Ketahui Mainan Bayi yang Merangsang Kemampuan Motorik

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Desember 2022

“Mainan bayi menjadi salah satu pendukung perkembangan kemampuan motorik kasar dan halus anak. Adapun jenisnya, yakni kerincingan, puzzle, bola sensorik, pop beads dan winkel color burst.”

Ketahui Mainan Bayi yang Merangsang Kemampuan MotorikKetahui Mainan Bayi yang Merangsang Kemampuan Motorik

Halodoc, Jakarta – Bayi membutuhkan berbagai jenis peralatan guna merangsang tumbuh kembangnya. Tak hanya itu, mainan bayi juga dapat mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasarnya.

Motorik kasar merujuk pada gerakan yang membutuhkan keterlibatan otot besar, yakni kaki, lengan dan seluruh tubuh. Otot ini digunakan untuk berjalan, melompat dan berlari.

Sementara motorik halus adalah gerakan yang melibatkan otot kecil, seperti pergelangan tangan dan jari. Otot ini berperan dalam mendukung fungsi ketika beraktivitas, seperti menulis atau memegang benda.

Memiliki keterampilan motorik yang baik merupakan pendukung kemampuan perkembangan lainnya. Di antaranya pertumbuhan sosial, kognitif dan emosional. Karena alasan tersebut, kecakapan motorik harus dikembangkan sejak dini.

Mainan Bayi Guna Mendukung Perkembangan Motorik Anak

1. Kerincingan

Kerincingan menjadi salah satu mainan bayi yang dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik halus dan kasarnya. Caranya dengan menggerakkan mainan ke atas, ke bawah, ke kiri dan kekanan. Bayi akan menghampiri dan mengikuti arah gerakan dari mainan tersebut.

2. Puzzle

Puzzle menjadi salah satu mainan bayi yang mampu mendukung perkembangan motorik halusnya. Tapi, jenisnya perlu disesuaikan dengan usia dan perkembangan bayi. Belikan puzzle dalam ukuran besar terlebih dulu. Seiring bertambahnya usia, orang tua bisa memberikan puzzle dengan potongan yang lebih kecil.

3. Bola Sensorik

Bola sensorik merupakan mainan bayi dengan tekstur yang berbeda-beda. Bentuknya bulat dengan permukaan timbul motif lingkaran-lingkaran kecil, garis-garis atau segitiga. Jenis alat ini dapat mengasah kemampuan motorik halusnya berupa sentuhan atau genggaman.

4. Pop Beads

Pop beads adalah mainan bayi berupa manik-manik kecil dengan berbagai macam bentuk dan warna. Jenis alat ini dapat meningkatkan kemampuan motorik halus mereka dalam menggenggam benda. Tapi, perlu pengawasan ketat ketika bermain agar manik-manik tidak dimasukkan ke dalam mulut dan tertelan.

5. Winkel Color Burst

Winkel color burst adalah mainan yang terbuat dari plastik bertekstur lembut dan lentur serta mudah digenggam. Terbuat dari tabung poliuretan dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya, sehingga aman jika masuk ke mulut bayi.

Alat ini juga berperan sebagai teether atau gigitan bayi. Cocok sekali diberikan ketika gusi mereka tengah meradang akibat tumbuh gigi. Dinginkan terlebih dulu di kulkas selama beberapa jam guna memberikan efek menenangkan.

6. Cloth Book

Buku ini berbahan dasar kain desain kartun dengan warna-warni yang cerah. Tak hanya membantu perkembangan motorik halus saja, cloth book juga dapat meningkatkan perkembangan kognisi bayi tentang warna dan bentuk.

Kemampuan motorik masing-masing bayi akan berbeda. Perkembangannya dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk genetik, fisik, kecerdasan dan kepribadian. Jadi, jangan membandingkan kecepatan pertumbuhan mereka dengan yang lainnya. 

Namun, orang tua perlu merasa khawatir jika perkembangannya jauh lebih lambat ketimbang bayi seusianya. Di fase ini, silakan tanya dokter guna menemukan solusi dan penyelesaian dari gangguan yang dialami.

Jika membutuhkan informasi lain seputar pertumbuhan anak, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Baby Centre. Diakses pada 2022. Toys That Boost Physical Development
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Milestone Moments
Harvard Medical School. Diakses pada 2022. The 3 Kinds of Toys That Really Help Your Child

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan