• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Konsumsi Makanan Ini untuk Mencegah Rabun Senja

Konsumsi Makanan Ini untuk Mencegah Rabun Senja

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Diet yang tepat adalah salah satu cara jitu untuk menjaga penglihatan tetap sehat. Mengonsumsi makanan sehat dapat mengurangi risiko katarak, degenerasi makula, dan masalah visual lainnya. 

Gejala rabun senja adalah kesulitan melihat saat penerangan tidak memadai. Kamu juga mungkin akan mengalami penglihatan yang buruk saat berkendara karena penerangan lampu kendaraan ataupun jalan yang kadang terputus-putus dan tampak samar. Selengkapnya mengenai rabun senja dan penanganannya melalui makanan baca di bawah ini!

Penyebab Rabun Senja

Beberapa kondisi mata yang dapat menyebabkan rabun senja adalah: 

  1. Rabun jauh atau pandangan kabur saat melihat benda yang jauh.
  2. Katarak, atau mengaburkan lensa mata.
  3. Retinitis pigmentosa, yang terjadi ketika pigmen gelap terkumpul di retina dan menciptakan penglihatan terowongan.
  4. Sindrom Usher, suatu kondisi genetik yang memengaruhi pendengaran dan penglihatan.
  5. Orang dewasa yang lebih tua memiliki risiko lebih besar terkena katarak. Karena itu, mereka lebih mungkin mengalami rabun senja daripada anak-anak atau orang dewasa muda.

Dalam kasus yang jarang terjadi kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan rabun senja. Vitamin ini juga disebut retinol, yaitu berperan dalam mengubah impuls saraf menjadi gambar di retina. Bagian mata ini adalah area sensitif cahaya di bagian belakang mata.

Baca juga: Mengidap Rabun Senja, Ini Pengobatan yang Bisa Dilakukan

Orang yang memiliki masalah dengan pankreas, seperti orang dengan fibrosis kistik, mengalami kesulitan menyerap lemak, dan berisiko lebih besar mengalami kekurangan vitamin A karena vitamin ini larut dalam lemak. 

Ini menempatkan mereka pada risiko yang lebih besar untuk mengembangkan rabun senja. Orang yang memiliki kadar glukosa (gula) darah tinggi atau diabetes juga memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit mata, seperti katarak.

Pentingnya Nutrisi untuk Mata Sehat

Tadi sudah disinggung bagaimana peranan gizi dan nutrisi untuk mata sehat. Lantas, apa saja yang dibutuhkan?

  1. Vitamin A 

Makanan yang kaya akan vitamin A mencegah kebutaan malam dan mata kering. Ini termasuk telur, mentega, daging sapi atau hati ayam, dan susu.

  1. Vitamin C 

Kamu bisa mendapatkannya dari paprika, jeruk, blewah, dan makanan kaya vitamin C lainnya yang dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Baca juga: Hobi Nonton Marathon? Ini Tips Istirahatkan Mata

  1. Vitamin D 

Ini juga mengurangi risiko degenerasi makula. Kamu direkomendasikan menjalani diet yang meliputi salmon, susu, dan mackerel. Pun tak lupa menyarankan dosis sinar matahari harian.

  1. Vitamin E 

Vitamin ini bekerja paling baik ketika dikombinasikan dengan makanan yang kaya vitamin C dan karoten. Makanan kaya vitamin E termasuk hazelnut, biji bunga matahari, dan almond.

  1. Seng 

Seng membantu vitamin A dalam mengurangi risiko rabun senja. Jenis makanannya termasuk tiram dan daging sapi.

  1. Beta-karoten 

Bekerja paling baik untuk pencegahan rabun senja. Wortel, kangkung, bayam, kentang manis, dan labu untuk mengurangi perkembangan degenerasi makula.

  1. Lutein dan Zeaxanthin 

Karotenoid ini ditemukan di retina, sehingga makanan yang kaya nutrisi ini dapat meningkatkan kepadatan pigmen. Kamu dapat menemukannya di sebagian besar buah-buahan kuning dan oranye serta sayuran hijau.

  1. Asam Lemak Omega-3 

Ikan air dingin, suplemen minyak ikan, dan kacang walnut dapat membantu mencegah sindrom mata kering.

Pertanyaan-pertanyaan terkait rabun senja lainnya bisa kamu ajukan langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:

Your Eyes Site.com. Diakses pada 2020. 8 Foods to Incorporate into Your Diet for Healthy Eyes.
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Night Blindness.