Ketahui Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi pada Kura-Kura

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   18 Mei 2021
Ketahui Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi pada Kura-KuraKetahui Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi pada Kura-Kura

Halodoc, Jakarta - Di antara banyaknya pilihan hewan peliharaan, kura-kura adalah salah satu yang terbaik. Makanan yang seimbang, dengan porsi yang tepat, sumber sinar ultraviolet yang baik dan suhu kandang yang sesuai akan membuat kura-kura tetap sehat.

Namun, sama halnya seperti hewan peliharaan lainnya, kura-kura juga bisa jatuh sakit. Memahami kemungkinan masalah kesehatan kura-kura dapat bermanfaat untuk bisa lebih waspada akan apa yang terjadi. Simak lebih lanjut masalah kesehatan yang sering terjadi pada kura-kura dalam pembahasan berikut ini.

Baca juga: Sebelum Memelihara Kura-Kura, Perhatikan 5 Hal Ini

Masalah Kesehatan Kura-Kura yang Perlu Diwaspadai

Ada beberapa masalah kesehatan kura-kura yang cukup umum terjadi dan perlu diwaspadai, yaitu:

1.Stomatitis

Stomatitis adalah kondisi umum yang disebabkan oleh bakteri di mulut yang masuk ke luka terbuka dan menyebabkan infeksi pada lapisan gusi dan mulut. Gejalanya dapat berupa hilang nafsu makan, pembengkakan atau perubahan warna pada mulut dan gusi kura-kura, dan keluarnya cairan berwarna putih seperti keju di sekitar mulut.

2.Infeksi Parasit

Seperti banyak hewan lainnya, kura-kura rentan terhadap infeksi parasit. Perhatikan apakah ada tanda-tanda cacing di kotoran kura-kura. Meski begitu, tanda-tanda tersebut sulit dikenali. 

Umumnya, infeksi parasit pada kura-kura didiagnosis oleh dokter hewan spesialis reptil, yang mungkin membutuhkan sampel kotoran kura-kura. Gejala lain yang bisa diwaspadai adalah kehilangan nafsu makan dan diare.

3.Masalah Pencernaan

Kura-kura bisa mengidap diare dan sembelit seperti makhluk lainnya. Ini sering kali merupakan tanda dari pola makan yang buruk. Jika kura-kura jarang buang air besar, kemungkinan besar mereka mengalami sembelit.

Jika kura-kura mengalami diare, pastikan untuk memberi makanan yang tepat. Mandikan dengan air hangat setiap hari untuk mencegah dehidrasi, dan segera bawa kura-kura ke dokter hewan.

Baca juga: Ketahui 9 Makanan Bernutrisi Tinggi untuk Kura-Kura

4.Kerusakan Kulit

Selama proses pengelupasan alami, biasanya calon kulit baru akan terlihat di bawahnya. Namun, jika kulit kura-kura lepas dengan cepat, ini bisa menunjukkan bahwa telah terjadi infeksi, atau cangkangnya telah rusak. Jika ragu, konsultasikan dengan dokter hewan secepatnya.

5.Cangkang Busuk (Penyakit Cangkang Ulseratif)

Jika kamu melihat adanya bercak keputihan, lapisan cangkang yang terkelupas, atau perubahan warna pada cangkang kura-kura, kemungkinan itu tanda penyakit cangkang ulseratif atau cangkang busuk

Ada banyak alasan mengapa kondisi ini terjadi. Bisa karena cedera ringan atau kebersihan kandang yang kurang baik. Sangat penting untuk memastikan lingkungan kura-kura tetap bersih, dan ganti airnya secara teratur. Hal ini untuk mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur penyebab penyakit.

6.Penyakit Metabolik atau Cangkang Lunak

Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan kalsium atau vitamin D. Kalsium adalah nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dan cangkang kura-kura. 

Sementara itu, vitamin D mampu meningkatkan penyerapan kalsium. Kekurangan keduanya dapat menyebabkan pelunakan cangkang seiring waktu, ditambah potensi risiko patah tulang. 

Baca juga: 5 Penyakit yang Bisa Ditularkan dari Hewan

Oleh karena itu, penting untuk memastikan kura-kura memiliki lingkungan yang bersih, mengonsumsi makanan kaya kalsium, dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Itulah sedikit penjelasan mengenai masalah kesehatan kura-kura yang umum terjadi. Segera gunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter hewan, jika kura-kura menunjukkan tanda-tanda gangguan kesehatan, seperti:

  • Masalah pernapasan.
  • Muntah atau penurunan berat badan.
  • Kepala atau anggota tubuh terkulai.
  • Mulut menganga.
  • Tidak makan setelah hibernasi.
  • Kelesuan dan kelemahan.
  • Benjolan atau bengkak.
  • Mata atau hidung berair. 

Semakin cepat masalah kesehatan kura-kura didiagnosis dan ditangani, maka semakin baik. Cara untuk mencegah berbagai masalah kesehatan tersebut, pastikan kura-kura mendapatkan asupan makanan sehat dan seimbang, serta selalu dijaga kebersihan kandangnya, ya.

Referensi:
My Family Vets. Diakses pada 2021. Tortoise Health Problems: What To Do With a Sick Tortoise.
British Pet Insurance. Diakses pada 2021. What are the main problems in hard shell tortoises?


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan