Ketahui Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Januari 2024

“Kadar kolesterol normal untuk laki-laki di atas 20 tahun adalah 125–200 mg/dL. Sedangkan untuk perempuan di rentang usia yang sama total kolesterol normalnya 125–200 mg/dL.”

Ketahui Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Usia dan Jenis KelaminKetahui Kadar Kolesterol Normal Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

Halodoc, Jakarta – Terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat menyebabkan penumpukan lemak di dinding arteri. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. 

Itulah sebabnya mengapa perlu melakukan pemeriksaan kolesterol, tujuannya untuk mengetahui kadar  kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol masing-masing orang bisa berbeda, tergantung usia dan jenis kelaminnya. Baca selengkapnya di sini!

Mengenal Tingkat Kadar Kolesterol Normal

Ada banyak informasi yang belum tentu valid mengenai kolesterol. Cek kejelasan 6 Mitos Tentang Kolesterol yang Perlu Diketahui untuk mendapatkan fakta jelasnya.

Nah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kisaran kolesterol HDL (High Density Lipoprotein)  dan LDL (Low Density Lipoprotein) normal bervariasi berdasarkan usia. Kolesterol HDL adalah kolesterol “baik” yang biasanya dibutuhkan lebih banyak. Sedangkan kolesterol LDL adalah kolesterol “jahat” yang diharapkan untuk tidak berada pada kadar yang tinggi. 

Bagi sebagian besar orang dewasa sehat berusia 19 tahun ke atas, LDL harus kurang dari 100 miligram per desiliter (mg/dL), dan HDL harus lebih besar dari 40 mg/dL. Untuk remaja dan anak-anak berusia 19 tahun ke bawah, LDL harus kurang dari 110 mg/dL, sedangkan HDL harus lebih besar dari 45 mg/dL.

Meski begitu, terdapat rentang LDL dan HDL ideal yang berbeda berdasarkan usia dan jenis kelamin. Seperti apa kadar normalnya?

1. Laki-laki <19 tahun

  • Total kolesterol: <170 mg/dL.
  • LDL: <110 mg/dL.
  • HDL: >45 mg/dL.

2. Laki-laki >20 tahun

  • Total kolesterol: 125–200 mg/dL
  • LDL: >100 mg/dL.
  • HDL:  >40 mg/dL.

3. Perempuan <19 tahun

  • Total kolesterol:170 mg/dL.
  • LDL: <110mg/dL.
  • HDL: <45 mg/dL.

4. Perempuan >20 tahun

  • Total kolesterol: 125–200 mg/dL.
  • LDL: <100 mg/dL.
  • HDL: >50 mg/dL.

Seseorang yang memiliki kolesterol tinggi biasanya tidak memiliki gejala. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memeriksakan kadar kolesterol secara rutin.

Jika memang memiliki gejala, gejala tersebut sering kali dikaitkan dengan kondisi lain. Contohnya seperti tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan kelelahan, nyeri dada, dan detak jantung tidak teratur.

Centers for Disease Control and Prevention – Amerika Serikat menganjurkan orang dewasa untuk memeriksakan kolesterol setiap empat hingga enam tahun sekali. Faktor risiko juga menentukan seberapa sering kolesterol harus diperiksa. 

Orang dewasa yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, penyakit jantung, diabetes, atau obesitas memerlukan pemeriksaan yang lebih sering. Sedangkan lansia mungkin perlu diperiksa setiap tahun selama pemeriksaan fisik rutin. Anak-anak harus memeriksakan kolesterolnya setidaknya sekali antara usia 9 dan 11 tahun dan sekali lagi antara usia 17 dan 20 tahun.

Nah, bagi kamu yang mengidap kolesterol tinggi, ada beberapa obat-obatan yang cukup efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Mau tahu apa saja?

Pilihan Obat untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

1. Nutrive Benecol Blackcurrant 100 ml 

Nutrive Benecol merupakan susu dengan sari buah yang mengandung Plant Stanol Ester (PSE). PSE mempunyai struktur yang mirip dengan kolesterol sehingga dalam saluran cerna akan berikatan dengan garam empedu. 

Produk ini juga teruji klinis dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 11%, serta kolesterol total hingga 8% dalam waktu 2 minggu. Dosis penggunaannya sebanyak 2 botol per hari. 

Rentang harga: Rp5.800 – Rp11.800 per botol

Dapatkan Nutrive Benecol Blackcurrant 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc

2. Omepros 30 Kapsul

Produk ini merupakan suplemen yang mengandung omega 3, omega 6, omega 9, DHA, EPA, dan vitamin E yang membantu mengurangi lemak darah. Omega 3 dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

Dengan begitu, zat tersebut membantu mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol. Tak cuma itu saja Omepros juga dapat membantu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat), dan menormalkan tekanan darah pada penderita hipertensi. 

Rentang harga: Rp161.500 per box.

Dapatkan Omepros 30 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc

Dapatkan produk-produk penurun kolesterol di atas dengan mudah dan cepat di Toko Kesehatan Halodoc!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2023. HDL and LDL Cholesterol Range by Age.
Genesis Medical Associates. Diakses pada 2023. More Than A Number: The Importance Of Knowing Your Cholesterol Levels.
Better Health Channel. Diakses pada 2023. Cholesterol.
Health Direct. Diakses pada 2023. Cholesterol.
British Heart Foundation. Diakses pada 2023. Why should you have your cholesterol levels tested?
Halodoc. Diakses pada 2023. Tes Kolesterol.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan