Ketahui Heimlich Maneuver sebagai Pertolongan Pertama saat Tersedak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Agustus 2022

“Heimlich maneuver dikenal sebagai dorongan perut karena melibatkan dorongan ke daerah perut. Ini adalah metode penyelamatan hidup yang cepat, tetapi hanya boleh digunakan pada orang yang masih dalam kondisi sadar tapi tidak dapat bernapas sendiri.”

Ketahui Heimlich Maneuver sebagai Pertolongan Pertama saat TersedakKetahui Heimlich Maneuver sebagai Pertolongan Pertama saat Tersedak

Halodoc, Jakarta – Heimlich maneuver adalah metode pertolongan pertama ketika seseorang mengalami tersedak. Metode pertolongan pertama ini bisa digunakan untuk segala kalangan usia, tetapi tidak dianjurkan dilakukan ke bayi

Heimlich maneuver dikenal sebagai dorongan perut karena melibatkan dorongan ke daerah perut. Ini adalah metode penyelamatan hidup yang cepat, tetapi hanya boleh digunakan pada orang yang masih dalam kondisi sadar tapi tidak dapat bernapas sendiri. 

Heimlich Maneuver, Teknik Mendorong Perut untuk Pertolongan saat Tersedak

Tadi sudah disinggung kalau heimlich maneuver adalah metode pertolongan pertama untuk tersedak. Tersedak adalah ketika seseorang tidak dapat bernapas karena makanan, mainan, atau benda asing lainnya menghalangi tenggorokan atau tenggorokan (trakea). 

Heimlich maneuver dapat digunakan dengan cara yang berbeda pada orang dewasa dan anak-anak. Metode ini hanya bisa digunakan pada orang yang masih dalam kondisi sadar tapi tidak bisa berbicara, bernapas, atau batuk. 

Tanda-tanda seseorang mengalami tersedak adalah pernapasan tidak lancar, terengah-engah, atau mencengkeram tenggorokan. Jika seseorang dapat berbicara, batuk atau bernapas, jangan mencoba melakukan heimlich maneuver. Dorong orang tersebut untuk terus batuk. Terkadang batuk yang kuat dapat membebaskan benda asing tersebut. Heimlich maneuver hanya bisa dilakukan jika seseorang sedang dalam kondisi bahaya yang mengancam jiwa. 

Cara Melakukan Heimlich Manuver

Ada beberapa tahapan melakukan heimlich maneuver, yaitu:

1. Berdiri di belakang orang tersebut, dan lingkarkan kedua lengan di sekitar perut  orang yang tersedak tersebut. 

2. Kepalkan satu tanganmu lalu pegang tangan yang terkepal itu dengan tangan lainnya. 3. Tempatkan sisi ibu jari kepalan tangan tepat di bawah tulang rusuk dan sekitar lima sentimeter di atas pusar .

3. Dengan tajam dan cepat dorong tangan ke dalam dan ke atas sebanyak lima kali.

4. Ulangi proses ini sampai benda yang tersangkut terlepas.

5. Jika orang yang tersedak menjadi tidak sadar, mulailah melakukan CPR.

Adapun cara melakukan CPR adalah sebagai berikut:

1. Baringkan orang tersebut telentang, pada permukaan yang rata.

2. Berlututlah di sisi orang yang tidak sadar dan letakkan tangan di tengah dadanya, dengan posisi telapak tangan ke bawah.

3. Letakkan tangan yang bebas di atas tangan lainnya. Condongkan tubuh ke depan dengan bahu dan tekan ke bawah dengan cepat, 100 kali per menit. Ini disebut kompresi dada.

4. Ulangi proses ini sampai orang tersebut mulai bernapas lagi atau bantuan medis tiba.

Heimlich maneuver dianggap sebagai metode yang aman dan cepat untuk menyelamatkan nyawa. Kamu tidak perlu memiliki pengetahuan atau pelatihan medis untuk melakukan manuver ini. 

Namun, jika heimlich maneuver tidak dilakukan dengan benar, kerusakan perut yang serius dapat terjadi. Jika benda asing tidak dikeluarkan setelah beberapa dorongan pertama, masalah lain dapat terjadi. Komplikasi yang paling umum dari heimlich maneuver adalah patah tulang rusuk dan lubang di saluran pencernaan. Komplikasi perut langka lainnya dapat terjadi, tetapi dalam situasi hidup atau mati, melakukan manuver heimlich masih dianjurkan.

Tersedak bisa terjadi pada siapa saja, tetapi anak-anak memang lebih rentan mengalami tersedak.  Menyikapi hal tersebut, ada baiknya orang tua lebih waspada dan melakukan beberapa tindakan pencegahan seperti: 

1. Jauhkan benda-benda kecil dan bahaya lainnya dari jangkauan anak.

2. Potong makanan anak menjadi potongan-potongan kecil.

3. Berhati-hatilah dengan makanan berbentuk bulat seperti hot dog, kacang-kacangan, dan anggur.

4. Jangan biarkan anak mengudap permen keras.

5. Awasi anak saat makan dan bermain.

Informasi selengkapnya mengenai heimlich maneuver ataupun metode pertolongan pertama lainnya bisa kamu tanyakan lewat aplikasi Halodoc. Yuk, segera buat janji pemeriksaan kesehatan lewat Halodoc bila kamu punya masalah kesehatan tertentu!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Heimlich Maneuver.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Choking: First aid.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Heimlich Maneuver.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan