Lakukan 4 Latihan Kecepatan agar Tubuh Lebih Gesit

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Agustus 2021
Lakukan 4 Latihan Kecepatan agar Tubuh Lebih GesitLakukan 4 Latihan Kecepatan agar Tubuh Lebih Gesit

“Latihan kecepatan bisa membuat kamu lebih lincah dan gesit saat berpindah posisi. Ada beberapa jenis latihan yang bisa mengasah kecepatan kamu. Mulai dari lempar tangkap, pliometrik, lompat jongkok dan lunges.

Halodoc, Jakarta – Latihan kecepatan berfungsi mengasah tubuh untuk bergerak dari satu posisi ke posisi lainnya dalam waktu singkat. Alhasil, jenis latihan ini bisa membuat kamu semakin gesit dan lincah tanpa ada beban. Setiap atlet pasti dilatih untuk bisa lebih gesit. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya, ya.

Ada beberapa latihan yang bisa kamu coba supaya tubuh menjadi lebih gesit. Lari sprint dan naik turun tangga misalnya. Nah, selain kedua latihan tersebut, ada pula jenis latihan lain yang bisa kamu coba untuk melatih kecepatan:

Baca juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

1. Lempar Tangkap

Latihan yang satu ini dapat melatih refleks tubuh kamu menjadi lebih baik. Caranya mudah, kamu bisa menggunakan bola ten

Latihan yang satu ini dapat melatih refleks tubuh kamu menjadi lebih baik. Caranya mudah, kamu bisa menggunakan bola tenis untuk melakukannya. Lakukan gerakan dengan cara berdiri menghadap tembok dengan jarak 2-3 meter. Kemudian lempar bola ke tembok dan tangkap saat bola berbalik ke arahmu. Latihan ini juga bisa kamu lakukan bersama teman supaya lebih asyik.  

2. Pliometrik

Kamu pasti cukup asing mendengar latihan pliometrik. Namun, ini sebenarnya latihan yang sering dilakukan para atlet, lo!

Kamu pasti cukup asing mendengar latihan pliometrik. Namun, ini sebenarnya latihan yang sering dilakukan para atlet, lo! Pliometrik mengharuskan kamu untuk bergerak aktif dengan cara melompat guna meningkatkan refleks peregangan pada kaki. Kamu bisa memanfaatkan kotak sebagai rintangan, melakukan lompat tali, squatting sambil memegang bola dan lain-lain.

Baca juga: 5 Olahraga yang Boleh Diajarkan ke Anak Sejak Bisa Berjalan

3. Lompat Jongkok

Bukan hanya melatih kecepatan, lompat jongkok juga bisa membantu memperbaiki postur tubuh kamu. Untuk melakukan lompat j

Bukan hanya melatih kecepatan, lompat jongkok juga bisa membantu memperbaiki postur tubuh kamu. Untuk melakukan lompat jongkok, kamu perlu berdiri dengan kedua kaki dibuka lebar lalu posisikan tangan di depan dada. Kemudian, tekuk lutut hingga paha sejajar dan angkat tubuh sambil meloncat  lalu mendarat secara perlahan di posisi jongkok. 

4. Lunges

Sesuai namanya, latihan lunges memang berfungsi untuk menyehatkan paru-paru. Cara melakukan lunges pun tidak sulit, kamu

Sesuai namanya, latihan lunges memang berfungsi untuk menyehatkan paru-paru. Cara melakukan lunges pun tidak sulit, kamu hanya perlu berdiri tegak dengan kaki yang terbuka selebar bahu. Letakan tangan di pinggang kemudian langkahkan kaki kanan ke depan dengan lutut tertekuk sampai membentuk sudut 90 derajat. Posisikan kaki kiri di belakang kaki kanan dengan posisi lutut ditekuk hingga menyentuh lantai. Tahan posisi ini selama 3-5 detik.

Baca juga: Alasan Olahraga Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental

 Punya pertanyaan seputar masalah kesehatan? Hubungi dokter lewat aplikasi Halodoc saja! Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja! Yuk, download sekarang juga!

Referensi:
Eclipse Track n Field Club. Diakses pada 2021. The Benefits of Speed Training for All Athletes.
Sport Nova. Diakses pada 2021. Speed in Sport.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan