu yang tepat untuk donor darah dan berapa kali kamu boleh melakukannya dalam setahun.

Nah, sekarang berdiskusi dengan dokter sudah lebih mudah dengan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa tanya dokter mengenai apa saja seputar kesehatan kapan saja dan di mana saja.

Tidak Semua Orang Bisa Menjadi Pendonor

Meski disarankan, ternyata tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya, biasanya ini terjadi karena kondisi medis tertentu. Syarat kamu bisa mendonorkan darah adalah memiliki berat badan minimal 45 kilogram, berusia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun. Selanjutnya, kamu bisa datang ke PMI untuk mendapatkan pemeriksaan tekanan darah dan riwayat medis. 

Kalau kamu punya riwayat penyakit jantung, penyakit paru, diabetes, kanker, infeksi yang sedang diobati dengan antibiotik, dan tekanan darah tinggi maupun rendah, kamu tidak disarankan untuk mendonorkan darah.

Beberapa kondisi medis lainnya yang membuat seseorang tidak bisa mendonorkan darahnya adalah epilepsi atau kejang, mengidap atau memiliki riwayat hepatitis B dan C, ketergantungan obat terlarang, sedang hamil, berisiko terinfeksi AIDS, mengidap sifilis, dan cenderung mengalami perdarahan abnormal.

Tips Aman Donor Darah

Donor darah aman dilakukan. Bagi kamu yang bertubuh sehat, kamu bisa menyumbangkan satu liter darah tanpa memengaruhi kesehatan. Dalam beberapa hari setelah donor darah, tubuh akan mengganti cairan yang hilang. Selain itu, setelah dua minggu, sel darah merah kamu akan kembali seperti semula. 

Meski begitu, donor darah juga bisa menimbulkan efek samping pada beberapa orang. Efek samping yang bisa terjadi, antara lain pusing, perdarahan dan memar di tempat suntikkan. Oleh karena itu, agar tetap aman, kamu dianjurkan untuk melakukan hal-hal berikut setelah donor darah:

  • Minum lebih banyak air.
  • Sebaiknya jangan melakukan aktivitas fisik yang berat atau mengangkat barang berat dulu selama sekitar 5 jam setelah donor darah.
  • Bila kamu merasa pusing, berbaring lah dengan diangkat ke atas sampai gejala tersebut hilang.
  • Tetap gunakan perban dan jaga agar tetap kering selama lima jam.
  • Bila kamu mengalami perdarahan setelah melepas perban, tekan area tersebut dan angkat lengan sampai perdarahan berhenti.
  • Bila area suntikan memar, aplikasikan kompres dingin ke area tersebut secara berkala selama 24 jam pertama.
  • Konsumsi makanan yang kaya zat besi untuk menggantikan zat besi yang hilang pasca donor darah.

Untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap, jangan lupa download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi: 
Ayo Donor – PMI. Diakses pada 2022. Apa dan Bagaimana Donor Darah Itu?
Give Blood. Diakses pada 2022. How Your Body Replaces Blood.
Give Blood. Diakses pada 2022. Who Can Give Blood.
Healthline. Diakses pada 2022. How Often Can You Donate Blood?
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Blood donation.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan