• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Jenis Anxiety yang Bisa Dialami oleh Anak

Ketahui Jenis Anxiety yang Bisa Dialami oleh Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya orang dewasa saja, anak-anak pun bisa mengalami anxiety. Biasanya rasa cemas dialami oleh anak ketika hari pertama sekolah, berada di penitipan anak, atau pindah ke area baru. 

Untuk beberapa anak, kecemasan ini tidak begitu memengaruhi aktivitasnya. Namun, bagi anak yang lain, kondisi ini bisa memengaruhi perilaku dan pikiran mereka setiap hari, mengganggu aktivitas di sekolah, rumah, dan kehidupan sosialnya. Simak selengkapnya mengenai anxiety pada anak di sini!

Baca juga: Kecemasan Anak Diwarisi Orangtua, Kok Bisa?

Bagaimana Orangtua Tahu Anak Mengalami Anxiety?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, anak pun bisa mengalami kecemasan dan ini adalah sesuatu yang wajar terjadi. Meski begitu, orangtua perlu mewaspadai tanda-tanda berikut yang menunjukkan anxiety:

1. Merasa sulit berkonsentrasi.

2. Tidak tidur, atau bangun di malam hari dengan mimpi buruk.

3. Tidak makan dengan benar.

4. Cepat marah atau mudah tersinggung, dan lepas kendali saat marah

5. Terus-menerus khawatir atau memiliki pikiran negatif.

6. Merasa tegang dan gelisah, atau sering menggunakan toilet.

7. Selalu menangis.

8. Menjadi lengket dengan orangtua.

9. mengeluh sakit perut dan merasa tidak enak badan.

Beberapa Jenis Anxiety yang Bisa Menyerang Anak

Kecemasan yang dialami anak kecil cenderung pada rasa cemas ketika sedang tidak bersama orangtuanya, sedangkan kecemasan pada anak remaja cenderung pada kecemasan sosial. Pada dasarnya, ada banyak jenis anxiety yang bisa jadi dialami oleh anak. Beberapa jenis ini paling sering dialami oleh anak, seperti: 

Baca juga: Tipe Tantrum yang Bisa Terjadi pada Anak

1. Kecemasan akan Perpisahan

Ketika anak-anak khawatir akan dipisahkan dari pengasuhnya. Anak-anak ini dapat mengalami kesulitan ditinggal di sekolah dan bisa menjadi cemas sepanjang hari.

2. Kecemasan Sosial

Ketika merasa sulit untuk berpartisipasi dalam kelas dan bersosialisasi dengan teman sebayanya.

3. Mutisme Selektif

Hal ini terjadi ketika anak-anak mengalami kesulitan berbicara di beberapa tempat, seperti di sekolah di sekitar guru.

4. Kecemasan Umum

Ketika anak-anak mengkhawatirkan berbagai hal yang bisa terjadi di sehari-hari. Anak-anak dengan kecemasan umum sering merasa khawatir, terutama tentang kinerja sekolah dan upaya untuk bisa mengerjakan segala sesuatunya dengan sempurna.

5. Gangguan Obsesif Kompulsif (OCD)

Ketika pikiran anak-anak dipenuhi oleh pikiran yang tidak diinginkan, ini bisa membuatnya stres. Anak-anak yang mengalami OCD mencoba meredakan kecemasannya dengan melakukan ritual kompulsif seperti menghitung atau mencuci tangan.

6. Fobia Spesifik

Ketika anak-anak memiliki ketakutan yang berlebihan dan tidak rasional terhadap hal-hal tertentu, seperti takut pada binatang atau badai.

Penanganan Anxiety pada Anak

Jenis perawatan yang diberikan kepada anak dengan anxiety tergantung pada usia anak dan penyebab kecemasannya. Ada beberapa penyebab yang membuat anak mengalami anxiety seperti:

  • Sering pindah rumah atau sekolah.
  • Orangtua yang kerap bertengkar.
  • Kematian kerabat atau teman dekat.
  • Mengalami sakit parah atau terluka dalam suatu kecelakaan.
  • Masalah terkait sekolah, seperti ujian atau bully.
  • Merasa diabaikan. 
  • Anak-anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dan gangguan spektrum autistik juga lebih cenderung memiliki masalah kecemasan.

Baca juga: Normalkah Anak Mengalami Tantrum? Ketahui 4 Faktanya

Konseling dapat membantu anak memahami apa yang membuat mereka cemas dan memungkinkan mereka untuk mengatasi situasi tersebut. Demikian juga dengan terapi perilaku kognitif, yaitu terapi berbicara yang dapat membantu anak mengelola kecemasannya dengan mengubah cara berpikir dan berperilaku. Bila dibutuhkan anak juga akan diberikan obat.

Nah, kalau orangtua butuh memesan obat, pesan saja di Halodoc. Tanpa perlu repot keluar rumah, pesananmu akan diantarkan ke tempat tujuan dalam waktu kurang dari satu jam. Praktis kan? Tunggu apa lagi, download Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play!

Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2021. Anxiety disorders in children.
Child Mind Institute. Diakses pada 2021. Types Of Anxiety in Children.