• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Pakai Heels Tapi Takut Sakit, Cari Tahu Dulu Triknya

Ingin Pakai Heels Tapi Takut Sakit, Cari Tahu Dulu Triknya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Sepatu dengan hak tinggi alias high heels sering dijadikan andalan banyak wanita untuk tampil cantik. Namun, agaknya istilah “beauty is pain” benar-benar melekat dengan hal ini. Ya, mengenakan high heels memang tidak senyaman sepatu dengan alas yang rata.

Namun, jenis sepatu hak tinggi sejauh ini dinilai sebagai cara terbaik untuk menunjang penampilan. Kamu sering merasa sakit dan tidak nyaman saat memakai high heels? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak lagi merasa demikian. Ikuti tips pakai high heels berikut ini:

  1. Cek Ukuran

Laman WebMD menyatakan, agar tidak terasa sakit dan tetap nyaman ketika mengenakan high heels, pastikan kamu tidak memakai sepatu hak tinggi yang terlalu kecil atau terlalu longgar. Artinya, penting untuk mengecek dan mengetahui ukuran sepatu yang digunakan.

Tips sederhananya, pastikan ada jarak terhadap ujung sepatu dari jari kaki yang ukurannya paling panjang. Coba juga untuk memakainya berjalan ketika menjajal sepatu hak tinggi baru. 

Baca juga: Salah Pilih Sepatu Bisa Sebabkan Nyeri Tumit

Pasalnya, masalah ukuran bisa jadi pemicu rasa nyeri selama memakai sepatu hak tinggi, malah  bisa berbahaya. Sepatu yang terlalu besar dapat membuat kesulitan saat berjalan dan bisa membuatmu terpeleset. Sementara sebaliknya, memakai sepatu yang terlalu kecil dapat menyebabkan kaki menjadi tidak nyaman dan membuat sakit.

  1. Waktu yang Tepat

Kamu juga harus menyesuaikan jenis sepatu dengan waktu. Maksudnya, jika pekerjaan menuntutmu untuk selalu mengenakan sepatu jenis ini, cobalah untuk sesekali memberi jeda pada kaki saat ada kesempatan. Seperti saat jam makan siang, jika memungkinkan, lepaskan sepatu untuk sejenak dan gantilah dengan alas kaki yang lebih nyaman.

Selain itu, sepatu hak tinggi juga memiliki banyak jenis yang dibedakan dengan ukuran dari alas, yaitu runcing atau standar. Tinggi dari hak sepatu juga biasanya berbeda-beda. Nah, agar kaki kamu tetap nyaman dan tidak sakit meskipun sering menggunakan high heels, sesekali ganti dengan jenis hak sepatu lainnya.

Baca juga: Cara Tentukan Sepatu yang Tepat untuk Hindari Kapalan

  1. Cara Jalan yang Benar

Cara jalan yang salah saat mengenakan high heels juga bisa menyebabkan kaki  terasa sakit. High heels umumnya membuat langkah kaki cenderung lebih pendek. Biasanya, semakin tinggi hak sepatu, maka semakin pendek langkah kaki. Maka dari itu, penting untuk menyesuaikan teknik berjalan agar kaki tidak terasa sakit. Cobalah untuk memijakkan tumit lebih dulu, kemudian ikuti dengan ujung kaki.

  1. Perbaiki Postur Tubuh

Selain mengatur cara berjalan, kamu juga harus memerhatikan postur tubuh saat mengenakan sepatu hak tinggi. Berjalan dengan high heels mengharuskan postur tubuh yang tegak dan baik. Jika kamu berjalan dengan membungkuk atau dengan menyeretkan kaki, maka terasa semakin sulit dan membuat postur tampak buruk. Kebiasaan ini dapat memicu perubahan bentuk tubuh jika terlalu sering dilakukan.

Artikel yang dipublikasikan dalam Materials Science and Engineering mengatakan, menggunakan high heels akan secara langsung mengubah tekanan tubuh pada kaki, mengganggu keseimbangan tubuh, keamanan berjalan, dan mengubah postur tulang belakang. Mengenai hal ini, kamu bisa bertanya dengan dokter tentang penyebab postur tubuh dapat berubah karena penggunaan high heels.

  1. Pilih Wedges

Meskipun high heels membuatmu tampak seksi ketika berjalan, wedges bisa menjadi pilihan lebih baik kalau ingin meningkatkan kenyamanan kala berjalan. Dilansir dari situs Health Journal, sepatu tinggi jenis ini membuat berat badan bertumpu sepenuhnya pada kaki, sehingga mengurangi terjadinya ketegangan pada bagian ini. 

Baca juga: Sering Pakai Sepatu Sempit Sebabkan Kaki Kapalan, Benarkah?

Memakai high heels memang terlihat cantik dan menarik, namun kamu tetap harus tahu batas penggunaan sepatu hak tinggi. Ketika kondisi kesehatan tubuh sedang tidak memungkinkan, sebaiknya kurangi frekuensi penggunaan sepatu hak tinggi.

Kalau kamu mengalami keseleo karena kesalahan penggunaan sepatu hak tinggi, langsung saja berobat ke rumah sakit terdekat, supaya kamu bisa segera mendapatkan penanganan. Jangan lupa pakai aplikasi Halodoc supaya lebih mudah, ya!

 

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2020. Tips to Avoid Foot Pain from High Heels.
A. C. Broega, et al. 2017. Diakses pada 2020. Female High Heels Shoes: a Study of Comfort. IOP  Conf. Ser.: Mater. Sci. Eng. 254 232001.
Health Journal. Diakses pada 2020. 7 Ways to Wear Heels - and Feel Comfortable.