• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Leher Terasa Kaku saat Bangun Tidur, Ini Cara Mengatasinya

Leher Terasa Kaku saat Bangun Tidur, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Leher Terasa Kaku saat Bangun Tidur, Ini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Saat tubuh sudah lelah, beberapa orang akan langsung naik ke kasur tanpa memperhatikan posisi tidur sehingga bangun dengan leher yang kaku. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas kamu seharian bahkan untuk beberapa hari ke depan. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa cara yang efektif untuk mengatasi gangguan tersebut. Berikut beberapa caranya!

Cara Atasi Leher Kaku saat Bangun Tidur

Bangun tidur dengan leher kaku pasti tidak diinginkan oleh semua orang karena dapat mengganggu aktivitas yang harus dilakukan seharian. Hal ini tentu dapat memengaruhi suasana hati dan menyulitkan untuk melakukan gerakan sederhana layaknya menoleh. Bahkan, kamu akan merasakan nyeri yang parah saat gangguan tersebut terjadi. Maka dari itu, kamu harus tahu dahulu apa saja yang dapat menyebabkan leher menjadi kaku saat bangun tidur. Berikut ini beberapa penyebabnya:

1. Posisi Tidur

Setiap orang memiliki posisi tidur yang lebih disukai agar terasa lebih nyaman. Namun, apabila kamu memilih untuk tidur dengan posisi tengkurap, leher akan tidak berubah posisi selama berjam-jam. Dengan begitu, otot leher menjadi tegang dan membuatnya terasa pegal dan kaku saat bangun pagi. Selain itu, tidur di atas kasur tanpa penyangga juga dapat membuat punggung tegang. Bukan tidak mungkin ketegangan itu juga terjadi pada leher.

Baca juga: Sering Pegal, Ini Bedanya Sakit Leher dan Leher Kaku

2. Bantal yang Tidak Cocok

Kamu juga dapat mengalami leher kaku saat bangun tidur karena menggunakan bantal yang tidak tepat. Kepala dan leher menghabiskan waktu berjam-jam setiap malam sehingga memilih bantal yang cocok dapat membebaskan kamu dari gangguan tersebut. Jika bantal yang digunakan tidak menopang kepala dan leher dengan benar, maka ketegangan pada otot leher dapat terjadi yang akhirnya menimbulkan rasa kaku.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait leher kaku yang terjadi saat bangun tidur, dokter dari Halodoc dapat membantu kamu untuk mengatasinya. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan kemudahan terkait akses kesehatan hanya dengan gadget di genggamanmu!

Baca juga: Inilah Kondisi Medis yang Bisa Sebabkan Sakit Leher

Nah, setelah mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan kamu mengalami leher kaku saat bangun pagi hari, kamu juga perlu tahu cara yang efektif untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara yang efektif untuk mengatasi gangguan tersebut:

  • Terapi Es atau Air Hangat

Salah satu cara untuk mengatasi leher kaku saat bangun pagi hari adalah dengan melakukan terapi menggunakan es atau air hangat. Dengan menerapkan es segera setelah leher tegang, dapat membantu untuk membatasi pembengkakan. Tempelkan es yang dilapisi kain kurang lebih 10 hingga 20 menit setiap melakukannya.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan terapi panas dengan cara mandi air hangat atau menggunakan bantal pemanas. Hal tersebut dapat membantu untuk mengendurkan otot dan juga dapat mengurangi rasa nyeri serta meningkatkan rentang gerak pada leher. Cobalah untuk melakukan hal tersebut secara bergantian agar masalah yang terjadi dapat mudah diatasi.

Baca juga: 4 Tips Mencegah Sakit Leher yang Disebabkan Salah Bantal

  • Pijat Leher

Setelah merasakan leher kaku dan terasa nyeri saat bangun tidur, kamu dapat membuat gangguan tersebut lebih baik dengan melakukan peregangan dan/atau pijatan. Memang sulit untuk melakukan peregangan, tetapi cobalah perlahan agar kelenturan leher dapat kembali secara bertahap tanpa menimbulkan banyak rasa sakit. Kamu juga dapat memijat area leher yang sakit agar dapat kembali seperti semula.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi leher kaku saat bangun tidur. Jika kamu kerap mengalami gangguan tersebut, ada baiknya untuk mencegahnya dengan tidak melakukan segala hal yang dapat menjadi penyebabnya. Dengan begitu, diharapkan masalah tersebut tidak timbul lagi suatu saat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Why Are You Waking Up with Neck Pain, and What Can You Do About It?
Spine-Health. Diakses pada 2020. How to Treat a Stiff Neck After Sleeping.