Konsumsi 8000 Kalori Sehari, Ini Pengaruhnya bagi Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Maret 2023

“Kebutuhan kalori akan lebih baik untuk dikonsultasikan terlebih dahulu. Jika konsumsi 8000 kalori setiap harinya dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan, obesitas, tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung."

Konsumsi 8000 Kalori Sehari, Ini Pengaruhnya bagi TubuhKonsumsi 8000 Kalori Sehari, Ini Pengaruhnya bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Kalori adalah jumlah energi yang masuk kedalam tubuh dan konsumsi 8000 kalori sehari jauh melebihi kebutuhan kalori harian rata-rata manusia dewasa yang sekitar 2000-2500 kalori.

Artinya, pemenuhan kebutuhan kalori harian empat kali lebih besar daripada rata-ratanya. Umumnya, pemenuhan konsumsi 8000 kalori sehari untuk meningkatkan berat badan.

Mengetahui Kebutuhan Kalori Harian

Faktanya, apabila kamu ingin menambah berat badan, kamu dapat menentukannya dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT). Indeks massa tubuh dapat memperoleh dari berat badan (kg) membaginya dengan hasil perkalian antara tinggi badan (m) dengan tinggi badan (m).

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penambahan kalori yang sesuai dengan berat badan yang membutuhkannya, kamu dapat membaca artikel mengenai perhitungan kebutuhan kalori yang sesuai.

Pemenuhan konsumsi dengan jumlah 8000 kalori membutuhkan makanan yang tinggi kalori seperti ikan salmon, daging merah, alpukat, telur, nasi. Nah, apakah konsumsi 8000 kalori sehari memiliki manfaat bagi tubuh? Apakah terdapat pengaruh terhadap tubuh? Simak penjelasannya!

Pengaruh Konsumsi 8000 Kalori Sehari

Konsumsi kalori yang berlebihan dapat menyebabkan beberapa dampak negatif pada tubuh, antara lain:

1. Obesitas

Konsumsi kalori yang berlebihan dan tidak menyeimbangkannya dengan aktivitas fisik yang cukup dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas. Nah, kondisi ini meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

2. Penyakit jantung

Obesitas dan kelebihan berat badan dapat menyebabkan peningkatan risiko terkena penyakit jantung, seperti aterosklerosis dan serangan jantung.

3. Tekanan darah tinggi

Konsumsi kalori yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang dapat berujung pada hipertensi dan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

4. Diabetes tipe 2

Konsumsi kalori yang berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan risiko terkena penyakit gula.

5. Gangguan pencernaan

Tahukah kamu, makan dalam jumlah yang besar dapat membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras dari biasanya. Kondisi ini dapat mengakibatkan gangguan pencernaan, seperti sembelit atau diare.

6. Gangguan hormonal

Konsumsi kalori yang berlebihan dapat mempengaruhi produksi hormon, termasuk hormon seksual. Ini dapat menyebabkan gangguan menstruasi pada wanita dan penurunan libido pada pria.

Dalam jangka pendek, konsumsi kalori yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan dan rasa tidak nyaman.

Sedangkan dalam jangka panjang, dalam hal ini dapat menyebabkan risiko penyakit dan masalah kesehatan serius.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi kalori dengan proporsi yang tepat dan berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sebelum menerapkan program untuk konsumsi 8000 kalori setiap hari, ada baiknya jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis gizi. Tujuannya untuk mengetahui secara pasti jumlah kalori sesuai kebutuhan dan makanan apa saja yang sebaiknya menyarankannya untuk mengonsumsi.

Dengan aplikasi Halodoc kamu bisa menghubungi dokter spesialis gizi terpercaya tentang menu gizi seimbang dan jumlah kalori yang sesuai dengan tubuh.

Jadi, tunggu apalagi, langsung saja unduh aplikasi Halodoc dari App Store atau Play Store smartphone kamu!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2023. How Many Calories Should You Eat Per Day to Lose Weight?
MDAnderson. Diakses pada 2023. What Happens When You Overeat
Living strong. Diakses pada 2023. The Effects of Too Many Calories

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan