• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Konsumsi Suplemen Setiap Sahur Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Konsumsi Suplemen Setiap Sahur Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat puasa, tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman, dari terbit hingga terbenamnya matahari. Jika tidak memperhatikan asupan yang dikonsumsi, terutama saat sahur, bisa jadi tubuh akan kekurangan air dan zat gizi lainnya, terutama vitamin dan mineral. Hal ini dapat membuat daya tahan tubuh menurun.

Padahal, bulan puasa di 2020 ini umat islam di dunia harus melewatinya di tengah situasi pandemi virus corona (COVID-19). Jadi, menjaga daya tahan tubuh saat puasa sangatlah penting, selain agar ibadah puasa tetap lancar, tetapi juga agar terhindar dari risiko infeksi virus corona. Selain dari makanan dan minuman, meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen setiap sahur.

Baca juga: Pilihan Menu Sahur Sehat Saat Puasa

Tips Memilih Suplemen Terbaik saat Puasa

Memilih produk suplemen untuk tingkatkan daya tahan tubuh saat puasa tidak boleh asal. Berikut beberapa tips memilihnya:

  1. Baca dengan Baik Label Kemasan

Biasakan untuk selalu membaca dengan baik label kemasan sebelum membeli apapun, termasuk suplemen. Pada bagian “Nutrition Facts”, lihatlah bahan apa saja yang terkandung dalam suplemen tersebut. Lihat juga jumlah bahan yang terkandung per takaran dan bahan tambahan lainnya, seperti penambah rasa, zat pengikat, dan lain-lain.

Jumlah takaran yang diminum harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, sesuai petunjuk dokter. Kamu dapat download dan gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter lewat chat, kapan dan di mana saja, tentang dosis penggunaan suplemen yang kamu perlukan.

  1. Kualitas

Sebelum membeli suplemen tertentu, periksa apakah suplemen tersebut memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan standar yang ada di Indonesia atau tidak. Hal ini penting untuk menjamin produk tersebut benar diproduksi dan mengandung bahan-bahan yang tercantum pada label, serta tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Periksa juga apakah merek suplemen tersebut terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia) atau tidak.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Sahur?

  1. Efektivitas

Setelah mempertimbangkan kandungan dan kualitas produk suplemen, kamu juga perlu memikirkan efektivitasnya. Jika kamu memiliki kondisi atau penyakit yang membuat kamu tidak bisa mengonsumsi makanan tertentu, sehingga kamu terancam kekurangan zat gizi yang terkandung di makanan tersebut, atau jika menu makanan kamu saat sahur dan buka puasa kurang beragam, menambahkan konsumsi suplemen mungkin diperlukan.

Hal ini agar kebutuhan nutrisi tubuh dapat tercukupi, sehingga daya tahan tubuh saat puasa tetap optimal. Meski begitu, suplemen apapun tidak bisa menggantikan zat gizi yang terkandung dalam berbagai jenis makanan yang diperlukan tubuh, sehingga kamu perlu tetap berusaha menjaga pola makan sehat setiap harinya, terutama saat sahur di bulan puasa.

  1. Keamanan dan Risiko

Selain tiga poin tadi, waspada juga akan efek samping yang timbul akibat mengonsumsi suplemen, apalagi jika kamu mengidap penyakit tertentu. Bacalah baik-baik aturan pakai yang tertera pada kemasan suplemen, terutama ketika mengonsumsi produk suplemen baru. Sebab, banyak suplemen yang menimbulkankan efek samping, terutama jika tidak menuruti aturan pakai atau bahkan mengonsumsi lebih dari satu jenis suplemen.

Baca juga: Begini Pola Makan yang Sehat saat Sahur

Beberapa jenis suplemen juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya, jika dikonsumsi secara bersamaan. Jadi, kamu benar-benar perlu memperhatikan kandungan bahan yang terkandung dan aturan penggunaan suplemen tersebut.

Nah, salah satu suplemen yang memenuhi keempat syarat tersebut adalah Suplemen Astria. Suplemen ini memiliki kandungan utama astaxanthin alami, yaitu senyawa antioksidan paling kuat yang pernah ditemukan di alam, yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh akibat radikal bebas. Suplemen Astria dapat mencegah bahaya radikal bebas yang dapat melemahkan daya tahan tubuh, sehingga daya tahan tubuh pun dapat meningkat dan tetap optimal jika dikonsumsi rutin.

Minumlah Suplemen Astria setiap hari saat sahur, selama bulan puasa, agar daya tahan tubuh tetap terjaga, puasa lancar, dan terhindar dari infeksi COVID-19. Namun, jangan lupa juga mengimbanginya dengan memperhatikan pola makan sehat dan minum air putih yang cukup. Untuk Suplemen Astria. gunakan saja aplikasi Halodoc. Tinggal klik, suplemennya akan dikirim ke alamat kamu dalam waktu 1 jam.

 

Referensi:

Help Guide. Diakses pada 2020. Dietary Supplements.

National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Dietary Supplements: What You Need to Know.