• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Prosedur Operasi untuk Memancungkan Hidung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Prosedur Operasi untuk Memancungkan Hidung

Ketahui Prosedur Operasi untuk Memancungkan Hidung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 November 2021
Ketahui Prosedur Operasi untuk Memancungkan Hidung

“Rhinoplasty atau operasi hidung adalah salah satu prosedur yang kerap dilakukan untuk memancungkan hidung. Operasi ini terdiri dari beberapa langkah. Berikut langkah-langkah prosedur operasi memancungkan hidung yang perlu kamu ketahui.”

Halodoc, Jakarta – Operasi hidung atau dalam dunia medis disebut sebagai rhinoplasty adalah operasi untuk mengubah bentuk hidung dengan tujuan kecantikan, memperbaiki masalah pernapasan atau keduanya. Struktur hidung terdiri dari tulang rawan dan tulang biasa. 

Bagian atas struktur hidung adalah tulang, sementara bagian bawah adalah tulang rawan. Melalui rhinoplasty, tulang, tulang rawan, kulit atau ketiganya dapat diperbaiki. Saat merencanakan operasi hidung, ahli bedah akan mempertimbangkan fitur wajah yang lain agar tetap proporsional. Berikut prosedur operasi untuk memancungkan hidung yang perlu kamu ketahui. 

Prosedur Operasi Memancungkan Hidung

Melansir dari American Society of Plastic Surgeons, berikut langkah-langkah operasi hidung:

1. Anestesi

Pertama-tama, dokter akan memberikan anestesi untuk memberikan kamu kenyamanan selama prosedur pembedahan. Pilihan anestesinya bisa berupa sedasi intravena atau anestesi umum. Namun, dokter biasanya akan merekomendasikan pilihan yang terbaik sesuai dengan kondisimu. 

2. Sayatan

Rhinoplasty dilakukan baik menggunakan prosedur tertutup atau terbuka. Prosedur tertutup dilakukan dengan membuat sayatan di dalam hidung. Sementara prosedur terbuka dilakukan pada sayatan pada columella, yaitu sebuah jaringan yang memisahkan lubang hidung. 

Kulit yang menutupi tulang hidung dan tulang rawan bisa diangkat dengan lembut melalui sayatan ini. Dengan begitu dokter bisa lebih mudah membenahi struktur hidung.

3. Membentuk kembali struktur hidung

Hidung yang terlalu besar dapat dikurangi dengan menghilangkan tulang atau tulang rawan. Terkadang operasi hidung  memerlukan penambahan cangkok tulang rawan. Umumnya, tulang rawan dari septum yakni partisi di tengah hidung yang digunakan sebagai cangkok. 

4. Memperbaiki septum yang menyimpang

Jika septum menyimpang, septum bisa diluruskan untuk membantu pengidap agar mampu bernapas dengan baik.

5. Menutup sayatan

Setelah struktur dasar hidung dibentuk menjadi bentuk yang diinginkan, kulit dan jaringan hidung ditutup kembali dan sayatan pun ditutup. Sayatan tambahan dapat ditempatkan di lipatan alami lubang hidung untuk mengubah ukurannya. Dokter akan menempatkan belat dan kain kasa selama beberapa hari untuk menopang hidung sampai proses penyembuhan selesai. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Operasi

Setelah operasi, kamu disarankan untuk istirahat di tempat tidur dengan kepala terangkat lebih tinggi dari dada. Tujuannya untuk mengurangi pendarahan dan pembengkakan. Untuk mengurangi risiko pendarahan dan pembengkakan setelah operasi, dokter biasanya akan menyarankan kamu untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Hindari aktivitas berat seperti aerobik dan joging.
  • Tunda mandi sampai belat dan kain kasa dilepaskan.
  • Hindari meniup hidung.
  • Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran, untuk menghindari sembelit. Sembelit dapat menyebabkan kamu mengejan, sehingga memberi tekanan pada lokasi operasi.
  • Hindari ekspresi wajah yang ekstrem, seperti tersenyum terlalu lebar atau tertawa dengan kencang.
  • Sikat gigi dengan lembut untuk membatasi pergerakan bibir atas.

Selain itu, dokter biasanya tidak menyarankan kamu untuk menggunakan kacamata terlebih dahulu untuk mencegah tekanan pada hidung. Kamu juga perlu menggunakan tabir surya minimal yang mengandung SPF 30 saat berada di luar, terutama di bagian hidung. Terlalu banyak sinar matahari dapat menyebabkan perubahan warna permanen pada kulit hidung.

Jika kamu mengalami pembengkakan atau pendarahan setelah operasi, segera kunjungi dokter. Supaya lebih mudah dan praktis buat janji rumah sakit terlebih dahulu di aplikasi Halodoc. Jangan tunda untuk mengunjungi dokter sebelum kondisinya semakin memburuk. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
American Society of Plastic Surgeons. Diakses pada 2021. Rhinoplasty Procedure Steps.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Rhinoplasty.