Ketahui Kandungan Gizi yang Ada dalam Buah Ciplukan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 November 2021
Ketahui Kandungan Gizi yang Ada dalam Buah CiplukanKetahui Kandungan Gizi yang Ada dalam Buah Ciplukan

Buah ciplukan adalah buah berukuran kecil dan berwarna kuning yang sering ditemukan di daerah persawahan. Buah satu ini ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, sehingga baik untuk kesehatan. Manfaat ciplukan mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh sampai melawan peradangan.”

Halodoc, Jakarta – Ciplukan atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan Physalis angulata adalah sejenis tanaman liar yang sering ditemukan di persawahan. Bila dilihat sekilas dari luar, ciplukan terlihat seperti kuntum bunga karena mereka dilapisi oleh daun tipis berwarna hijau. Namun, ketika kamu buka lapisan daun tersebut, terdapat buah berwarna hijau kekuning-kuningan.

Meskipun berukuran kecil, tetapi buah ciplukan ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Itulah mengapa buah yang rasanya manis ini bisa dikonsumsi untuk membantu mengatasi kondisi kesehatan. Yuk, simak nutrisi apa saja yang terkandung dalam buah ciplukan di sini.

Nutrisi Buah Ciplukan

Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ciplukan:

  • Kalsium;
  • Zat besi;
  • Fosfor;
  • Vitamin A;
  • Vitamin C;
  • Vitamin K;
  • Vitamin E;
  • Tiamin;
  • Riboflavin;
  • Niasin;
  • Beta karoten;
  • Lutein;

Manfaat Ciplukan untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisi dan senyawa tanaman yang dimilikinya, ada beberapa manfaat ciplukan untuk kesehatan:

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan polifenol yang tinggi dalam buah ciplukan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Polifenol adalah senyawa antioksidan yang bisa menghalangi pelepasan penanda sistem kekebalan tertentu ketika terjadi peradangan. Selain itu, buah yang disebut golden berry ini juga kaya akan vitamin C yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat.

  1. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Buah ciplukan juga kaya akan vitamin K, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan dan kekuatan tulang.

  1. Meningkatkan Penglihatan

Manfaat buah ciplukan yang kaya akan karotenoid juga baik untuk mata. Buah ini bisa mencegah degenerasi makula yang menjadi penyebab utama kebutaan. Selain itu, kandungan lutein dan beta-karoten, serta beberapa karotenoid lainnya dalam buah ciplukan juga bisa melindungi penglihatan dari diabetes.

  1. Melawan Peradangan

Buah ciplukan mengandung steroid alami yang disebut withanolides. Steroid ini bisa membantu melawan efek peradangan yang mengakibatkan penyakit radang usus.

Bila sakit, kamu tetap dianjurkan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat untuk masalah kesehatan yang kamu alami. Buat janji saja di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc untuk berobat ke dokter. Download aplikasinya sekarang juga.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Are Golden Berries? Everything You Need to Know
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Golden Berry.
Steemit. Diakses pada 2021. The Benefits of Ciplukan Plants For Health

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan