• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kulit Terasa Tebal dan Bersisik, Waspada Gejala Heloma

Kulit Terasa Tebal dan Bersisik, Waspada Gejala Heloma

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Menjaga kebersihan kulit tangan dan kaki menjadi cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan yang menyerang kulit, salah satunya adalah heloma. Penyakit heloma terjadi ketika lapisan kulit yang menebal yang terbentuk akibat kulit yang kering sering mengalami tekanan.

Baca juga: Heloma Bisa Terjadi di Jari Tangan, Ini Penyebabnya

Kondisi ini umum dialami oleh siapa saja yang sering menggunakan sepatu dengan ukuran yang tidak nyaman dan kurang menjaga kebersihan kulit. Heloma muncul dengan beragam gejala, penebalan kulit dan disertai dengan kulit yang bersisik menjadi beberapa gejala dari heloma. Ini ulasan selengkapnya.

Gejala dari Penyakit Heloma

Heloma berbeda dengan kapalan. Heloma umumnya memiliki bentuk yang bulat dan ukurannya beragam. Melansir dari Mayo Clinic, heloma terjadi ketika terdapat lapisan kulit yang menebal dan mengeras ketika bagian kulit tersebut mengalami gesekan dan tekanan terus menerus. Meskipun tidak berbahaya, kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman hingga rasa nyeri pada pengidapnya.

Ada beberapa gejala yang dialami oleh seseorang dengan heloma. Melansir dari Medical News Today, umumnya pengidap heloma mengalami penebalan kulit yang disertai dengan benjolan yang cukup keras. Selain itu, kulit juga terlihat kering dan bersisik. Kondisi ini disertai dengan rasa nyeri pada bagian di bawah kulit. 

Baca juga: Mitos atau Fakta Injak Kotoran Hewan Bisa Terkena Heloma

Sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan terhadap gangguan yang dialami di sekitar kulit agar mendapatkan penanganan yang tepat apalagi jika heloma yang kamu alami menyebabkan nyeri yang tidak tertahankan, mengalami iritasi dan kemerahan.

Kondisi ini sebenarnya bisa diatasi mandiri di rumah, namun jika kamu memiliki kulit yang sensitif dan gangguan saraf sebaiknya ikuti saran pengobatan yang dokter berikan. Jika kamu memiliki diabetes dan gangguan pada pembuluh darah, sebaiknya lakukan pengobatan dengan berhati-hati agar tidak memperburuk penyakit yang dimiliki sebelumnya.

Atasi Heloma Secara Mandiri

Umumnya, heloma terjadi akibat adanya tekanan dan juga gesekan pada kulit secara berulang kali dalam jangka waktu yang cukup panjang. Ada beberapa faktor pemicu seseorang mengalami heloma, seperti penggunaan sepatu yang terlalu sempit, terlalu sering berjalan atau berlari, bermain alat musik dengan gesekan atau tekanan pada tangan, memiliki kelainan bentuk jari, dan juga memiliki bekas luka.

Namun jangan khawatir, untuk heloma yang tidak terlalu parah dapat diatasi di rumah. Melansir dari American Academy of Dermatology, kamu dapat merendam bagian kaki atau tangan yang mengalami heloma untuk melembutkan bagian kulit yang mengalami heloma. Setelah itu, gosok bagian kulit yang menebal secara perlahan. Lalu, lembapkan kulit dengan pelembap kulit. Jangan lupa untuk selalu gunakan alas kaki yang nyaman dan hentikan kegiatan yang dilakukan tangan dengan proses gesekan atau tekanan.

Baca juga: 6 Tips Sederhana Agar Terhindar dari Heloma pada Kulit

Heloma juga dapat diatasi dengan melakukan pengobatan melalui medis. Pengangkatan kulit yang mengalami heloma, penggunaan obat-obatan, dan tindakan operasi dapat dilakukan untuk mengatasi heloma yang sudah tidak nyaman dan mengganggu aktivitas pengidapnya sehari-hari. 

Jika ada yang masih ingin ditanyakan seputar heloma dan cara pengobatannya, kamu bisa bertanya langsung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. How to Treat Corn and Calluses
Medical News Today. Diakses pada 2020. All About Corn and Calluses
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Corn and Calluses