Lezat dan Sehat, Ini Pilihan Topping untuk Sajian Roti

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Januari 2023

“Dibanding selai, ada berbagai pilihan topping lain yang sehat dan tidak kalah enak untuk sajian roti di pagi hari. Beberapa pilihan topping tersebut antara lain alpukat, selai kacang, yoghurt, dan masih banyak lagi.”

Lezat dan Sehat, Ini Pilihan Topping untuk Sajian RotiLezat dan Sehat, Ini Pilihan Topping untuk Sajian Roti

Halodoc, Jakarta – Roti bakar yang dioleskan dengan berbagai macam topping adalah menu sarapan yang paling umum dan paling digemari. Selain karena cara membuatnya sangat mudah, menu sarapan tersebut juga cukup mengenyangkan.

Namun masalahnya, kebanyakan orang biasanya mengoleskan mentega dan selai yang membuat roti bakar menjadi pilihan yang tidak sehat untuk dimakan. Topping yang kaya akan gula dan lemak tersebut bisa meningkatkan risiko kamu mengalami diabetes, obesitas, dan penyakit jantung bila dikonsumsi setiap hari. 

Jadi, bila ingin menikmati sarapan roti di pagi hari, sebaiknya pilihlah topping yang sehat. Yuk, simak berbagai pilihan topping sehat untuk roti dan juga lezat di sini!

Berbagai Pilihan Topping Sehat untuk Roti

Kaya akan nutrisi dan rendah gula dan kalori, berikut adalah beberapa pilihan topping yang sehat untuk sajian roti kamu:

1. Alpukat

Pilihan topping sehat untuk sajian roti yang pertama tentu saja ada alpukat. Roti bakar alpukat sudah menjadi menu sarapan klasik yang digemari banyak orang.

Alpukat kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan serat yang baik untuk pencernaan. Ini membuat buah tersebut tidak hanya menjadi topping yang enak tapi juga sehat untuk sarapan. 

Kamu cukup memotong buah alpukat, lalu menumbuknya dan oleskan ke atas roti bakar kamu, dan sarapan sehat pada nutrisi siap dinikmati.

2. Selai kacang buatan sendiri

Selai kacang sebenarnya kaya akan protein yang membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk sarapan di pagi hari. Namun, topping yang dijual di banyak supermarket tersebut biasanya juga kaya akan minyak dan tinggi kalori.

Karena itu, agar lebih sehat, pilihlah selai kacang yang tidak menggunakan tambahan garam, gula atau minyak sawit. 

Kamu juga bisa membuat selai kacang sendiri dengan menggunakan jenis kacang yang lebih sehat dan pastinya tanpa pengawet. 

3. Yoghurt dan buah beri

Bila kamu ingin menambahkan protein dan kalsium ekstra ke dalam sarapan pagi kamu, yogurt bisa menjadi topping roti bakar yang sehat.

Pilihlah yoghurt tawar untuk dioleskan ke atas roti kamu, lalu kamu bisa menambahkan buah-buahan beri untuk memberi rasa manis dan asam yang menyegarkan.

4. Pisang

Bila kamu lebih suka topping yang manis, pisang yang dihaluskan atau diiris menjadi potongan-potongan kecil bisa menjadi tambahan yang lezat dan sehat untuk sarapan.

Buah ini bisa memberikan karbohidrat yang sehat yang baik untuk menambah tenaga. Di dalamnya juga terkandung potasium yang membantu pengaturan tekanan darah.

Kamu bisa menaaburinya dengan sedikit bubuk kayu manis atau biji-bijian untuk meningkatkan rasa.

5. Hummus

Hummus adalah topping enak lainnya yang juga sangat sehat. Makanan sehat khas Timur Tengah ini terbuat dari buncis dan umumnya diolah dengan minyak zaitun, tahini, jus lemon, dan beberapa bumbu lainnya.

Hummus mengandung lemak sehat dan bisa menjadi olesan roti yang lezat dan gurih. 

6. Madu

Alih-alih menggunakan selai yang tinggi gula, madu merupakan pilihan topping yang lebih sehat untuk sarapan. Memiliki rasa manis yang sama atau bahkan lebih manis dari gula, produk alami dari lebah ini tidak akan membuat gula darah kamu melonjak karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

Selain itu, madu juga dilengkapi dengan nutrisi, seperti vitamin dan antioksidan, yang baik untuk kesehatan tubuh kamu. Jadi, cukup tuangkan madu ke atas roti panggang kamu dan kamu sudah bisa menikmati sarapan yang sehat dan lezat.

Itulah pilihan topping yang sehat dan enak untuk roti kamu. Bila kamu punya masalah medis tertentu, seperti pradiabetes atau diabetes, jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan kamu secara berkala untuk mencegah perkembangan penyakit.

Kini kamu pun bisa periksa kesehatan dengan buat janji medis melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Health Shots. Diakses pada 2023. Forget butter and jam! Enjoy your morning toast with these 7 low-calorie spreads instead.
British Heart Foundation. Diakses pada 2023. 5 healthy toast toppings
Snacking in Sneakers. Diakses pada 2023. 20 Healthy Toast Toppings For The Best Morning Meal.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan