• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Perawatan Tepat untuk Anjing yang Sudah Berumur
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Perawatan Tepat untuk Anjing yang Sudah Berumur

Ketahui Perawatan Tepat untuk Anjing yang Sudah Berumur

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 07 Desember 2020
Ketahui Perawatan Tepat untuk Anjing yang Sudah Berumur

Halodoc, Jakarta – Saat ini Ratu Elizabeth II dari Inggris sedang merasakan kesedihan yang mendalam. Anjing kesayangannya yang berjenis campuran Corgi dan Dachshund bernama Vulcan meninggal karena usianya yang sudah tua. Anjing tersebut merupakan salah satu anjing kesayangan dari beberapa ekor anjing yang dipelihara dan dirawat oleh Ratu Elizabeth II.

Baca juga: Ketahui 7 Penyakit yang Rentan Dialami oleh Anak Anjing

Tentunya, kehilangan anjing kesayangan menjadi luka yang mendalam bagi para pemilik anjing. Untuk menurunkan risiko ini, pemilik anjing melakukan banyak perawatan bagi anjing senior. Dengan perawatan yang tepat, kesehatan anjing dapat terjaga dengan baik. Yuk, simak ulasan di bawah ini mengenai perawatan tepat bagi anjing yang sudah berumur!

Inilah Perawatan yang Tepat untuk Anjing yang Sudah Berumur

Hampir sama dengan manusia, anjing juga akan menua secara bertahap. Biasanya, anjing yang memasuki usia 7 tahun sudah dianggap menjadi anjing senior atau berumur tua. Namun, kondisi ini juga ditentukan jenis ras anjing. Anjing ras besar akan lebih cepat mengalami penuaan dibandingkan anjing ras kecil.

Jangan khawatir, meskipun usia bertambah, tetapi anjing masih bisa memiliki kualitas hidup baik dengan perawatan tepat. Hal ini membuat anjing terhindar dari berbagai risiko gangguan kesehatan. Berikut ini perawatan yang bisa dilakukan pada anjing senior atau yang sudah berumur.

1.Ajak Anjing untuk Melakukan Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik nyatanya menjadi perawatan yang tepat untuk anjing senior. Kebiasaan ini dapat membantu anjing untuk mengontrol berat badan, sehingga kesehatan anjing secara menyeluruh akan terjaga dengan baik. Kamu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter hewan mengenai jenis aktivitas fisik atau olahraga yang tepat dilakukan oleh anjing dengan usia tua.

Pertambahan usia tentunya akan membuat anjing mengalami penurunan energi. Sebaiknya lakukan aktivitas fisik atau olahraga secara perlahan maupun yang menyenangkan bagi anjing. Kamu bisa mengajaknya bermain bola atau berlari di sekitaran rumah.

Baca juga: Ketahui 7 Cara Tepat Merawat Anjing yang Sakit

2.Buat Lingkungan Anjing Lebih Nyaman

Sebaiknya pastikan anjing berada dalam lingkungan yang nyaman. Umumnya, anjing dengan usia tua akan banyak mengalami gangguan kesehatan seputar sendi dan otot, kamu bisa pastikan lokasi istirahat anjing memiliki bantalan yang empuk dan nyaman. Selain itu, letakkan tempat makan dan minum anjing pada area yang mudah ditemukan oleh anjing.

3.Perhatikan Pola Makan dan Nutrisi Anjing

Pertambahan usia akan membuat kebutuhan nutrisi dan gizi anjing berubah. Melansir Purina, anjing yang memasuki usia tua akan lebih membutuhkan protein yang tinggi dan mudah dicerna. Anjing yang senior juga membutuhkan kalori lebih sedikit karena aktivitas fisik yang mulai berkurang. 

Selain kebutuhan nutrisi dan gizi, sebaiknya berikan porsi makan anjing lebih sedikit, tetapi sering. Hindari memberi makanan dalam porsi yang berlebihan karena dapat menyebabkan anjing mengalami obesitas yang dapat mengganggu kesehatannya.

4.Periksakan Kesehatan Anjing Secara Rutin

Melakukan pemeriksaan kesehatan anjing menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Saat usia menua, tentunya imun tubuh anjing akan menurun dan rentan mengalami gangguan kesehatan. Pastikan kamu juga melakukan perawatan tepat untuk kesehatan mulut, kulit, bulu, serta kuku anjing.

5.Berikan Waktu untuk Anjing Kesayangan

Tidak kalah penting, pastikan kamu memberikan waktu, perhatian, dan kasih sayang untuk anjing di usianya yang sudah menua. Anjing senior akan lebih rentan mengalami gangguan kecemasan saat berada jauh dari pemiliknya. Jadi, habiskan banyak waktu dengan membuat kenangan indah bersama anjing kesayangan kamu.

Baca juga: 9 Manfaat Memelihara Anjing untuk Kesehatan Anak

Itulah beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan pada anjing yang sudah berumur. Dengan bertanya langsung pada dokter hewan seputar perawatan yang tepat untuk anjing usia tua, kamu dapat membantu anjing kesayangan mendapatkan kualitas hidupnya. Yuk, download aplikasi Halodoc secara juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Petcube. Diakses pada 2020. 8 Useful Tips on How to Care for a Senior Dog.
American Kennel Club. Diakses pada 2020. Senior Dog: Caring and Tips.
Purina. Diakses pada 2020. How to Care for Your Senior Dog?
Purina. Diakses pada 2020. How to Feed Your Senior Dog?
Purina. Diakses pada 2020. When Does My Dog Become a Senior?