• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lawan Eksim hingga Lancarkan ASI, Ini 5 Manfaat Daun Jelatang
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lawan Eksim hingga Lancarkan ASI, Ini 5 Manfaat Daun Jelatang

Lawan Eksim hingga Lancarkan ASI, Ini 5 Manfaat Daun Jelatang

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 Desember 2022

“Ada berbagai manfaat daun jelatang yang perlu kamu tahu. Beberapa di antaranya adalah mengatasi radang sendi hingga membantu mengontrol kadar gula darah.”

Lawan Eksim hingga Lancarkan ASI, Ini 5 Manfaat Daun JelatangLawan Eksim hingga Lancarkan ASI, Ini 5 Manfaat Daun Jelatang

Halodoc, Jakarta – Di Indonesia cukup banyak berbagai jenis tanaman herbal yang masyarakat kenal mampu mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Salah satunya adalah daun jelatang. Manfaat daun jelatang ini cukup banyak bagi kesehatan

Daun jelatang atau stinging nettle yang memiliki nama latin Urtica dioica. Namun, kamu perlu berhati-hati saat akan menyentuh daun jelatang. Daunnya yang memiliki bulu-bulu halus nyatanya dapat menyebabkan rasa gatal hingga kemerahan. 

Untuk itu, ketahui cara  mengolah daun herbal ini dengan tepat dan manfaatnya untuk kesehatan berikut ini!

Kandungan dalam Daun Jelatang

Beberapa orang menghindari daun jelatang karena efek sampingnya yang dapat menyebabkan sensasi terbakar, gatal, kemerahan, hingga bengkak.

Namun, mengolah daun jelatang dengan benar seperti membuatnya menjadi suplemen atau mengeringkannya sangat aman untuk digunakan. 

Bagian yang bisa kamu gunakan dari tanaman ini adalah daun dan akarnya. Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan kondisi kesehatan.

Berikut kandungan dalam daun dan akar jelatang:

  • Vitamin: Vitamin A, C, K, dan B.
  • Mineral: Zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, potasium, dan sodium.
  • Lemak: Linoleic acid, palmitic acid, stearic acid, dan oleic acid.
  • Pigmen: Beta-carotene dan lutein.
  • Polifenol.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam daun jelatang juga berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini merupakan molekul yang membantu pertahanan sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat Daun Jelatang bagi Kesehatan

Begitu banyak kandungan dalam daun jelatang membuat tanaman herbal ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Mengatasi Radang Sendi

Salah satu manfaat daun jelatang yang cukup terkenal pada masyarakat untuk mengatasi radang sendi. Menurut Arthritis Foundation, orang-orang mengonsumsi daun jelatang dalam bentuk suplemen bisa mengalami penurunan gejala yang terkait dengan kondisi peradangan, meredakan asam urat, dan meredakan nyeri osteoarthritis. Hal ini karena daun jelatang memiliki beberapa sifat, seperti antimikroba dan antioksidan. 

2. Mengobati Gejala Pembesaran Prostat

Hampir sekitar 50 persen pria usia 50 tahun ke atas mengalami gejala pembesaran prostat. Kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman saat pria melakukan buang air kecil. 

Penggunaan daun jelatang mampu menekan konversi testosteron menjadi dihidrotestosteron. Dengan menghentikan proses konversi ini, maka membantu untuk mengurangi ukuran prostat.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi terkait dengan berbagai gangguan kesehatan bisa memicu gangguan pada jantung. Penggunaan suplemen daun jelatang dapat membantu untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. 

Hal ini terjadi karena berbagai kandungan dalam daun jelatang membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks sehingga mengurangi kekuatan kontraksi pada jantung.

4. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Bagi pengidap diabetes tipe 2, kamu bisa mengonsumsi suplemen yang memiliki kandungan daun jelatang untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

Namun, perlu melakukan penelitian untuk memastikan manfaat daun jelatang pada pengidap diabetes tipe 2.

5. Mengatasi Hay Fever

Hay fever adalah salah satu jenis alergi yang menyebabkan peradangan pada lapisan hidung. Penggunaan ekstrak daun jelatang mampu menghambat peradangan sehingga menurunkan gejala akibat hay fever.

Itulah berbagai manfaat daun jelatang bagi kesehatan. Penelitian mengenai manfaat daun jelatang masih harus berlanjut agar mendapatkan hasil yang optimal. 

Selain itu, pastikan untuk tidak menggunakan daun jelatang sebagai pengobatan utama. Ingat, daun jelatang hanya bisa sebagai perawatan di rumah setelah pengobatan medis.

Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan jika gangguan kesehatan yang kamu alami tidak kunjung membaik. Buatlah janji pemeriksaan menggunakan Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
Mount Sinai. Diakses pada 2022. Stinging Nettle.
Web MD. Diakses pada 2022. Stinging Nettle – Uses, Side Effects, and More.
Healthline. Diakses pada 2022. 6 Evidence-Based Benefits of Stinging Nettle.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What are The Benefits and Uses of Stinging Nettle?