Ketahui Masa Pakai Menstrual Cup Sampai Ganti yang Baru

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Februari 2022

“Pada umumnya masa pakai menstrual cup adalah 6-10 tahun, tergantung mereknya. Selain itu, cara penggunaan juga bisa berpengaruh pada usia penggunaannya. Jika menstrual cup jarang dibersihkan, bisa cepat rusak.”

Ketahui Masa Pakai Menstrual Cup Sampai Ganti yang BaruKetahui Masa Pakai Menstrual Cup Sampai Ganti yang Baru

Halodoc, Jakarta –  Menstrual cup adalah adalah produk kewanitaan yang digunakan untuk menampung darah menstruasi sebagai pengganti pembalut sekali pakai. Bentuknya seperti cangkir dengan tekstur fleksibel, dan terbuat dari bahan karet atau silikon. Penting untuk mengetahui masa pakai menstrual cup untuk menjaga keamanan penggunaan.

Selain menghemat dan mengurangi sampah, menstrual cup juga dapat mengurangi iritasi pada area selangkangan dan kulit Miss V, yang biasa terjadi ketika menggunakan pembalut. Meskipun menstrual cup dapat digunakan jangka panjang, tetap saja ada batas penggunaannya. Jadi, berapa lama masa pakai menstrual cup? Cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut!

Masa Pakai Menstrual Cup 6-10 Tahun, Tergantung Merek

Umumnya, masa pakai menstrual cup bisa mencapai 6-10 tahun, tergantung mereknya. Selain itu, cara penggunaan juga bisa berpengaruh pada usia penggunaannya. Jika menstrual cup jarang dibersihkan, ia bisa cepat rusak. Kamu juga harus segera menggantinya jika melihat ada lubang, tekstur yang menipis, dan tidak nyaman lagi dipakai. 

Jika kamu tertarik menggunakan menstrual cup, ada baiknya kamu melihat review dari orang-orang yang sudah menggunakan menstrual cup sebelumnya. Kamu bisa juga bertanya kepada teman atau keluarga yang sudah pernah memakai menstrual cup

Menstrual cup memiliki beberapa ukuran yang diperuntukkan sesuai dengan kebutuhan penggunanya, termasuk bentuk badan dan panjang serviks. Menstrual cup ukuran kecil biasanya direkomendasikan kepada perempuan di bawah usia 30 tahun yang belum melahirkan secara normal. Sedangkan ukuran besar direkomendasikan untuk perempuan di atas 30 tahun yang sudah pernah melahirkan secara normal dan memiliki aliran menstruasi yang lebih deras. 

Tidak seperti pembalut yang kamu bisa cek apakah sudah harus diganti atau tidak, tentunya agak sulit menerka kapan waktunya untuk ganti atau membuang darah menstruasi.

Kebanyakan menstrual cup dapat bertahan hingga 12 jam sebelum dikosongkan, kemudian dibilas. Itu berarti kamu bisa menggunakannya saat tidur sepanjang malam. Kamu juga bisa tahu kapan harus mengganti menstrual cup atau membersihkannya dari deras tidaknya darah menstruasi. Tidak ada salahnya melakukan pengecekan secara berkala 4-6 jam setelah menggunakan menstrual cup, terutama saat sedang deras-derasnya. 

Ketika baru pertama kali menggunakan menstrual cup, kebocoran bisa saja terjadi karena penempatannya yang kurang pas. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan semakin memahami bagaimana penggunaannya supaya nyaman dan kapan harus membuang darah menstruasi tersebut.

Cara Pakai Juga Bisa Berpengaruh pada Ketahanan Menstrual Cup

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cara pakai bisa memengaruhi usia penggunaan menstrual cup. Kalau pakainya asal-asalan dan tidak memperhatikan kebersihan, menstrual cup bisa cepat rusak.

Buat kamu yang sudah terbiasa dengan pembalut sekali pakai, mungkin saja kamu kurang familiar dengan cara membersihkan menstrual cup. Berikut adalah cara membersihkan menstrual cup supaya awet dan higienis:

1. Pembersihan Awal

Penting untuk mensterilkan menstrual cup sebelum pertama kali menggunakannya. Bagaimana cara membersihkannya? Kamu bisa mulai dengan merendamnya dalam air mendidih selama 5-10 menit. Kemudian, diamkan di suhu ruangan. 

Jangan lupa untuk mencuci tanganmu sebelum kembali memegang menstrual cup. Lalu, cuci menstrual cup dengan sabun ringan berbasis air. Keringkan dan simpan dalam wadah bersih.

2. Metode Penggunaan 

Lipat kuat menstrual cup menjadi dua, pegang di satu tangan dengan tepi menghadap ke atas. Kemudian masukkan menstrual cup ke dalam Miss V, dan tempatkan beberapa sentimeter di bawah leher rahim. 

Setelah menstrual cup berada di dalam Miss V, putar supaya cup mengembang dan membuatnya kedap udara guna menghindari kebocoran. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pelumas berbahan dasar air ke bagian luar menstrual cup untuk mengurangi gesekan. 

3. Membersihkan setelah Penggunaan

Sehabis menggunakannya, kamu juga perlu tahu tata cara membersihkannya. Itu dimulai dari mencuci tangan dengan air hangat dan sabun antibakteri ringan. Geser jari telunjuk dan ibu jari ke dalam Miss V, jepit dasar menstrual cup, kemudian tarik perlahan untuk melepaskannya. 

Kosongkan menstrual cup, cuci dengan air mengalir, lalu gunakan kembali. Setelah menstruasi selesai, sterilkan dengan memasukkannya ke dalam air mendidih selama 5 hingga 10 menit. Ini akan membantu mencegah kontaminasi selama penyimpanan.

4. Cara Penyimpanan

Kamu tidak boleh menyimpan menstrual cup dalam wadah kedap udara, karena kelembapan dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur. Sebaiknya gunakan wadah dengan sirkulasi baik.

Terkadang, walaupun sudah cukup baik menjaga dan membersihkannya, bisa jadi menstrual cup tidak bertahan sesuai dengan usia penggunaan semestinya. Itu bisa menjadi tanda kalau kamu harus mengganti menstrual cup-mu. Beberapa tandanya adalah rusak, tipis, berubah warna, dan mengeluarkan bau tidak sedap. 

Itulah informasi mengenai masa pakai menstrual cup dan cara menjaganya supaya awet. Kalau kamu masih ragu untuk menggunakan menstrual cup dan butuh saran dari profesional medis, gunakan saja aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk download sekarang juga di App Store atau Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Using Menstrual Cups.
Grove. Diakses pada 2022. 7 common reasons menstrual cups leak (and how to fix them).
Hello Clue. Diakses pada 2022. How long can a menstrual cup be worn?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan