• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Tips Hidup Bahagia Demi Kesehatan Jiwa

Ketahui Tips Hidup Bahagia Demi Kesehatan Jiwa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan tubuh dan jiwa adalah hal yang penting saat ini. Apalagi di masa-masa pandemi seperti sekarang. Apakah kamu termasuk orang yang membuat daftar alasan yang dapat menciptakan kebahagiaan buat dirimu? 

Faktanya, uang, penampilan fisik tidak akan memberikan kebahagiaan untuk jangka panjang. Ya, hal-hal yang disebutkan tadi dapat memberikan sensasi rasa senang, tetapi tidak akan bertahan lama. Yuk, simak tips hidup bahagia di bawah ini demi kesehatan jiwa!

Baca juga: Perceraian Bisa Picu Gangguan Mental, Benarkah?

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Makanan sehat adalah tidak hanya dapat menjaga keseimbangan berat badan tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan. Diet seimbang yang tinggi buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan biji-bijian adalah kombinasi yang diibutuhkan untuk mendapatkan energi yang optimal.

Pilihlah buah dan sayuran segar, terutama sayuran berdaun hijau dan brokoli yang padat nutrisi, serta sayuran berwarna oranye, termasuk wortel dan ubi jalar. Ada banyak jenis ikan dan kacang-kacangan untuk dipilih sebagai pilihan protein yang sehat. 

2. Tidur 7-8 jam Semalam

Tidur lebih banyak tampaknya menjadi kebiasaan sehat yang perlu diperbaiki banyak orang. Kurang tidur dapat memperburuk kondisi kesehatan yang serius, serta berdampak negatif pada suasana hati, motivasi, dan tingkat energi. Memprioritaskan tidur adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri menuju hidup bahagia demi kesehatan jiwa. 

3. Berteman dengan Orang-Orang positif

Maksimalkan jumlah waktu yang kamu habiskan dengan orang-orang yang memberikan energi positif untukmu. Menjalin relasi dengan mereka yang memberikan semangat dan memiliki minat yang sama akan membuat kamu bahagia. 

Di sisi lain, orang-orang yang hanya membagi hal-hal negatif, sering mengeluh, atau membuat pilihan yang buruk hanya akan menguras energimu. Selektiflah kepada siapa saja kamu membagi minat dan kesenangan. Jangan sampai lingkunganmu menjatuhkan mood dan pada akhirnya membuat kamu tidak bahagia.

Baca juga: 5 Tips untuk Tetap Bahagia Usai Perceraian

4. Terlalu Banyak Membaca Berita Negatif

Berita adalah cara penting untuk tetap terhubung dengan apa yang terjadi di dunia. Itu bisa mendidik, menghibur, dan bahkan membangkitkan semangat. Sayangnya, mengonsumsi terlalu banyak berita negatif memberikan dampak pada kesehatan jiwamu. 

Kisah-kisah sedih ini dapat mematahkan semangat optimisme pada dunia, sehingga menyebabkan kamu berfokus pada ketakutan terburuk. Pastinya, kamu tidak dapat menghindar dari paparan informasi ini. Namun, cobalah untuk meminimalkan eksposur tersebut ketika kamu bisa, terutama selama masa-masa sulit seperti ini.

Baca juga: Lawan Kesepian dengan 4 Cara Sederhana Ini

5. Berolahragalah Secara Teratur

Apakah kamu merasa lesu di tengah hari? Pernahkah kamu kehabisan napas oleh tugas sehari-hari yang sederhana, seperti berbelanja bahan makanan atau pekerjaan rumah tangga? Itu artinya kamu kurang olahraga. 

Olahraga mengurangi stres dan ketegangan, memperkuat otot dan meningkatkan daya tahan, yang membantu tubuh bekerja lebih efisien selama tugas atau aktivitas fisik lainnya. Butuh rekomendasi olahraga yang cocok dan sesuai dengan kebutuhanmu, cari tahu langsung di Halodoc. 

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya mudah, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

6. Lakukan Sesuatu yang Berarti Setiap Hari

Apa yang membuat kamu bersemangat? Apakah kamu memiliki bakat khusus yang ingin kamu praktikkan lebih sering atau bagikan dengan orang lain? Lakukan sesuatu yang disukai setiap hari, meskipun itu sederhana dapat memompa semangat dan menciptakan kebahagiaan kecil buatmu. 

7. Berpikir Positif 

Mempertahankan pola pikir positif adalah cara terbaik untuk tetap bahagia dan mempertahankan jiwa yang sehat. Selain berpikir positif, berbuat baik dengan orang-orang juga langkah mendapatkan hidup bahagia. Yuk, mulai dari sekarang!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. 7 tips to live a happier life
Help Guide. Diakses pada 2020. Cultivating Happiness